Lakukan 6 Trik Alami Ini Untuk Membasmi Nyamuk di Rumah Anda

Ohayo.co.id – Sebagai pemilik rumah, Anda wajib waspada untuk menghindari dan membasmi nyamuk di rumah Anda. Meskipun berukuran mini, nyamuk adalah serangga pengganggu yang menjadi sumber berbagai penyakit berbahaya, mulai dari malaria, demam berdarah, chikunguya, hingga zika.

Nyamuk dapat dengan mudah bersarang di rumah terutama di area kotor, gelap, dan banyak genangan air. Banyak orang menggunakan insektisida untuk mengusir nyamuk, namun menggunakan zat kimia dapat menimbulkan reaksi alergi atau berdampak negatif pada tubuh manusia serta lingkungan sekitar. Insektisida kimia juga umumnya berbau tajam dan dapat membuat Anda merasa tidak nyaman saat menghirup baunya.

Namun tidak perlu khawatir, ada berbagai alternatif trik alami yang dapat Anda coba untuk membasmi nyamuk.  Trik-trik alami berikut ini dijamin aman bagi manusia, hal yang sangat penting terutama jika Anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan di rumah.

Lakukan 6 Trik Alami Ini Untuk Membasmi Nyamuk di Rumah Anda

1. Menjaga kebersihan area rumah

Lakukan 6 Trik Alami Ini Untuk Membasmi Nyamuk di Rumah Anda

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah membersihkan seluruh area rumah. Perhatikan sudut-sudut rumah terutama area yang kerap menjadi sarang nyamuk, seperti area pembuangan sampah, saluran pembuangan air atau got, bak kamar mandi, kolong meja dan lemari. Pastikan tidak ada genangan air stagnan di area rumah, seperti misalnya talang air yang mampet di atap rumah.

Jika Anda memiliki taman, bersihkanlah area taman secara rutin minimal seminggu sekali. Bersihkan daun-daun yang berguguran, potong rumput dan tanaman yang sudah terlalu lebat atau panjang, dan pastikan tidak ada pot-pot tanaman yang menampung genangan air setelah hujan.

2. Minyak kayu putih dan ekstrak lemon

Lakukan 6 Trik Alami Ini Untuk Membasmi Nyamuk di Rumah Anda

Campuran minyak kayu putih dan lemon dikenal ampuh untuk membasmi nyamuk. Cukup campurkan minyak kayu putih dan perasan lemon dalam proporsi yang sama, lalu oleskan pada tubuh secara merata. Kandungan cineole dalam minyak ini bersifat antiseptik dan tidak disukai nyamuk.

Baca Juga : 3 Jenis Nyamuk Paling Berbahaya, Kenali dan Hindari!

3. Aromatheraphy serai

Lakukan 6 Trik Alami Ini Untuk Membasmi Nyamuk di Rumah Anda

Minyak aromatherapy dengan essential oil serai atau kerap disebut citronella atau lemongrass juga sangat manjur untuk mengusir nyamuk. Anda dapat menggunakan minyak ini sebagai lilin aromatherapy, atau campurkan dengan air, masukkan ke botol spray dan semprotkan ke seluruh area ruangan di rumah.

4. Tanaman anti nyamuk

Lakukan 6 Trik Alami Ini Untuk Membasmi Nyamuk di Rumah Anda

Anda dapat menanam berbagai tanaman yang dibenci oleh nyamuk, di antaranya tanaman lavender, serai, bawang putih, rosemary, kemangi, mint dan lemon. Selain membantu membasmi nyamuk, tanaman ini juga serbaguna untuk digunakan sebagai bahan masakan. Jika Anda memiliki kolam di halaman rumah, Anda dapat menanam bunga teratai yang merupakan tanaman alami pengusir nyamuk.

Baca Juga : Aplikasi Android Unik Terpopuler Untuk Menangkap Nyamuk

5. Kulit jeruk

Lakukan 6 Trik Alami Ini Untuk Membasmi Nyamuk di Rumah Anda

Trik alami yang mudah ini hanya membutuhkan kulit jeruk yang sudah dikeringkan. Anda dapat menjemurnya di bawah matahari hingga kulit jeruk benar-benar kering sebelum digunakan. Kumpulkan kulit jeruk kering dalam sebuah wadah lebar dan letakkan di area yang kerap didatangi nyamuk. Tidak hanya ampuh mengusir nyamuk, wangi kulit jeruk juga akan menjadi pewangi ruangan alami yang baunya segar.

6. Bubuk kopi

mengusir-nyamuk-06.jpg?fit=1280%2C841&ssl=1

Jika ada genangan air yang kerap muncul di area rumah, taburkan bubuk kopi pada genangan air tersebut. Bubuk kopi akan membuat telur nyamuk yang berada di dalam air naik ke permukaan dan kekurangan oksigen. Dengan demikian, telur nyamuk akan mati sebelum menetas.

Hal terakhir yang penting Anda perhatikan adalah memastikan seluruh area rumah memiliki pencahayaan yang memadai. Nyamuk menyukai area yang gelap atau remang-remang, oleh karena itu berikan penerangan yang cukup pada sudut rumah agar nyamuk tidak berkumpul di area tersebut. Selamat mencoba berbagai trik alami di atas untuk membasmi nyamuk di rumah Anda!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password