Tips Perawatan Kulit Bayi Sensitif yang Perlu Bunda Tahu

Tips Perawatan Kulit Bayi Sensitif yang Perlu Bunda Tahu - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Merawat kulit bayi dan kulit orang dewasa jelas jauh berbeda. Terutama untuk kulit bayi yang sensitif. Jika pada kulit orang dewasa, penyebabnya bisa diketahui seperti penggunaan makeup yang berlebih, terpapar kotoran dan debu hingga pada permasalahan terkena sinar matahari yang terlalu lama. Namun akan berbeda kasus dan cara perawatannya untuk kulit bayi. Perhatikan bagaimana tips perawatan kulit bayi sensitif agar si bayi bisa tetap nyaman.

Bayi yang memiliki kulit sensitif membutuhkan perawatan dan perlakuan khusus. Biasanya akan lebih rentan terhadap iritasi dan juga munculnya ruam. Lebih baik berhati-hati dalam memilih produk perawatan untuk kulit bayi. Hindari kesalahan dalam memilih agar tidak menjadikannya lebih parah. Beberapa tips yang bisa anda ikuti adalah berikut :

5 Tips Perawatan Kulit Bayi Sensitif dengan Benar

1. Hindari Produk Sabun Antibakteri

Tips Perawatan Kulit Bayi Sensitif yang Perlu Bunda Tahu - Ohayo.co.id

Jika sebagai ibu anda cemas akan kuman dan juga bakteri yang ada pada kulit bayi, sebenarnya sabun anti bakteri tidak seberapa dibutuhkan. Sebab ada bahan kimia tambahan yang dikhawatirkan akan membuat kulit bayi semakin iritasi dan membuatnya bertambah parah. Bahan kimia ini bernama triclosan. Meski ingin merawat kulit bayi yang sensitif, hindari penggunaan sabun anti bakteri.

2. Pilih Produk yang Tepat

Tips Perawatan Kulit Bayi Sensitif yang Perlu Bunda Tahu - Ohayo.co.id

Tips perawatan kulit bayi sensitif berikutnya adalah dengan memilih produk yang tepat. Sebaiknya menghindari produk wewangian atau fragrance. Jika dilihat dari banyak penelitian, produk ini bisa menjadi penyebab dari reaksi kulit yang alergi atau terjadinya iritasi. Terutama untuk kulit yang memang sensitif. Apabila ingin menggunakan sabun anti bakteri sebaiknya tidak dengan ukuran yang berlebihan. Gunakan sewajarnya dan tidak terlalu sering.

Baca juga : Moms, Benarkah Bayi Bisa Memiliki Selulit? Intip Info Selengkapnya di Sini!

3. Hindari Terlalu Lama Mengganti Popok

Tips Perawatan Kulit Bayi Sensitif yang Perlu Bunda Tahu - Ohayo.co.id

Berikutnya, tips yang bisa anda lakukan adalah dengan mengganti popok secara rutin. Tidak terlalu lama dan tidak membiarkannya semalam suntuk. Hal ini untuk menghindari adanya bintik merah pada bayi dan juga terjadinya ruam. Sebaiknya mengganti popok minimal 6 hingga 12 kali dalam sehari. Biasanya akan tergantung pada usia bayi. Jangan lupa untuk membersihkan dan mengeringkan pantat bayi dengan cara yang tepat. Gunakan kain yang lembut seperti terbuat dari katun dan juga air hangat. Berikan waktu dimana ia bebas tidak menggunakan popok sesaat setelah mengeringkannya. Hal ini efektif untuk mencegah ruam.

4. Pilih Pakaian yang Tepat

Tips Perawatan Kulit Bayi Sensitif yang Perlu Bunda Tahu - Ohayo.co.id

Memilih pakaian yang tepat juga menjadi salah satu faktor yang akan mempengaruhi muncul tidaknya ruam pada kulit bayi. Pilih pakaian yang nyaman dan cocok untuk kulit bayi. Pilih yang terbuat dari kain linen dan juga katun. Bahan ini memang akan membuat kulit menjadi bisa bernapas. Hindari menggunakan pakaian yang ketat dan berlapis. Si kecil tidak akan nyaman bahkan ketika tidur. Utamakan bahan yang nyaman digunakan tidak hanya karena modelnya saja yang lucu atau bagus.

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Kolik pada Bayi yang Paling Aman

5. Gunakan Produk Secukupnya

Menggunakan sabun atau sampo untuk bayi tidaklah baik jika berlebihan. Justru dengan ukuran sedikit akan sangat baik terutama untuk bayi yang baru lahir. Bayi memiliki perlindungan secara alami pada tubuhnya. Jika memandikannya dengan sabun dan sampo terlalu sering maka akan menghilangkan pertahanan alami ini. Cukup memandikan si kecil dua hingga tiga kali saja dalam sehari.

Ketahui bagaimana tips perawatan kulit bayi sensitif agar si bayi tetap nyaman. Jika ingin menggunakan produk perawatan maka pastikan kandungan di dalamnya aman untuk digunakan. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dari tempat tidur dan juga pakaian bayi yang akan mempengaruhi kesehatan kulitnya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password