Cermati 4 Hal Berikut Ini Jika Ingin Mencuci Pakaian Si Kecil dengan Aman

4 Tips Mencuci Baju Bayi yang Harus Diperhatikan

Ohayo.co.id – Memiliki anak adalah hal yang paling menggembirakan bagi pasangan yang telah menikah. Anak menjadi pelengkap dalam sebuah hubungan keluarga karena dapat menjadi penerus kehidupan bagi generasi-generasi yang akan datang.

Namun ada yang harus dipersiapkan dalam merawat si kecil. Salah satunya adalah menyediakan pakaian yang bersih. Sebaiknya sediakan pakaian dalam jumlah yang cukup. Namun selain memperhatikan jumlah yang cukup, pakaian-pakaian tersebut juga harus dicuci.

Ketika menyambut kelahiran si buah hati, maka perlu lebih berhati-hati kerena kondisinya yang masih rapuh. Hal ini dikarenakan selain bayi belum cukup mampu merawat dan menjaga dirinya sendiri, kulitnya juga lebih sensitif. Maka tentu menjadi satu hal yang lumrah jika orang tua harus bekerja lebih ektra dalam memberikan perhatian.

Karena baju yang dipakai dapat mempengaruhi kulit si kecil secara langsung, berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencuci baju bayi. Apa saja ya kira-kira?

4 Tips Mencuci Baju Bayi yang Harus Diperhatikan

1. Pilih Sabun Cuci Khusus

Pilih Sabun Cuci Khusus - 4 Tips Mencuci Baju Bayi yang Harus Diperhatikan

Sumber gambar : www.videoblocks .com

Yang pertama kali harus diperhatikan saat mencuci baju bayi yakni pemilihan sabun cuci yang digunakan khusus untuk pakaian. Kulit bayi sangat sensitif sehingga perlu menghindari penggunaan sabun cuci yang justru dapat membuat penyakit kulit muncul seperti alergi dan eksim.

Untuk mengatasi hal ini, disarankan menggunakan sabun cair yang kandungannya dapat dengan mudah dihilangkan. Hal ini harapannya dapat mengurangi risiko iritasi pada kulit bayi. Selain itu, hindari juga penggunaan sabun cuci yang memiliki bahan pelembut karena berisiko membuat kulit bayi iritasi.

2. Cermati Bahan Baju Si Kecil

Cermati Bahan Baju Si Kecil - 4 Tips Mencuci Baju Bayi yang Harus Diperhatikan

Sumber gambar : www.pequetuxo .com.br

Sebelum mencuci baju bayi, jangan lupa periksa jenis bahan yang dibuat untuk baju tersebut. Ketika menggunakan mesin cuci, harus diketahui apakah baju bayi tersebut dapat dicuci menggunakan mesin cuci atau justru sebaliknya. Jika tidak, sebaiknya jangan dilakukan karena justru dapat merusak  baju yang malah akan tidak nyaman jika dipakai si kecil.

Baca juga : Rekomendasi Selimut Bayi Rug House Agar Si Kecil Terlelap Lebih Aman dan Nyaman

3. Periksa Suhu Air dan Pisahkan dengan Popok Si Kecil

Periksa Suhu Air dan Pisahkan dengan Popok Si Kecil - 4 Tips Mencuci Baju Bayi yang Harus Diperhatikan

Sumber gambar : www.g2e .me

Saat mencuci baju si kecil, suhu air juga harus diperhatikan. Selain itu, popok yang dicuci juga harus dipisahkan dan hindarkan dari sabun cuci atau pewangi yang mengandung bahan kimia keras. Sebaiknya gunakan sabun cuci yang lembut dan ramah bagi kulit si kecil. Bilas sebanyak dua kali untuk memastikan sisa sabun benar-benar menghilang.

Terkait soal suhu air, baju bayi dapat dicuci menggunakan air yang memiliki suhu tinggi yang berkisar 30 hingga 40 derajat celcius. Namun jika tidak memungkinkan, Anda dapat menggunakan air dengan suhu yang biasa saja. Suhu air sedang dan panas sama-sama dapat menghilangkan kotoran di baju si kecil.

4. Merendam Pakaian Si Kecil

Merendam Pakaian Si Kecil - 4 Tips Mencuci Baju Bayi yang Harus Diperhatikan

Sumber gambar : irinenadia.blogspot .com

Noda yang menempel pada pakaian si kecil ada bermacam-macam mulai dari noda susu, muntahan, makanan, hingga jajanan yang dikonsumsi. Biasanya, untuk menghilangkan noda tersebut dapat dilakukan dengan langsung mencucinya.

Akan tetapi, jika sudah terlanjur menempel lama, pakaian si kecil dapat direndam dalam air campuran sabun cuci cukup lama. Jika ingin lebih praktis, gunakan sabun yang memang khusus dibuat untuk menghilangkan noda dengan lebih efektif. Tapi ingat, jangan sampai membuat kulit bayi menjadi iritasi akibat kandungan kimia yang ada ya.

Selain memperhatikan sabun cuci yang dipakai untuk membersihkan pakaian si kecil, ketersediaan pasokan air bersih juga jangan lupa diperhatikan. Air kotor dan bahkan berbau tentu tidak pantas dipakai untuk mencuci pakaian, apalagi bagi buah hati Anda.

Baca juga : Mengenal Jenis Gendongan Bayi, Para Bunda Harus Tahu Ini!

Gunakan pompa air Shimizu yang sudah terkenal handal menyediakan air bersih bagi masyarakat Indonesia. Shimizu mengantongi beragam sertifikat yang menjamin bahwa produk pompa air yang mereka keluarkan terbukti berkualitas dan aman digunakan.

Shimizu PS-121 BIT - 4 Tips Mencuci Baju Bayi yang Harus Diperhatikan

Sumber gambar : www.shimizu.co.id

Shimizu merupakan merek pompa air yang sudah berumur cukup panjang yakni sekitar 30 tahun. Produk yang dihasilkan sudah bermacam-macam. Salah satu seri andalan yakni PS-121 BIT yang memiliki head 23 meter dengan mampu menyediakan air bersih sebanyak 10 liter per menit.

Tidak hanya bagi kegiatan mencuci pakaian si kecil, dengan kapasitas yang mampu menyediakan air sebanyak ini, aktivitas yang membutuhkan air lainnya juga dapat terakomodasi. Shimizu, Bintangnya Pompa Air!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password