Ini Lho Penyebab dan Cara Mengatasi Virus Ransomware Wanna Cry

Ransomware Wanna Cry

Ohayo.co.id – Virus komputer tentu bukanlah menjadi hal yang asing bagi pemilik komputer. Kerugian yang diakibatkan dari virus pun bermacam-macam. Berbeda virus, berbeda pula kerugian dan penanganannya. Sama seperti halnya penyakit pada diri manusia, virus komputer juga terus berkembang menjadi semakin menyebalkan. Tak terkecuali salah satu virus yang sedang booming adalah Virus Ransomware Wanna Cry.

Tercatat, nenek moyang virus komputer kemunculannya pada tahun 1981. Program virus tersebut bernama Elk Cloner yang muncul di komputer Apple II. Saat itu, program virus tersebut hanya mampu menampilkan baris kalimat di monitor. Yaitu,

 

It will get on your disk It will infiltrate your chip. Yes it’s Cloner! It will stick to you like glue, It will modify ram too Send in the cloner!

Sedangkan virus pertama kali kemunculannya di PC, tercatat muncul pada tahun 1986. Namanya The Brain yang dibuat oleh dua bersaudara asal Negara Pakistan. Yang menjadi media penyebaran virus tersebut adalah disket. Virus itu memiliki kemampuan untuk dapat mengendalikan instruksi-instruksi di level DOS.

Setelah itu, beragam virus terus bermunculan. Pemilik komputer pada periode 90an dan 2000 telah mengenal banyak virus. Seperti virus I Love You, Code Red, Melissa, SQL Slammer, hingga CriptoLocker yang menjadi cikal bakal kemunculan Ransomware. Redaksi Ohayo.co.id khusus merangkum penyebab Ransomware Wanna Cry virus komputer yang telah menghebohkan Indonesia.

Ransomware Wanna Cry

Ransomware Wanna Cry Ilustrasi

Kemenkominfo sampai membuat konferensi pers khusus terkait penyebaran virus ini yang telah menghebohkan Indonesia. Sesuatu yang sebetulnya belum pernah dilakukan sebelumnya oleh Kemenkominfo. Tetapi, langkah itu harus dilakukan karena Ransomware Wanna Cry dampaknya sangat serius dan berbahaya. Dari mengunci file, hingga meminta tebusan yang sangat besar.

Virus tersebut merupakan salah satu bagian dari banyaknya varian Ransomware. Kemenkominfo sempat meminta saat pekerja mulai beraktifitas pada Senin (15/5/2017), untuk berkoordinasi dengan tim IT melakukan pengecekan data.

“Hari ini instansi-instansi mulai beraktivitas. Jangan online dahulu, lakukan pengecekan terlebih dahulu terkait keamanan data’’ ujar Menkominfo Rudiantara.

Di dunia internasional, WannaCry disebut sebagai “serangan cyber terbesar sepanjang masa”. Bahkan, Europol mencatat penyebarannya sudah mencapai 150 negara, dengan jumlah korban sejumlah 200.000 sistem komputer.

Berikut Skema Kerja Virus Ransomware Wanna Cry dan Cara Mengatasinya

wana-decryptor-wannacry-ransomware

Langkah 1

Ransomware bernama Wannacry merupakan ransomware yang mengincar PC berbasis windows yang mempunyai kelemahan terkait fungsi server message block (SMB).

Langkah 2

Apabila komputer tekena serangan virus, virus tersebut mengunci komputer korban atau meng-encrypt semua file yang ada sehingga tidak dapat diakses kembali. Kemudian muncul pesan notifikasi di layar meminta tebusan sejumlah uang dalam bentuk Bitcoin.

Langkah 3

Bagi kantor yang menggunakan Windows untuk sistem komputer, agar melakukan pencegahan terinfeksi malware wannacry dengan cara :

  1. Update security pada windows Anda dengan menginstall Patch MS17-010 yang resmi dikeluarkan oleh microsoft. Lihat: https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx
  2. Jangan mengaktifkan fungsi macros
  3. Non aktifkan fungsi server message block SMB v1
  4. Block 139/445 & 3389 Ports
  5. Selalu backup file file penting di komputer Anda disimpan di tempat lain.

Langkah 4

Bagi kantor yang terinfeksi malware wannacry supaya memutuskan sambungan internet dari komputer yang terinfeksi, karena dapat menghentikan penyebaran wannacry ke komputer lain yang vulnerable. Secara teknis, keamanan sistem komputer Anda dapat berkonsultasi secara online ke ID-SIRTII email: [email protected]

Demikian informasi seputar penyebab virus Ransomware Wanna Cry dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Apa? Situs Telkomsel Diretas, Ini dia Penjelasannya

 

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password