Hemat Air Ketika Mandi, Simak 4 Kiat Cerdas Ini!

Penting! Ini 4 Tips Menghemat Air Ketika Mandi

Ohayo.co.id – Air adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Berbagai kegiatan untuk menunjang kehidupan manusia membutuhkan air. Itu mengapa air menjadi hal yang begitu penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Kegiatan mencuci, memasak, hingga mandi membutuhkan air. Memasuki musim kemarau, ketersediaan air menjadi hal yang perlu diperhatikan. Terlebih ketika kemarau tiba, ketersediaan air biasanya lebih sedikit ketimbang musim hujan. Untuk itu, kita perlu menabung air agar ketika tiba musim kemarau ketersediaan air tetap terjaga. Salah satu caranya yaitu dengan menghemat air.

Selain mencuci baju, kegiatan mandi merupakan salah satu kegiatan yang biasanya menghabiskan banyak air. Untuk itu menghemat air ketika mandi sangatlah penting. Berikut tips menghemat air ketika mandi.

Penting! Ini 4 Tips Menghemat Air Ketika Mandi

1. Gunakan Pancuran (Shower)

Tidak Usah Mandi Terlalu Lama - Penting! Ini 4 Tips Menghemat Air Ketika Mandi

Mandi menggunakan pancuran dianggap lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan gayung. Untuk membuat tubuh terbasahi secara keseluruhan, mandi menggunakan gayung membutuhkan beberapa kali gayung air dari dalam bak. Sebab jika hanya sekali gayung, air tidak bisa menjangkau seluruh bagian tubuh. Berbeda halnya dengan menggunakan pancuran, air yang keluar dapat merata ke seluruh tubuh, selain itu juga air yang mengalir dari pancuran dapat diatur sedikit banyak keluarnya.

2. Siapkan Ember

Siapkan Ember - Penting! Ini 4 Tips Menghemat Air Ketika Mandi

Ember dapat digunakan untuk menampung air terutama ketika ingin mandi menggunakan air hangat. Untuk menunggu air berubah menjadi hangat diperlukan waktu beberapa saat dan air mengucur tanpa digunakan, sehingga ada baiknya air ditampung menggunakan ember agar tidak terbuang sia-sia dan dapat digunakan untuk keperluan lain seperti menyiram tanaman.

Baca Juga : Mau Cuci Pakaian Hemat Air? Begini Tipsnya

3. Matikan Air Ketika Keramas

Matikan Air Ketika Keramas - Penting! Ini 4 Tips Menghemat Air Ketika Mandi

Ketika sedang keramas, ada baiknya matikan air terlebih dahulu sehingga air tidak terbuang percuma. Setelah rambut siap untuk dibilas baru nyalakan kembali aliran air.

4. Tidak Usah Mandi Terlalu Lama

Gunakan Pancuran (Shower) - Penting! Ini 4 Tips Menghemat Air Ketika Mandi

Salah satu tips paling ampuh untuk menghemat air yaitu dengan tidak berlama-lama saat mandi. Semakin lama mandi kemungkinan semakin banyak air yang digunakan. Cobalah untuk mengukur berapa lama waktu yang dihabiskan untuk mandi dan pasang target waktu berapa lama akan menghabiskan waktu untuk mandi.

PC-165 BIT - Penting! Ini 4 Tips Menghemat Air Ketika Mandi

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan dalam rangka melakukan penghematan air ketika mandi. Begitu pentingnya air untuk kehidupan kita membuat penggunaan air harus dilakukan seefektif mungkin. Jangan lupa untuk menggunakan pompa air Shimizu untuk menjamin ketersediaan air di rumah. Pompa air Shimizu adalah pompa air yang sudah teruji kualitasnya dengan kemampuan menghisap dan mendorong air lebih kuat dibandingkan pompa air lainnya. Misalnya saja tipe PC-165 BIT yang punya kapasitas mengalirkan air hingga 8 liter per menit pada kedalaman 22 meter. Selain itu pompa air Shimizu juga memiliki daya listrik yang rendah sehingga bisa menghemat energi listrik. Shimizu, Sedotannya Kuaaaaaaaat, Semburannya Kuencenggg!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password