Persiapan Liburan? Lakukan 5 Hal ini Dan Pastikan Mobil Anda Dalam Kondisi Prima

persiapan liburan

Ohayo.co.id – Ada berbagai musim liburan di Indonesia. Mulai dari perayaan hari raya Idul Fitri, sekolah, maupun cuti bersama. Salah satu momen liburan adalah Lebaran Idul Fitri di masyarakat Indonesia yang kental dengan kegiatan mudik ke kampung halaman. Mudik sendiri sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia sejak lama dan selalu jadi momen yang ditunggu-tunggu ketika lebaran tiba.

Momen liburan tentu berkaitan dengan kenyamanan kendaraan yang Anda gunakan untuk menempuh perjalanan. Persiapan wajib dilakukan untuk memastikan perjalanan Anda tidak menemui hambatan dan mobil tidak mengalami kerusakan apapun di tengah jalan. Untuk memastikan mobil Anda selalu siap menempuh perjalanan jauh, ada baiknya Anda membaca tips berikut ini.

 

1. Baca Buku Petunjuk

Pastikan Anda membaca buku petunjuk atau manual book yang Anda dapat ketika membeli mobil. Semua keterangan yang perlu Anda tahu tercantum pada buku ini. Dengan mengetahui dan memahami isi buku ini, Anda sudah selangkah lebih jauh dalam memahami mobil yang Anda miliki.

Tentu saja dengan bekal pengetahuan Ini Anda akan merasa lebih mudah ketika harus berurusan dengan mesin dan perawatan mobil Anda. Bagian-bagian penting yang harus diberikan perhatian ekstra bisa Anda ketahui lebih lanjut dari buku ini.

Baca juga: 5 Mobil yang Pernah Bintangi Film Hollywood

 

2. Dengarkan Mobil Anda

Ketika Anda memanaskan mesin mobil, luangkan waktu sejenak untuk mendengarkan mobil Anda. Dengarkan dari dalam dan luar kabin mobil. Segala bentuk ketidaknormalan pada mobil biasanya akan menimbulkan suara yang asing di telinga. Hal ini merupakan cara sederhana untuk mengetahui apakah ada yang salah dengan mobil Anda. Jika kemudian Anda mendengar sesuatu yang tidak semestinya, segera pastikan apa penyebabnya dan bereskan.

 

3. Cek Bagian Kap Mesin

Penting dan esensial, pastikan bagian mesin yang terlindung dengan kap pada mobil Anda selalu pada kondisi prima. Dengan panduan dari manual book, tentu Anda akan mendapat gambaran bagian apa saja yang kemudian perlu mendapat perhatian.

Pastikan oli mesin, kondisi aki, selang penghubung, sabuk mesin serta bagian lain selalu dalam kondisi baik agar memiliki masa hidup yang masih panjang. Dengan memastikan bagian terpenting mobil Anda selalu dalam kondisi baik, Anda akan mengurangi potensi mobil Anda ‘rewel’ ketika digunakan dalam perjalanan.

 

4. Jaga Kebersihan

Keadaan kabin dan badan mobil yang bersih tentu akan membuat Anda merasa nyaman untuk mengendarai mobil. Ketika kondisi mobil bersih, kepercayaan diri akan bertambah. Selain itu dengan menjaga kebersihan mobil, Anda dapat mengurangi potensi masuknya kotoran yang bisa mengganggu kinerja mesin mobil Anda.

 

5. Konsultasikan dengan Profesional

Anda setiap hari menyikat gigi, namun secara berkala diwajibkan mengunjungi dokter gigi bukan? Hal yang sama berlaku pula untuk mobil Anda. Perawatan rutin yang Anda lakukan tiap hari akan lebih efektif jika disertai dengan konsultasi pada tenaga ahli. Ketika kemudian terjadi kerusakan, jangan ragu untuk menghubungi layanan servis bengkel resmi produsen mobil Anda sehingga Anda mendapatkan pelayanan maksimal dan terbaik untuk mobil Anda.

Layanan ini bisa Anda dapatkan dari Lexus. Salah satu produsen mobil mewah asal Jepang ini memberikan satu layanan khusus yang diberi nama Lexus Mobile Concierge Service. Program ini memungkinkan Anda untuk melakukan servis mobil tanpa harus keluar dari rumah. Lantas bagaimana?

Baca juga: Berikut Tips Sederhana Mengurangi Emisi Kendaraan Anda

Tim dari Lexus yang akan datang ke rumah Anda untuk melakukan perawatan dan servis mobil Lexus kesayangan Anda. Layanan yang sudah ada sejak tahun 2014 ini merupakan bentuk dedikasi Lexus pada pelanggannya. Lexus Mobile Concierge Service bertujuan agar pengguna Lexus memiliki pengalaman berkendara yang tidak terlupakan.

Tentu saja layanan ini akan sangat membantu Anda untuk menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu repot lagi mendatangi bengkel resmi Lexus. Selain itu Anda juga akan mendapat layanan terbaik sehingga mobil Anda akan berada dalam kondisi terbaiknya ketika dikendarai untuk liburan.

Sumber gambar: carmagazine, libertymutual, shutterstock, clublexus, autocarweek, rightattitudes, twitter.com/lexusid

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password