Ketahui Kekurangan dari Trend Desain Smartphone Tanpa Bezel

Ketahui Kekurangan dari Trend Desain Smartphone Tanpa Bezel

Ohayo.co.id – Tidak bisa dipungkiri lagi bahwasannya trend desain smartphone sekarang ini adalah semakin menghilangnya bezel smartphone. Hal tersebut diimbangi dengan makin tingginya rasio layar ke body, bahkan berubahnya rasio menjadi lebih memanjang.

Trend tersebut diawali oleh smartphone Xiaomi Mi Mix yang usung rasio layar ke body sebesar 91.3%, diikuti oleh LG G6 dan juga Samsung Galaxy S8 yang lahir di tahun 2017 ini dengan konsep yang serupa. Konsep bezel less, edge to edge display, dan fullscreen design serta infinity display ini bakal makin ramai terpasang di smartphone masa depan.

Tetapi yang jadi masalah, ini hanya untuk smartphone papan atas, dan konsumsi yang diharapkan papan atas pula. Selain hal tersebut, juga ada beberapa kekurangan yang kadang muncul dari konsep ini. Walaupun, secara kasat mata ini merupakan konsep revolusioner yang terlihat indah. Nah, di bawah ini adalah beberapa kekurangannya.

Kekurangan dari Trend Desain Smartphone Tanpa Bezel

Sebetulnya smartphone tersebut memiliki bezel

Benar, tidak ada smartphone yang benar – benar hanya usung layar pada bagian depannya saja. di empat sisi, akan selalu ada bezel yang diletakkan walaupun itu hanya sedikit. Bukannya teknologi tidak bisa ciptakan teknologi dimana smartphone usung layar secara keseluruhan, tetapi pertimbangan harga menjadi masalah. Bila ada smartphone yang seperti ini, harga akan jadi tidak masuk akal, serta peta permainan smartphone pastinya berubah.

Ketahui Kekurangan dari Trend Desain Smartphone Tanpa Bezel

Beberapa perangkat keras membutuhkan bezel

Apabila Anda melihat smartphone yang saat ini Anda pegang, pastinya ada beberapa komponen utama, seperti kamera selfie, sensor proximity, dan speaker. Ada juga LED notifikasi serta dibeberapa smartphone juga ada tombol home maupun tombol navigasi, baik fisik atau pun kapasitif dan juga sensor cahaya sekitar. Pasti saja semua komponen tersebut ada pada bagian bezel smartphone. Layar adalah komponen terpisah dari itu semua, sehingga sulit sekali untuk menjadikannya satu pada layar secara menyeluruh.

Beberapa software membutuhkan bezel

Ada kaitannya dengan banyaknya aspek hardware yang membutuhkan bezel, banyak pula aspek yang tidak dapat bekerja maksimal bila bezel dihilangkan. Bayangkan saja bila Anda menonton Youtube di smartphone masa depan dengan keseluruhan layar, kemudian terganggu dengan adanya sensor, speaker, dan kamera.

Demikian informasi tentang kekurangan dari trend desain smartphone tanpa bezel. Semoga bisa bermanfaat.

Baca juga : Pilihan HP Android dengan Kamera Terbaik 2017

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password