Tips Lancar Menjalankan Ibadah Puasa Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi

Tips Lancar Menjalankan Ibadah Puasa Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi

Ohayo.co.id – Berpuasa ketika datang bulan ramadan adalah suatu kewajiban. Namun bagaimana dengan kondisi sakit? Ada beberapa pertimbangan ketika seseorang diperbolehkan untuk tidak berpuasa namun harus membayar fidyah atau menggantinya setelah hari raya nanti. Tidak untuk mereka yang memiliki riwayat kesehatan darah tinggi. Artinya mereka masih bisa mengontrol bagaimana tekanan tersebut dengan bantuan obat-obatan yang sudah direkomendasikan oleh dokter. Agar lebih mudah, berikut merupakan tips puasa bagi penderita tekanan darah tinggi agar lancar menjalankan ibadah.

Tidak ada yang menginginkan menderita suatu penyakit seperti darah tinggi. Selain karena bisa menghambat aktivitas ketika darah melonjak tinggi, penyakit ini juga menakutkan karena bisa menyebabkan stroke. Namun, berpuasa sangatlah baik untuk setiap orang. Jika kita bisa mengetahui bagaimana menjalankan ibadah puasa dengan benar, penyakit darah tinggi pun tidak akan menjadi masalah.

Tips Puasa Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi Agar Lancar

Darah yang tidak ada pada ukuran normal bisa membuat kita mengalami beberapa permasalahan kesehatan. Misalnya saja pusing tidak berhenti bahkan rasa meriang yang muncul. Bagi penderita hipertensi, tak perlu khawatir untuk menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Siasat dibawah ini akan membantu anda dalam beribadah puasa selama sebulan penuh lamanya.

1. Perbanyak Mengonsumsi Air Putih

Minum Air Putih - Tips Puasa Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi Agar Lancar

Air putih adalah obat dari segala penyakit. Termasuk juga penyakit darah tinggi. Kurangnya cairan yang ada pada tubuh akan sangat mempengaruhi tekanan darah. Cara terbaik ketika kita ingin beribadah puasa dengan lancar adalah dengan memperbanyak minum air putih. Minuman ini sudah menjadi ritual bagus dan andalan dalam melepas rasa haus juga memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

2. Konsultasi ke Dokter

Tips Puasa Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi Agar Lancar

Tips lancar menjalankan ibadah puasa bagi penderita tekanan darah tinggi adalah dengan berkonsultasi ke dokter. Penderita hipertensi tentu berbeda dengan mereka yang memiliki tekanan darah normal. Disarankan untuk melakukan medical check up terlebih dahulu agar bisa mengetahui pasti bagaimana kondisi kita sebenarnya. Setelah melakukan pemeriksaan, dokter akan melihat seberapa besar tingkat keparahan dari hipertensi kita dan juga akan ada saran apakah kita mampu berpuasa atau tidak.

Baca Juga : Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Bahan Alami

3. Perbanyak Mengonsumsi Buah dan Sayur

Makan Buah - Tips Puasa Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi Agar Lancar

Tidak hanya untuk penderita hipertensi saja tetapi mengonsumsi buah dan sayur memang baik bagi siapapun. Tips lancar menjalankan ibadah puasa bagi penderita tekanan darah tinggi adalah dengan banyak mengonsumsi buah dan sayur. Masukkan dua hal ini pada menu harian anda dan dapatkan manfaat dari kebiasaan baik tersebut. Sayur dan buah memiliki kalium yang tinggi serta bisa mengurangi efek natrium pada darah kita.

4. Kurangi Asupan Garam

Kurangi garam - Tips Puasa Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi Agar Lancar

Makanan tanpa garam memang tidak bisa dirasakan kenikmatannya. Sudah menjadi bumbu dapur yang harus disertakan pada setiap makanan. Namun tahukah anda bahwa garam bisa menjadi penyebab risiko naiknya tekanan darah kita? Hindari makanan yang terlalu asin, makanan kaleng, kacang asin, sosis, keripik, keju olahan hingga berbagai makanan lainnya yang memang tidak baik untuk dikonsumsi. Jika memang berat untuk meninggalkannya, lebih baik dikurangi secara perlahan pengkonsumsiannya.

Tetap sehat dengan tips puasa bagi penderita tekanan darah tinggi. Lakukan kiat dalam ulasan ini agar tubuh tetap sehat berpuasa meski memiliki riwayat hipertensi. Ibadah semakin tenang tak mengkhawatirkan kondisi kesehatan jika sudah melakukan saran – saran yang diberikan oleh para ahli atau tim medis.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password