Tips Mencuci Piring Secara Cepat Namun Tetap Bersih

tips mencuci piring secara cepat

Ohayo.co.id – Mencuci piring merupakan kegiatan yang penting dilakukan meskipun tidak semua orang menyukai kegiatan ini. Hal ini terutama berkaitan dengan kebersihan peralatan makan yang kita gunakan.

Meskipun sudah tersedia teknologi pencuci piring seperti mesin pencuci piring, tetapi tidak semua orang memiliki alat tersebut. Kebanyakan dari kita tetap harus mencuci piring secara manual menggunakan tangan.

Proses mencuci piring terkadang membosankan. Dilansir dari laman Boldsky.com, seorang profesor di Universitas Arizona dan pendidik kesehatan masyarakat yang mengkhususkan diri dalam keamanan pangan dan penularan penyakit, Dr. Kelly Reynolds memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan agar mencuci piring bisa dilakukan secara cepat tetapi tetap bersih.

Yuk simak ulasan berikut siapa tahu dapat langsung diterapkan.

1. Gunakan Sabun Berbahan Tepat


Sumber Gambar: id1-cdn.pgimgs .com

Untuk mencuci piring, sebaiknya gunakan sabun anti bakteri dengan asam laktat. Kandungan ini memberikan manfaat anti-bakteri dan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Selain itu juga, cari yang memiliki kandungan lauramine oksida yang berguna untuk menghilangkan lemak.

Baca juga: 3 Hal Ini Wajib Diperhatikan Jika Ingin Mencuci Pakaian Hingga Bersih

2. Celupkan Piring ke dalam Larutan Pembersih

Sumber Gambar: cdn2.tstatic .net

Cobalah celupkan piring dalam larutan pembersih seperti mencuci piring dalam mesin pencuci piring. Metode ini akan memberikan ketenangan pikiran bahwa cucian bersih, bahkan jika tidak menggosoknya selama berjam-jam.

3. Jangan Langsung Mencuci Piring

Sumber Gambar: https://1.bp.blogspot .com

Sangatlah menggoda untuk mulai menggosok langsung sisa makanan, tetapi biarkan piring direndam terlebih dahulu. Waktu perendaman beberapa menit akan sangat membantu membuat semuanya lebih mudah dibersihkan.
Ini akan melonggarkan partikel makanan dan menyelamatkan tangan dari kelelahan yang disebabkan oleh spons. Untuk panci dengan bekas terbakar di bagian bawah, rendam dalam garam dan air dingin semalam, lalu siram rebusan air untuk menghilangkan kotoran.

4. Gunakan Baking Soda untuk Melarutkan Lemak

Sumber Gambar: 4.bp.blogspot .com

Apabila kamu kesulitan membersihkan piring atau peralatan masak seperti panci dengan lemak membandel, kamu bisa menggunakan baking soda untuk mengatasinya. Lapisi panci yang lengket dan berminyak tersebut dengan satu sendok makan baking soda, dan tutup bagian bawahnya dengan air.

Setelah mendiamkannya sebentar, bilas dan gosok dengan air bersih, maka lemak yang menempel akan hilang. Penggunaan baking soda akan memudahkan mengusir noda dan lemak yang menempel dibandingkan harus menggosok-gosoknya. Penggunaan baking soda untuk mencuci peralatan masak akan membuat waktu mencuci lebih sedikit.

5. Jangan Menumpuk Piring Kotor di Wastafel

Sumber Gambar: cdns.klimg .com

Jangan simpan dan tumpuk piring kotor di wastafel. Sebaiknya tinggalkan piring di samping wastafel bukan di dalamnya. Wastafel harus benar-benar kosong dan terbuka sehingga dapat digunakan untuk mencuci. Menumpuk piring kotor di wastafel hanya akan membuat proses mencuci menjadi lebih lama.

Baca juga: Jeans Ketumpahan Minyak, Begini Cara Membersihkannya!

Sumber Gambar: bhinneka .com

Sebaiknya gunakan air mengalir untuk mencuci piring terutama untuk membilasnya setelah selesai dicuci. Pastikan ketersediaan air di rumah tetap terjaga untuk menjalankan berbagai aktivitas seperti mencuci piring.

Gunakan pompa air Shimizu PS-135 E yang dapat menjaga pasokan air di rumah tetap tersedia. Shimizu PS-135 E memiliki daya dorong maksimal 33 meter dengan mampu menyediakan maksimal 28 liter air per menit pada head 5 meter.

Shimizu PS-135 E tentu dapat diandalkan sebab mampu menghisap dan mendorong air secara kuat sehingga air dapat mengalir tanpa tersendat, hingga dapat dialirkan ke beberapa titik air seperti kamar mandi dan wastafel. Jadi, ayo gunakan pompa air Shimizu! Shimizu, Bintangnya Pompa Air!

Sumber featured image: rimma .co

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password