Belum Ahli Nyetir Kalau Belum Mencoba Tantangan Parkir dengan Rapi!

5 Tips Meningkatkan Kemampuan Memarkirkan Kendaraan

Ohayo.co.id – Berkendara tidak melulu soal kecepatan dan kemampuan bermanuver. Kemampuan yang akan Anda dapat sembari mengendarai mobil akan meningkat dengan sendirinya. Pengalaman dan jam mengaspal yang tinggi, akan membuat Anda makin lincah ketika harus bermanuver menembus ramainya jalanan perkotaan. Meski demikian, ada satu hal lain yang juga wajib menjadi kemampuan yang Anda kuasai ketika berkendara. Kemampuan ini adalah memarkir kendaraan dengan rapi.

Banyak orang bisa berkendara dengan lincah dan gesit, menggeber mobilnya pada kecepatan tinggi, namun tidak memiliki kemampuan parkir yang baik. Memang untuk beberapa hal Anda bisa mempercayakan urusan parkir pada pegawai valet atau petugas parkir. Namun Anda tentu tidak bisa selalu mengandalkan mereka ketika tidak ada seorangpun selain Anda.

Untuk itulah, tim Ohayo ingin membagi tips untuk Anda agar bisa meningkatkan kemampuan memarkirkan kendaraan dengan rapi. Karena tidak bisa Anda pungkiri, kendaraan yang terparkir sembarang pasti akan membuat emosi naik.

5 Tips Meningkatkan Kemampuan Memarkirkan Kendaraan

1. Temukan Titik Parkir yang Lengang

Temukan Titik Parkir yang Lengang - 5 Tips Meningkatkan Kemampuan Memarkirkan Kendaraan - Ohayo.co.id

Hal paling sederhana namun tidak selalu bisa dilakukan adalah menemukan lahan parkir yang lengang. Cermati area sekitar Anda untuk mendapatkan titik parkir yang sedikit longgar. Untuk latihan, area parkir yang sempit dan padat bukan tempat yang bagus karena Anda berisiko tinggi menggores mobil. Dengan menemukan area parkir yang lengang, Anda memiliki banyak waktu untuk belajar memarkirkan kendaraan dengan tenang dan fokus.

2. Gunakan Fitur Mobil Anda

Gunakan Fitur Mobil Anda - 5 Tips Meningkatkan Kemampuan Memarkirkan Kendaraan - Ohayo.co.id

Ketika memarkirkan kendaraan, fokus pada area dimana mobil Anda akan masuk. Perhatikan jarak benda apapun yang mungkin menjadi hambatan dan perkirakan jaraknya. Upayakan Anda berjarak kurang lebih 1,5 meter dari benda besar apapun agar Anda bisa memarkir mobil dengan aman.

Perhatikan kaca spion kiri dan kanan serta kaca bagian tengah kabin mobil Anda. Ini akan membantu Anda memantau keadaan bagian belakang mobil, kiri, dan kanan sehingga Anda paham betul posisi mobil Anda. Jika mobil Anda dilengkapi fitur yang membantu memperkirakan jarak tembok di bagian belakang, cermati betul dan jangan sampai salah fokus.

Baca juga : Merawat Mobil dengan Cara Sederhana Ini!

3. Beri Tanda Pada Titik Parkir Anda

Beri Tanda Pada Titik Parkir Anda - 5 Tips Meningkatkan Kemampuan Memarkirkan Kendaraan - Ohayo.co.id

Ketika memarkirkan mobil di tempat umum, pastikan Anda memberi tanda (bisa dengan menyalakan lampu sein) agar pengemudi di belakang Anda tahu Anda akan mengisi tempat tersebut. Ini akan membantu Anda mendapatkan tempat parkir sehingga tidak kehilangan titik yang Anda temukan.

4. Putar Roda Kemudi dengan Tajam

Putar Roda Kemudi dengan Tajam - 5 Tips Meningkatkan Kemampuan Memarkirkan Kendaraan - Ohayo.co.id

Jangan ragu untuk memutar roda kemudi Anda dengan tajam, karena biasanya titik parkir berada pada posisi yang cukup sulit. Dengan memutar roda kemudi secara tajam, mobil Anda akan mendapat sudut yang lebih baik pada lahan yang terbilang sempit. Jangan lupa, pastikan roda kemudi Anda pada keadaan lurus ketika selesai memarkirkan kendaraan.

Baca juga : Sering Parkir di Area Terbuka? Berarti Mobilmu Butuh Perawatan Khusus Ini!

5. Ragu? Turun dan Amati Langsung

Turun dan Amati Langsung - 5 Tips Meningkatkan Kemampuan Memarkirkan Kendaraan - Ohayo.co.id

Ketika Anda merasa ragu pada ruang bagian belakang mobil Anda, atau samping kanan kiri, jangan ragu untuk turun dan melihatnya langsung. Meski sedikit memakan waktu dan mungkin timbul rasa malu, ini dapat membantu Anda mengetahui betul posisi mobil Anda ketika akan parkir. Take your time and be focus.

Memang terdengar sederhana, tapi parkir bagi sebagian orang bukanlah masalah mudah. Perasaan tenang ketika berkendara serta kestabilan emosi sangat diperlukan ketika Anda memarkirkan kendaraan. Apalagi di tempat yang cenderung ramai.

Lexus - 5 Tips Meningkatkan Kemampuan Memarkirkan Kendaraan - Ohayo.co.id

Untuk memudahkan, beberapa produsen mobil kini telah menambahkan fitur  parking assist yang dapat membantu Anda ketika memarkirkan kendaraan. Fitur ini dapat berupa semacam alarm suara yang akan Anda dengar ketika mobil mundur, sensor jarak yang ditampilkan di layar dashboard, juga kamera yang disematkan pada bagian belakang mobil sehingga Anda dapat melihat secara langsung seberapa jarak mobil dan tembok pembatas.

Salah satu produsen yang menyematkan fitur ini adalah Lexus. Produsen mobil mewah asal Jepang ini mendedikasikan setiap inovasinya untuk kenyamanan berkendara. Tentu saja bagian parkir juga tidak luput dari fokus Lexus sehingga Anda dapat dengan mudah memarkirkan setiap unit Lexus yang Anda kendarai.

Sumber gambar : spinellilexuspointeclaire, royalfashionist, videoblocks, youtube, impactrecovery, 1zoom

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password