Tips Memilih Aki Motor yang Paling Sesuai dengan Kendaraan Kesayanganmu

Ohayo.co.id – Aki motor adalah salah satu onderdil yang bisa dibilang memiliki peranan yang cukup penting sekali. Tanpa aki motor yang sesuai, maka bisa dipastikan motor kesayangan Anda tersebut akan susah nyala, dan bahkan bisa alami kerusakan.  Sebab untuk memilih aki motor bukanlah perkara yang mudah, melalui artikel kali ini kami sudah siapkan beberapa tips memilih aki motor yang paling sesuai dengan kendaraan Anda. Silakan di simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Tips Memilih Aki Motor yang Paling Sesuai dengan Kendaraan Kesayanganmu

Periksa dimensi dan aki motor incaranmu

Tips Menemukan Aki Motor yang Paling Sesuai dengan Kendaraan Kesayanganmu

Tips pertama yang harus Anda perhatikan dan lakukan pada saat ingin memilih aki motor, yang paling sesuai dengan kendaraan kesayangan adalah memastikan ukuran ruang aki pada motor Anda. Apabila aki yang ingin dibeli memiliki ukuran cukup lebar dan tinggi, maka aki tersebut pastinya tidak akan bisa dipasang pada motor Anda. Jika Anda tetap memaksa memasang aki yang terlalu lebar dan tinggi tersebut, maka baterai motor akan terancam rusak dan bahkan korslet dalam perjalanan. Sebaiknya Anda menggunakan aki motor dengan ukuran lebih kecil dari ruangan yang tersedia. Tetapi agar lebih amannya lagi jika Anda mencari aki motor dengan ukuran pas. Oleh sebab itu, mengetahui dimensi ruang aki motor jadi hal paling penting dan utama untuk dilakukan.

Baca juga : Daftar Aksesoris Motor yang Paling Banyak Dicari Pecinta Motor

Memastikan aki motor bisa sediakan listrik yang memadai

Tips Menemukan Aki Motor yang Paling Sesuai dengan Kendaraan Kesayanganmu

Tidak hanya berperan menyalakan lampu, klakson, dan juga beragam indikator, ternyata aki motor ini juga memiliki peranan yang cukup penting sekali dalam menyalakan mesin. Satu hal yang harus diingat adalah tidak semua jenis aki motor akan cocok untuk menyalakan mesin motor yang Anda miliki. Selain itu juga ada beberapa hal yang harus Anda ingat di sini, yakni memeriksa kebutuhan listrik motor Anda dan memilih aki motor dengan voltase yang sesuai. Hal lainnya yang harus diingat adalah motor yang usianya sudah cukup tua kemungkinan besar lebih sulit lagi dinyalakan, serta butuh voltase yang lebih tinggi lagi dari seharusnya.

Memeriksa fitur yang sesuai dengan kebutuhan

Tips Menemukan Aki Motor yang Paling Sesuai dengan Kendaraan Kesayanganmu

Pada saat memilih aki motor, tidak hanya berbicara mengenai dimensi dan kapasitas listriknya saja. Aki motor juga memiliki sistem serta fitur yang berbeda-beda. Selain aki konvensional yang harus secara rutin dirawat, ada pula beberapa jenis aki motor yang tidak perlu perawatan rutin. Salah satu jenis aki motor yang tidak perlu banyak perawatan adalah aki dengan jenis gel. Aki jenis ini menggantikan air dengan gel sebagai elektrolit serta lebih terjamin tidak akan bocor. Tidak hanya itu saja, aki dengan jenis AGM atau Absorbent Glass Mat juga memberikan jaminan 100 persen anti tumpah, sebab punya lapisan yang menyerap elektrolit.

Baca juga : Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Ban Motor untuk Musim Penghujan

Nah, itulah tadi beberapa tips memilih aki motor yang paling sesuai dengan kendaraa kesayangan Anda. Sebab pentingnya aki untuk keberlangsungan usia atau umur motor, maka pastikan Anda sudah memilih aki motor yang paling sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda memang kerap kali tidak memiliki waktu untuk melakukan perawatan aki, maka lebih baik Anda memilih aki dengan jenis gel atau AGM.

Jika berbicara mengenai aki motor yang paling sesuai dengan kendaraan kesayangan, Anda pasti bisa membelinya melalui aplikasi kredit online terbaik AKULAKU. Di aplikasi AKULAKU tersebut Anda bisa membeli suku cadang motor dengan DP hingga 0% dan dengan tenor mulai dari 1 bulan sampai 12 bulan.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password