Tips untuk Kamu yang Susah Tidur Sebelum Subuh Datang, Sudah Coba?

Tips untuk Kamu yang Susah Tidur Sebelum Subuh Datang

Ohayo.co.id – Tidur adalah waktu istirahat paling baik dan sempurna. Tetapi apa jadinya jika kita susah tidur malam? Bukan hanya membuat kita mengantuk di siang hari tetapi juga mengganggu kesehatan organ tubuh lainnya.

Kamu pasti akan merasa pusing ketika jam tidurmu berantakan. Atau ada juga yang mengalami gangguan emosi, nafsu makan berantakan dan lain sebagainya. Terutama untuk mahasiswa dengan kebiasaan begadang mengerjakan tugas, insomnia seolah menjadi makanan tiap malam.

Lalu bagaimana caranya supaya tak mengalami insomnia bahkan sampai jam 3 pagi? Gaya hidup yang tak normal seperti susah tidur tiap malam bisa mengganggu hidup kita memang.

Bayangkan kalau di pagi harinya kamu harus bekerja atau berangkat kuliah. Sementara setiap malam kita tidak bisa tidur dengan nyenyak.

Padahal jam biologis di malam hari adalah seluruh organ tubuh kita beristirahat. Apa jadinya jika sampai subuh sekalipun kita tak bisa tidur? Agar tak menimbulkan masalah kesehatan makin parah, yuk cari tahu apa saja yang bisa kamu lakukan!

Tips untuk Kamu yang Susah Tidur Sebelum Subuh Datang

1. Baca buku ketika merasa susah tidur

Baca buku ketika merasa susah tidur

Memang tak bisa dipungkiri bahwa tak semua orang suka membaca buku di malam hari. Tapi kalau kamu mengalami insomnia parah, membaca buku bisa menjadi cara menyenangkan, lho! Pilih novel favoritmu dan baca ketika kamu merasa tak bisa tidur.

Bukan hanya mengisi waktu luangmu, tetapi membaca buku nantinya juga akan membantumu untuk memperbaiki pola tidur di malam hari. Hanya saja tetap atur bagaimana kamu membaca bacaanmu, ya! Tak perlu memaksa menghabiskan satu buku tebal. Kalaupun sudah mengantuk, lanjutkan di keesokan harinya.

2. Meditasi di malam hari

Meditasi di malam hari

Sekiranya apa yang kita lakukan ketika insomnia bisa bermanfaat sepertinya tak ada salahnya, kan? Kalau bahan bacaanmu dirasa sudah habis, kamu bisa mencoba meditasi di malam hari.

Kegiatan ini memang begitu populer sekarang. Bahkan bisa dinilai menjadi salah satu cara yang bagus dalam mengatasi stress dan depresi. Meditasi sendiri memang dikenal bisa mencegah serta memerangi insomnia kita.

Kamu akan merasa tenang dan tubuh bisa lebih rileks sepanjang malam. Insomnia sampai larut malam? Kamu bisa mengatasinya dengan meditasi.

Baca juga : Dampak Tidur Kurang dari 4 Jam Ternyata Bisa Meningkatkan Penuaan Dini

3. Tulis jurnal

Tulis Jurnal

Masih berhubungan dengan tulis menulis, ambil jurnal dan pastikan kamu menulis dengan jujur di dalamnya. Cara ini cukup bagus untuk mengatasi insmonia.

Terkadang penyebab dari insomnia adalah banyaknya pikiran yang mengganggu. Tulis semua kecemasan itu dan berhenti untuk memikirkannya saat akan tidur.

Jika kamu sudah menuliskan semua mulailah untuk berpikira pada momen paling membahagiakan. Tulis setidaknya 10 hal yang harus kamu syukuri dalam hidup. Menulis dan berpikir tentang hal yang bahagia akan membantumu tidur lebih cepat. Tidak ada lagi mimpi buruk, lho!

4. Dengarkan musik agar pikiran tenang saat merasa susah tidur

Dengarkan musik agar pikiran tenang saat merasa susah tidur

Kita akan cari aktivitas menyenangkan selagi kamu insomnia. Tapi, aktivitas itu juga bsiaa membuat kita tertidur nantinya. Berikutnya, kamu bisa coba dengarkan musik-musik yang menenangkan.

Pastikan bahwa musik yang kamu dengarkan bukan musik yang bikin sedih, ya! Dengarkan musik agar pikiran dan perasaan menjadi tenang dan nyaman.

Hindari mendengarkan musik yang kencang kecuali jika memang itu sudah menjadi kebiasaan. Cobalah memilih musik yang bergenre akustik atau instrumental agar membantu kita segera terlelap.

Baca juga : Jangan Lakukan Lagi! Ini 3 Bahaya Tidur Tengkurap Bagi Kesehatan Tubuh

5. Peregangan tubuh agar lebih rileks

Peregangan tubuh agar lebih rileks

Kali ini kamu bisa melakukan peregangan tubuh untuk membuat diri lebih rileks dan mengantuk. Kamu bisa melakukannya dengan mudah seperti meletakkan kaki di dinding agar bisa menenangkan sistem saraf pusat kita.

Cobalah pose bayi yang sedang bahagia agar tubuh bisa merasa lebih rileks. Alternatif lainnya, kamu bisa melakukan gerakan ringan pada kaki ataupun tangan. Caranya, lakukan sedikit pemanasan di punggung agar tidak tegang dan tubuh terasa lebih rileks. Kalau kamu sudah terbiasa melakukan peregangan ini, bukan tidak mungkin insomnia kamu bisa hilang secara perlahan. Mau mencobanya?

Selagi kamu tak bisa tidur, kamu bisa melakukan banyak hal positif, lho! Tentu aktivitas-aktivitas ini bukan menguras tenaga tetapi justru membantu untuk merilekskan lagi tubuh kita.

Waktu tidur di malam hari harus benar-benar diperhatikan. Pernah merasa tiba-tiba lelah saat bangun tidur di pagi hari? Hal ini bisa terjadi karena saat akan tidur kamu tak membuat tubuh rileks terlebih dahulu.

Jadi, yuk hilangkan insomnia dan ciptakan waktu tidur yang berkualitas!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password