Menjalankan Ibadah Puasa Saat Hamil, Ini Tipsnya!

Menjalankan Ibadah Puasa Saat Hamil, Ini Tipsnya!

Ohayo.co.id – Bulan puasa adalah bulan yang penuh dengan berkah. Semua umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Namun bagi ibu hamil dan menyusui terkadang mereka tidak bisa berpuasa karena harus memenuhi makanan untuk sang bayi. Kondisi ibu hamil yang ingin berpuasa bisa dipertimbangkan terlebih dahulu. Apabila ia merasa kuat dan si bayi juga sehat maka dipersilakan untuk berpuasa. Agar lancar, tips menjalankan ibadah puasa saat hamil ini bisa membantu anda.

Kondisi hamil membutuhkan banyak tenaga. Sang ibu harus terpenuhi gizinya untuk si bayi. Sebab dalam kondisi hamil, apa yang dikonsumsi ibu lah yang menjadi sumber makanan untuk si bayi. Keinginan berpuasa bagi ibu hamil juga tidak dipermasalahkan asalkan memang dalam kondisi yang sehat atau tidak membahayakan. Ulasan kali ini akan membantu para ibu hamil yang ingin menjalan puasa di bulan ramadan.

Tips Menjalankan Ibadah Puasa Saat Hamil

Tips Menjalankan Ibadah Puasa Saat Hamil

Puasa memang menyehatkan. Bagi siapapun yang menjalankannya bisa mengatur pola hidup dan pola makan untuk kesehatan lebih baik. Hanya saja bagi ibu hamil, kondisi berpuasa harus dikonsultasikan dulu kepada dokter apakah memungkinkan atau tidak. Ada tips untuk berpuasa kala sedang mengandung seperti berikut :

1. Berkonsultasi dengan Dokter

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa ibu hamil yang ingin menjalankan ibadah puasa sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Konsultasi bisa dilakukan sebelum atau bahkan ketika dalam kondisi puasa. Bicarakan bagaimana kondisi anda pada dokter secara terus terang. Hal ini nantinya dokter akan memeriksa apakah bayi tersebut bisa diajak untuk menahan lapar atau dalam keadaan puasa. Apabila dokter memastikan bahwa kondisi tersebut masih memungkinkan, silahkan berpuasa dengan kontrol kesehatan bayi secara rutin.

Baca Juga : Pilihan OOTD untuk Ibu Hamil Agar Bisa Tampil Cantik dan Menawan

Tips Menjalankan Ibadah Puasa Saat Hamil

2. Perhatikan Asupan Kalori dan Cairan

Tips menjalankan ibadah puasa saat hamil adalah dengan mengontrol asupan kalori dan ciaran yang dibutuhkan oleh tubuh. Kebutuhan normal untuk ibu hamil sehari – hari biasanya dibagi ke dalam 3 sesi seperti pagi, siang dan juga malam. Sementara untuk waktu puasa hanya ada 2 sesi yaitu ketika sahur dan berbuka. Dengan kondisi lapar atau perut kosong cukup panjang, ibu hamil patut memperhatikan bagaimana kebutuhan kalori dan juga cairan yang dibutuhkan tubuh.

3. Mengkonsumsi Makanan yang Dianjurkan

Ibu hamil yang berpuasa hendaklah memperhatikan makanan apa saja yang dianjurkan. Tak lain untuk memenuhi gizi dan makanan yang dibutuhkan bayi. Tips menjalankan ibadah puasa saat hamil ini penting untuk diperhatikan. Cobalah mengonsumsi gandum, yogurt, hotmeal, lumpia basah dan juga sayur mayur. Sementara itu kondisi puasa untuk ibu hamil hendaklah menghindari makanan seperti goreng – gorengan, junk food dan juga makanan yang bersantan.

Baca Juga : Makanan Cepat Saji Berisiko Bikin Wanita Susah Hamil, Ini Alasannya!

Tips Menjalankan Ibadah Puasa Saat Hamil

4. Persiapan Mental

Tidak hanya menyiapkan makanan yang dibutuhkan. Tetapi tips menjalankan ibadah puasa saat hamil adalah dengan persiapan mental juga. Hindari stress dan lakukan aktivitas ringan yang tidak menguras tenaga. Lakukan beberapa hal seperti misalnya berdiskusi santai dengan teman atau pasangan agar perasaan gelisah bisa hilang. Hindari membawa barang yang berat ketika sedang hamil. Kurangi pekerjaan rumah yang dirasa membuat tubuh kehilangan banyak tenaga dan cairan.

Ibadah puasa bisa tetap lancar apabila dalam kondisi hamil dan mengikuti apa yang disarankan oleh dokter. Pastikan bahwa asupan tubuh ketika berbuka memang menyehatkan. Jika tidak ada masalah yang berarti, kita bisa merasakan perjuangan sebagai ibu yang sedang mengandung tetapi tetap sehat dengan berpuasa.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password