Bermobil Tidak Selalu Mengotori Lingkungan, Berikut Tips Sederhana Mengurangi Emisi Kendaraan Anda

tips mengurangi emisi kendaraan

Ohayo.co.id – Dalam mengendarai kendaraan bermotor, tentu Anda seringkali harus menghentikan kendaraan Anda untuk sejenak. Baik karena terkena lampu pengatur lalu lintas, sekedar berhenti untuk mampir ke suatu tempat, atau karena alasan lain. Mematikan mesin memang terasa sangat repot jika kemudian Anda rasa tidak akan berhenti lama. Lama, satu kata yang sebaiknya Anda pastikan definisinya secara tepat.

Kendaraan dalam posisi berhenti dan mesin yang menyala, sama artinya dengan menggunakan bahan bakar secara tidak efektif. Mengapa demikian? Karena mesin akan terus melakukan pembakaran terhadap bahan bakar tanpa bergerak. Selain boros bahan bakar, hal ini juga membuat Anda ikut serta dalam penambahan gas emisi kendaraan. Polusi tersebut tentu bisa saja Anda kurangi dengan hal-hal sederhana.

Berikut beberapa tips yang tim Otorev rangkum untuk mengurangi keadaan idling, ungkapan untuk upaya ini, sekaligus menghemat bahan bakar.

 

1. Melihat Waktu Berhenti

Sumber: ridertua .com

Ketika berada di persimpangan dan berhenti akibat lampu lalu lintas, perhatikan dengan baik timer yang ada. Jika timer menunjukkan waktu lebih dari dua menit atau 120 detik, ada baiknya Anda mematikan kendaraan sejenak. Pematian sejenak akan terasa sangat berpengaruh jika dilakukan dengan rutin. Tapi ingat, jangan terlalu sering mematikan kendaraan Anda jika usianya sudah lebih dari delapan tahun pemakaian atau Anda akan menemui masalah pada mobil Anda akibat terlalu sering menyalakan dan mematikan mesinnya.

Baca juga: Jangan Kenakan 5 Benda Ini Ketika Hendak Mengemudi

 

2. Penggunaan AC

Sumber: ethozgroup .com

Penggunaan AC ketika berkendara, juga turut mempengaruhi kerja mesin mobil Anda. Ketika AC dinyalakan, otomatis beban kerja mesin akan meningkat. Mesin mobil disertai AC yang hidup juga menambah konsumsi bahan bakar pada mobil Anda sehingga bertambah pula gas emisi yang keluar. Upayakan menggunakan AC sebijak mungkin.

 

3. Bahan Bakar Ramah Lingkungan

Sumber: rac.co .uk

Pertimbangkan untuk membeli mobil dengan bahan bakar ramah lingkungan. Dewasa ini, tersedia berbagai sumber tenaga yang bisa Anda gunakan untuk menjadi bahan bakar mobil Anda. Secara reguler, bahan bakar yang banyak digunakan untuk kendaraan di Indonesia berkisar antara solar, permium, pertamax atau pertalite. Perlu Anda ketahui juga bahan bakar dengan oktan lebih besar, akan meningkatkan efisiensi pembakaran sehingga mengurangi emisi yang muncul. Untuk lebih ramah lingkungan, gunakan bahan bakar listrik atau sumber tenaga lain.

Baca juga: Galau Punya Mobil Boros Bahan Bakar? Ini Dia Tips Irit BBM!

 

4. Kendaraan Hybrid

Sumber: cartype .com

Kendaraan hybrid mulai banyak diproduksi oleh produsen mobil. Kendaraan ini mengkombinasikan penggunaan bahan bakar berbahan dasar minyak dengan listrik. Tentu saja dengan memadukan dua jenis bahan bakar ini, emisi yang ditimbulkan bisa ditekan seminimal mungkin. Terlebih dengan menggunakan bahan bakar listrik yang tersedia, maka emisinya hampir menyentuh angka nol.

Kendaraan hybrid memang merupakan inovasi baru dalam dunia otomotif. Kendaraan ini mengkombinasikan dua jenis sumber tenaga untuk menggerakkan dan menjalankan berbagai fitur pada mobil. Jika Anda ingin berkendara dengan lebih bersih namun tetap bertenaga, mungkin kendaraan tipe ini dapat Anda jadikan pilihan yang tepat.

Lexus sebagai produsen senior untuk bidang otomotif mengetahui hal ini dengan baik. Lexus kemudian memproduksi kendaraan tipe hybrid yang dipasarkan pula di Indonesia. Terdapat dua jenis mobil hybrid dari Lexus yang bisa menjadi pilihan Anda yakni ES 300h dan LS 500h.

Sumber: carscoops .com

Keduanya adalah berupa mobil sedan mewah dengan fasilitas yang mumpuni dan tentu sangat ramah lingkungan. Unit ES 300h dan LS 500h juga memiliki tenaga yang cukup besar, masing-masing dimotori oleh mesin bertenaga 202 HP dan 356 HP. Dengan emisi yang rendah serta mesin bertenaga, dipadukan dengan desain mewah Lexus yang telah dikenal luas, tentu tipe ES dan LC hybrid akan menjadi mobil yang tepat untuk Anda kendarai dengan penuh kebanggaan.

Sumber: eco.mobilereporter .info

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password