Venesia dari Timur : Indahnya Bentangan Sungai Musi di Tengah Kota Pempek

Venesia dari Timur Indahnya Bentangan Sungai Musi di Tengah Kota Pempek - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Pernah mendengar istilah “Venesia dari Timur”? Adapun Venesia adalah kota di Italia yang terkenal akan kecantikannya dengan sungai-sungai yang mengalir di tengah kota. Lalu, “Venesia dari Timur”, dimanakah itu? Tidak lain “Venesia dari Timur” adalah julukan yang disematkan untuk kota Palembang. Julukan tersebut disematkan untuk menunjukkan kecantikan Palembang dengan sungai besar yang mengalir di tengah kota, yaitu Sungai Musi dan sebuah jembatan yang menjadi landmark kota ini, yaitu Jembatan Ampera.

Venesia dari Timur : Indahnya Bentangan Sungai Musi di Tengah Kota Pempek

Venesia dari Timur Indahnya Bentangan Sungai Musi di Tengah Kota Pempek - Ohayo.co.id 1

Sungai Musi dan jembatan Ampera memang telah menjadi simbol ibukota provinsi Sumatera Selatan ini. Jembatan Ampera mulai dibangun pada tahun 1962 dan menghubungkan Seberang Ulu dengan Seberang Ilir yang terpisahkan oleh Sungai Musi. Sementara itu, Sungai Musi merupakan sungai terbesar di pulau Sumatera dan memiliki panjang 750 kilometer. Sungai ini lantas membelah Palembang menjadi dua bagian. Perpaduan antara Sungai Musi dan Jembatan Ampera telah menciptakan keindahan yang lantas menjadi ciri khas kota Palembang. Orang pun dianggap belum ke kota Palembang kalau belum menyambangi kedua tempat ini. Oleh karenanya, Sungai Musi dan Jembatan Ampera menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di kota Palembang.

Venesia dari Timur Indahnya Bentangan Sungai Musi di Tengah Kota Pempek - Ohayo.co.id 2

Tidak hanya menawarkan keindahan, Ampera dan Musi juga menawarkan kenikmatan citarasa jajanan khas Palembang yang berada di sekitarnya. Sekitar 50 meter dari Ampera, terdapat sebuah pasar yang menjadi pusat oleh-oleh, baik makanan maupun souvenir khas kota Palembang. Adapun di sepanjang tepi Sungai Musi, juga terdapat beberapa tempat wisata yang juga asyik untuk dikunjungi, seperti Kampung Arab dan Benteng Kuto Besak. Selain itu, di tengah-tengah Sungai Musi, tepatnya 6 kilometer dari Ampera, terdapat Pulau Kemaro, salah satu tempat wisata paling terkenal di Palembang. Di Pulau Kemaro terdapat beberapa vihara dan sebuah makam putri Palembang yang menyimpan cerita unik dari masa lalu.

Venesia dari Timur Indahnya Bentangan Sungai Musi di Tengah Kota Pempek - Ohayo.co.id 3

Kota Palembang lantas menjadi kota yang menarik dikunjungi untuk mengisi waktu liburan atau sekadar berwisata secara singkat di akhir pekan. Adapun jika merencanakan berkunjung ke kota “pempek” ini, alangkah baiknya jika menggunakan jalur udara. Pesan tiket pesawat di via.com dan dapatkan kemudahan proses pemesanan plus garansi hemat dengan berbagai pilihan harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password