Tips Merawat Rantai Sepeda United yang Harus Anda Tahu

Tips Merawat Rantai Sepeda United yang Harus Anda Tahu - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Apa Anda salah satu yang suka sekali dengan sepeda United? Memang pada dasarnya sepeda United ini dibuat dari komponen yang berkualitas, sehingga tak heran jika digemari dan disukai oleh banyak orang. Tetapi demikian, supaya sepeda bisa jadi lebih awet atau bahkan diwariskan pada generasi setelah Anda, sepeda haruslah dirawat dengan sebaik mungkin. Apalagi di bagian rantai yang merupakan nyawa sepeda. Caranya mudah sekali, Anda hanya perlu mengikuti tips merawat rantai sepeda United di bawah ini. Kami jamin, sepeda United kesayangan Anda akan betahan hingga bertahun-tahun.

Tips Merawat Rantai Sepeda United yang Harus Anda Tahu

Menentukan jadwal perawatan

Tips Merawat Rantai Sepeda United yang Harus Anda Tahu - Ohayo.co.id

Sebagai salah satu pecinta sepeda, pastinya Anda menganggap bahwa sepeda adalah barang paling berharga. Anda tentu saja tak mau kan jika barang berharga milikmu cepat rusak? Jalan satu-satunya adalah merawat sepeda supaya terus awat. Rantai adalah kumpulan mata rantai yang kaitkan gigi depan dan belakang, sehingga Anda bisa gowes sepeda. Jangan pernah menunggu hingga rantai sepeda Anda berkarat baru Anda membersihkannya. Justru rantai yang dibersihkan secara berkala membuatnya semakin awet.

Baca juga : Tips Membersihkan dan Merawat Sepeda MTB Giant yang Benar

Membersihkan dengan alat dan cara yang benar

Tips Merawat Rantai Sepeda United yang Harus Anda Tahu - Ohayo.co.id

Ya, Anda pastinya tak boleh asal dalam membersihkan rantai sepeda. Silakan Anda siapkan peralatan berikut untuk bersihkan rantai sepeda, seperti lap kering yang halus, ember berisikan air hangat yang dicampur dengan sabun cuci, sikat, cairan pembersih rantai, dan juga pelumas. Jika peralatan tersebut sudah tersedia, maka Anda bisa membuat sepeda dalam posisi terbalik agar Anda bisa lebih mudah membersihkannya. Siram rantai sepeda Anda dengan air hangat yang sudah dicampur sabun. Siram secara perlahan agar kotorannya lepas. Jangan pernah menyiramnya dengan menggunakan selang dengan cara disemprot, sebab ini berpotensi membuat komponen kecil ada sepeda Anda terlepas.

Gosok mata rantainya dengan sikat yanag sudah dibasahi campurn air hangat dan sabun. Jika sudah, lanjutkan dengan menyemprotkan pembersih rantai pada kaitan rantai hingga kotoran benar-benar hilang. Cairan pembersih ini juga akan membantu Anda dalam menghilangkan sisa-sisa pelumas yang kotor di rantai sepeda.

Baca juga : Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik dari Polygon yang Layak Dibeli

Mengoleskan pelumas rantai

Tips Merawat Rantai Sepeda United yang Harus Anda Tahu - Ohayo.co.id

Terakhir, adalah mengoleskan pelumas pada rantai sepeda. Caranya mudah sekali, yakni dengan meneteskan pelumas sambil memutar rantainya, bagian yang selalu terjadi gesekan yakni pin, yang juga terkena bearing tengah pelumas. Tetapi sebelum itu, Anda masih harus memastikan rantainya sudah benar-benar kering setelah dibersihkan. Pelumas pastinya akan sulit menempel jika rantainya masih dalam keadaan basah, atau pun lembab. Anda bisa mengeringkan rantai sepeda tersebut dengan lap kering kemudian tunggu beberapa saat.

Harus Anda tahu nih, bahwa rantai yang kekurangan pelumas akan cepat aus dan berkarat. Tetapi jika rantai diberi lapisan pelumas yang terlalu banyak, maka kotoran akan lebih mudah menempel. Jadi sebaiknya Anda perhatikan baik-baik supaya mengoleskan pelumas secukupnya saja, tak terlalu banyak juga tak terlalu sedikit. Jika sudah terlanjur memberikan pelumas yang terlalu banyak, maka Anda bisa membersihkan rantai di bagian luar dengan kain.

Nah, itu dia beberapa tips merawat rantai sepeda United yang harus Anda tahu. Buat Anda nih yang kebetulan sedang mencari sepeda United terbaru atau aksesoris untuk menunjang penampilan dan performa sepeda United kesayangan Anda, kini Anda sudah bisa menemukannya dengan mudah di berbagai toko online yang ada. Tetapi demikian, silakan pilih toko online yang sudah bemitra dengan AKULAKU ya, agar Anda bisa menikmati layanan pembayaran dengan cicilan tanpa kartu kredit.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password