6 Tips Menjaga Kesehatan Anak yang Disarankan Dokter Anak

Ohayo.co.id – Mengurus keluarga, khususnya menjaga kesehatan anak tidaklah mudah. Sangatlah penting untuk membiasakan gaya hidup sehat kepada anak Anda sejak dini, namun terkadang para orangtua bingung bagaimana memulainya. Beberapa tips menjaga kesehatan anak dari dokter anak di bawah ini akan membantu Anda menerapkan gaya hidup sehat dan aktif bagi anak dalam kesibukan sehari-hari.

6 Tips Menjaga Kesehatan Anak yang Disarankan Dokter Anak

1. Kebiasaan makan pagi yang baik

6 Tips Menjaga Kesehatan Anak yang Disarankan Dokter Anak - Ohayo.co.id

Salah satu hal tersulit saat memberi makan kepada anak adalah membiasakan mereka mengkonsumsi sayur dan buah. Dokter anak menyarankan agar Anda membiasakan ritual makan pagi yang sehat bagi anak. Berilah mereka sayur dan buah favorit mereka di pagi hari, sehingga mereka mendapatkan nutrisi terbaik dan energi untuk beraktivitas.

2. Ajarkan anak untuk menjaga kebersihan

6 Tips Menjaga Kesehatan Anak yang Disarankan Dokter Anak - Ohayo.co.id

Setiap kali Anda keluar rumah bersama anak, pastikan mereka mencuci tangannya ketika kembali ke rumah. Dengan membiasakan anak untuk membersihkan tangan, Anda dapat mengurangi resiko penyakit akibat kuman dan bakteri dari luar rumah. Selain itu, biasakan anak untuk membuka sepatu dan menyimpannya di area rak sepatu sebelum memasuki rumah.

Jika anak Anda memiliki alergi, sebaiknya ajarkan mereka untuk membersihkan badan setiap kali pulang ke rumah. Partikel-partikel yang menempel di badan anak dapat mengkontaminasi area rumah dan memperburuk kondisi alergi anak, oleh karena itu biasakan ritual mandi sehingga kebersihan di area rumah tetap terkontrol.

Baca juga : Ibu Wajib Tahu! Penyebab Kerusakan Gigi Pada Anak

3. Berikan cemilan yang sehat bagi anak

6 Tips Menjaga Kesehatan Anak yang Disarankan Dokter Anak - Ohayo.co.id

Ada banyak pilihan snack kemasan yang tersedia di pasaran saat ini, namun jenis makanan olahan ini umumnya rendah nutrisi dan mengandung kalori yang tinggi. Dokter anak menyarankan agar Anda menyiapkan snack yang lebih sehat bagi anak, seperti brokoli, seledri, wortel, yoghurt, kacang dan buah-buahan. Anda dapat dengan mudah menyiapkan sendiri berbagai cemilan sehat ini dan menyimpannya di kulkas sehingga Anda akan selalu memiliki bekal snack saat anak merasa lapar.

4. Ajak anak bermain di luar rumah

6 Tips Menjaga Kesehatan Anak yang Disarankan Dokter Anak - Ohayo.co.id

Mengajak anak bermain di taman atau melakukan aktivitas olahraga seperti bersepeda akan membantu menjaga kesehatan anak, dan merupakan cara terbaik untuk membakar energi dan memberikan mereka stimulasi fisik serta fungsi otak. Setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda, doronglah mereka untuk mencoba berbagai kegiatan fisik hingga mereka dapat menemukan aktivitas yang mereka sukai.

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Demam Tinggi Pada Anak, Yuk Ketahui Mom!

5. Persiapkan P3K dan pelajari langkah-langkah darurat yang tepat

6 Tips Menjaga Kesehatan Anak yang Disarankan Dokter Anak - Ohayo.co.id

Orangtua harus selalu siap siaga, oleh karena itu memiliki kotak P3K merupakan kewajiban utama. Bekali juga diri Anda dengan pengetahuan mengenai berbagai keadaan darurat dan langkah-langkah yang harus Anda lakukan, sehingga Anda dapat dapat merespon kondisi darurat dengan cepat. Simpanlah nomor-nomor darurat dan informasi kesehatan yang penting di area yang mudah diakses oleh semua penghuni rumah, misalnya di pintu kulkas atau lemari dapur. Tuliskan nomor kontak dokter anak, rumah sakit terdekat, hingga dosis takaran obat bagi setiap anak.

6. Berpikir positif dan tetap realistis

6 Tips Menjaga Kesehatan Anak yang Disarankan Dokter Anak - Ohayo.co.id

Akan ada hari-hari di mana anak sedikit rewel atau menolak untuk mengikuti permintaan Anda. Tetaplah berpikiran positif dan tenang, anak membutuhkan adaptasi untuk hal-hal baru, oleh karena itu lakukan langkah-langkah kecil setiap hari dan tidak usah memaksa anak jika ia tidak mau memakan sayur yang sudah Anda siapkan. Anda dapat mencoba kembali di sesi makan berikutnya, atau mencari alternatif lainnya seperti membuatkan jus buah yang dicampur dengan sayuran.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan anak yang disarankan oleh dokter anak. Dokter anak menyatakan bahwa hal terpenting saat mengajarkan pola hidup sehat kepada anak adalah peran orangtua dalam memberi contoh yang baik. Anak-anak kerap meniru perilaku orangtua, oleh karena itu Anda juga harus membiasakan diri untuk menjaga kesehatan.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password