Tips Mudah Mengganti Aki Mobil Tanpa Montir

Tips Mudah Mengganti Aki Mobil Tanpa Montir - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Ada kalanya aki mobil Anda mulai tidak berfungsi, yang mengakibatkan mesin menjadi kurang stabil. Bahkan bila masalah terjadi pada komponen kelistrikan, bisa menyebabkan mesin tidak menyala. Jika hal tersebut terjadi Anda perlu mengganti aki sendiri. Ya, tanpa meminta bantuan montir pun Anda bisa melakukannya sendiri. Begini tips mudah mengganti aki mobil tanpa perlu montir.

Tips Mudah Mengganti Aki Mobil Tanpa Montir

Tips Mudah Mengganti Aki Mobil Tanpa Montir - Ohayo.co.id

  • Lepas kabel negatif pada aki terlebih dahulu. Longgarkan baut dan klem yang mengikat dari sisi negatif dulu, kemudian dilanjutkan pada sisi positifnya.
  • Angkat aki dari wadahnya secara tegak lurus, supaya air aki tidak tumpah.
  • Setelah itu, pasang aki barunya, dan pasang juga kembali kabel serta klem seperti semula. Untuk memasangnya kembali, disarankan untuk mendahulukan kutub positif baru setelahnya kutub negatifnya, agar tidak timbul reaksi.
  • Bersihkan aki secara keseluruhan. Gunakan cairan anti korosi atau karat bila diperlukan. Sebab bila terdapat korosi yang menutupi kabel atau pada ujung kabel, maka ini akan menjadi isolator yang akan menghambat penyaluran energi.
Baca Juga

Tips Mudah Mengganti Aki Mobil Tanpa Montir - Ohayo.co.id

Mudah bukan? Anda pun dapat menghemat pengeluaran untuk mengganti aki mobil secara berkala. Pastikan Anda melakukannya dengan cermat dan hati-hati agar nantinya aki dapat bekerja dengan baik. Untuk ukuran aki yang cocok dengan mobil Toyota Fortuner adalah aki dengan tipe N50 ZL dengan daya 12v/45 A dan bisa dinaikkan dengan tipe NS 70 L dengan daya 12V/65A. Berdasarkan klasifikasi mesinnya, All New Toyota Fortuner memang akan ditawarkan menjadi beberapa varian, antara lain All New Fortuner dengan mesin bensin dan juga diesel berpenggerak 4×4 atau 4×2. Masing-masing mesin terbaru pada All New Toyota Fortuner memiliki karakteristik berbeda-beda.

Untuk mesin dieselnya yang berkode GD sudah dijejali dengan teknologi pembaruan yang baru, diklaim mampu menghasilkan tenaga optimal namun tetap irit bahan bakar. Sedangkan untuk karakteristik mesin All New Fortuner bensin berkode 4TR memiliki akselerasi yang responsif dengan peningkatan tenaga dan juga irit bahan bakar. Baik tipe manual atau otomatis, spesifikasi Toyota Fortuner generasi baru ini akan digerakkan oleh transmisi transmisi 6-percepatan.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password