Wisata Sejarah Penuh Makna di Kota Lama Semarang

Wisata Sejarah Penuh Makna di Kota Lama Semarang

Ohayo.co.id – Sebuah kompleks perkotaan yang telah ditinggalkan penduduk aslinya kembali ke negeri seberang itu tampak tak terawat. Meski berulangkali diremajakan oleh pemerintah yang baru, kota itu masih menyimpan kelam yang terlalu sulit diredam waktu. Bangunan-bangunan tua yang dipoles ulang, bahkan sebagian darinya telah difungsikan sebagai café plus aneka gerai makanan, tetap tak mampu menyembunyikan usia rentanya dalam geliat putaran roda sejarah.

Tak sulit menemukan tempat ini. Angkutan umum atau angkot yang warnanya senada dengan lembayung senja akan membawa wisatawan menapaki kompleks kota lama ini hampir setiap menitnya. Dari jendela-jendela angkutan kota itu, wisatawan bahkan dapat menikmati hiruk pikuk yang terjadi di ruas jalan utama maupun taman kota yang diberi nama Taman Srigunting.

Wisata Sejarah Penuh Makna di Kota Lama Semarang 2

Sebuah gereja protestan yang bergaya khas Eropa berusia ratusan tahun, berdiri kokoh di sisi utara jalan, menemani Taman Srigunting melintasi lorong waktu yang begitu panjang. Tak jauh dari lokasi gereja berkubah itu, berdiri sebuah gedung pertunjukan yang disebut ‘Gedung Marabunta’ oleh penduduk sekitar. Gedung tua itu turut menjadi saksi bagi pergolakan sejarah sejak masa kolonial Belanda di Semarang.

Baca Juga : Destinasi Wisata Eling Bening Ambarawa Semarang dengan Aneka Permainan Outdoor

Bagi pengunjung yang tertarik mengoleksi aneka barang antik, bisa mengarahkan perjalanan ke utara sebelum sampai di Gereja Blenduk dan Taman Srigunting. Deretan penjual barang antik memajang aneka koleksinya di tenda-tenda bernuansa merah dan kuning. Sedangkan bagi wisatawan yang jenuh dengan hal-hal kuno dan ingin menikmati sajian seni kontemporer, mengunjungi Semarang Contemporary Art Gallery yang buka di hari Selasa-Minggu pukul 10.00-16.30 adalah pilihan tepat.

Wisata Sejarah Penuh Makna di Kota Lama Semarang 1

Dilihat dari sejarahnya, kompleks perkotaan tua ini menyimpan banyak cerita dari masa ke masa. Kota ini dahulu mendapat julukan Outstadt atau Little Netherland oleh pemerintah kolonial. Aneka bangunan yang bercokol di sana mengikuti gaya khas bangunan eropa pada 1700-an. Ukuran pintu dan jendela yang luar biasa besar, penggunaan kaca-kaca berwarna, bentuk atap yang unik, sampai adanya ruang bawah tanah menjadi ciri khas bangunan-bangunan tua tersebut. Sebagai pusat pemerintahan pada masa kolonialisme, tidak heran bila aneka kebudayaan dan gaya bangunan khas eropa diaplikasikan ke kompleks perkotaan ini. Kini, kompleks Kota Lama Semarang terpusat di daerah sungai Mberok hingga Terboyo.

Gereja Blenduk yang dibangun pada tahun 1753 menjadi pusat perkotaan itu. Perlu dicatat, bahwa peran gereja pada masa pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia sangat penting. Meskipun dibangun oleh Portugis dan menjadi gereja protestan tertua di Jawa, bangunan ini menjadi salah satu saksi bisu sejarah bangsa Indonesia. Semula, bangunan ini tidak beratap kubah seperti yang dapat dinikmati dewasa ini, melainkan rumah joglo biasa.

Baca Juga : Kopeng Tree Top, Wahana Menarik di Lereng Gunung Merbabu

Wisata Sejarah Penuh Makna di Kota Lama Semarang 3

Seiring dengan berjalannya waktu dan berbagai macam upaya peremajaan yang diberlakukan pemerintah kolonial maupun pemerintah kota Semarang, Gereja Blenduk dan aneka bangunan yang berdiri kokoh mengelilinginya banyak mengalami metamorfosa. Salah satu yang paling terasa perubahannya adalah beberapa bangunan yang difungsikan sebagai kafe atau gerai kopi, seperti ‘Spiegel Bar and Bistro’ yang terdapat di sisi utara Jalan Letjend Suprapto. Anda tentu bisa melabuhkan pilihan ke kafe ini saat lelah menapaki perjalanan sejarah di Kota Lama Semarang.

Kota Lama Semarang bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin menikmati eksotisme sejarah masa lampau. Bagi Anda yang tengah merencanakan perjalanan ke Semarang, kunjungi segera situs via.com untuk memperoleh beragam penawaran menarik. Situs via.id menyediakan berbagai promo mulai dari tiket pesawat, kereta api, bus, hotel hingga paket wisata. Tunggu apalagi, segera realisasikan liburan penuh makna di Kota Lama Semarang hanya bersama via.com.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password