Tips Memilih Makanan Sehat Saat Sahur dan Berbuka

Tips Memilih Makanan Sehat Saat Sahur dan Berbuka

Ohayo.co.id – Banyak orang di bulan Ramadan mengabaikan makanan sehat dan memilih makanan yang mengenyangkan saat berbuka dan makan sahur. Padahal bulan Ramadan bisa dijadikan latihan membiasakan diri untuk pola makan sehat. Selama satu bulan pencernaan akan “dibersihkan” secara total dan Anda bisa mulai memasukkan makanan sehat ke dalam tubuh. Untuk itu, kita harus cerdas memilih makanan apa yang baik dimasukkan ke dalam tubuh.

Tips Memilih Makanan Sehat Saat Sahur dan Berbuka

Adapun jenis makanan yang sebaiknya dihindari selama puasa, adalah sebagai berikut.

  • Makanan dengan olahan yang berat dengan kandungan karbohidrat yang sudah terproses (contoh: gula dan tepung putih)
  • Makanan berlemak (terutama manisan dan santan)
  • Minuman berkafein, kopi, dan minuman bersoda. Jika minuman berkafein dikonsumsi saat sahur, akan memicu hilangnya cairan tubuh.
  • Agar lambung tidak terkejut, sebaiknya mengonsumsi makanan yang manis dan hangat terlebih dahulu.

 

Sedangkan makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama sahur dan berbuka antara lain.

1. Aneka Sayuran Hijau dan Berwarna

Tips Memilih Makanan Sehat Saat Sahur dan Berbuka

Sebenarnya, mengonsumsi berbagai jenis sayur disarankan untuk kesehatan tubuh Anda. Akan tetapi, ada tiga jenis sayuran yang mudah ditemukan dan bagus untuk tubuh yang bisa Anda konsumsi di bulan puasa. Tiga sayuran tersebut yaitu bayam, wortel, dan brokoli. Sayuran ini mengandung antioksidan tinggi dan vitamin B yang baik untuk kesehatan, termasuk pencernaan Anda. Selain itu, sayuran ini dapat diolah menjadi tumisan, jus, hingga salad.

Baca Juga : Kurma Baik Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa, Ini Alasannya!

2. Daging Merah dan Ikan-ikanan

Tips Memilih Makanan Sehat Saat Sahur dan Berbuka

Sebagai sumber protein, konsumsi daging merah dan ikan selama bulan puasa sangat disarankan. Selain sebagai sumber protein, makanan berprotein ini juga membantu memperbaiki dan membentuk jaringan tubuh, serta membangun sistem kekebalan tubuh Anda. Akan tetapi, Anda tetap harus mengontrol jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh dengan memilih daging yang tidak terlalu berlemak.

3. Susu dan Produk Susu Lainnya

Tips Memilih Makanan Sehat Saat Sahur dan Berbuka

Sebagai sumber kalsium yang baik, susu mempunyai banyak manfaat. Mulai dari menurunkan risiko tekanan darah tinggi karena kalsium bisa mencegah penggumpalan darah, memperlancar penyampaian impuls syaraf, menstabilkan detak jantung, serta menguatkan tulang tubuh. Jika Anda alergi terhadap susu laktosa, Anda dapat memilih susu kedelai yang diperkaya kalsium.

Baca Juga : Makan Sahur Terburu – Buru? Ini Dampaknya yang Harus Anda Tahu

4. Whole Wheat Products

Tips Memilih Makanan Sehat Saat Sahur dan Berbuka

Jenis makanan ini merupakan makanan yang kaya akan selenium. Whole wheat product berperan memperbaiki dan meregenerasi sel-sel kulit. Produk-produk whole wheat dapat dinikmati dalam bentuk roti atau sereal.

5. Buah-buahan

Tips Memilih Makanan Sehat Saat Sahur dan Berbuka

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa buah-buahan memberi dampak besar bagi kesehatan tubuh. Buah-buahan mengandung berbagai vitamin, baik dalam bentuk vitamin maupun mineral.   Diantaranya adalah vitamin C seperti jambu, jeruk, apel, nanas, semangka, melon yang dapat membantu metabolisme dan memperkuat daya tahan tubuh.

Sekalipun kita sangat selektif dalam memilih menu sahur dan berbuka, tidak jarang juga kita ‘‘khilaf’’ dalam memilih makanan yang sehat dan seimbang. Bisa saja kita sudah memiliki makanan yang bernutrisi, tetapi kurang tepat dikonsumsi saat puasa. Padahal kita harus melakukan aktivitas yang membutuhkan kerja otak.

Masalah ini dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung DHA dan EPA saat sahur. DHA dan EPA akan membantu Anda menjaga daya konsentrasi. Anda juga membutuhkan omega 3, 6, 9, dan vitamin E untuk menunjang daya tahan tubuh dan kesehatan kulit juga rambut. Kesehatan kulit kerap terlupakan untuk diperhatikan di bulan puasa, sehingga kulit Anda terlihat lebih kusam dan layu.

Cara praktis untuk mengatasi kebutuhan tubuh tersebut adalah dengan mengonsumsi suplemen makanan. Suplemen Omepros adalah pilihan yang tepat karena memiliki kandungan kandungan DHA dan EPA nya membantu menjaga daya konsentrasi dan kerja otak. Omepros juga menyimpan nutrisi omega 3, 6, 9, dan vitamin E di tiap kapsulnya. Dengan begitu, kita dapat melakukan aktivitas berpikir dengan baik di bulan puasa.

Omepros, Balancing Your Life!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password