Ini Dia 3 Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli UPS Enlight

Ini Dia 3 Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli UPS Enlight

Ohayo.co.id – Apabila Anda saat ini sedang mencari produk elektronik dengan kualitas bagus, maka Anda harus teliti lagi dalam memilihnya. Tak perlu khawatir jika harganya cukup mahal, sebab dengan AKULAKU Anda sekarang sudah bisa membelinya via cicilan tanpa kartu kredit. Bahkan Anda juga memiliki kesempatan untuk dapatkan voucher belanja total sebesar Rp 700 ribu rupiah. Caranya adalah dengan memanfaatkan kode voucher “AIDIA 1” ini.

Hal yang sama berlaku pada saat Anda akan membeli UPS Enlight, aksesoris PC atau komputer satu ini berguna sebagai cadangan listrik bagi PC atau komputer pada saat listrik mendadak mati. Dengan banyaknya pilihan, maka ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Apa saja itu?

Ini Dia 3 Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli UPS Enlight

Daya yang dibutuhkan

Ini Dia 3 Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli UPS Enlight

Selain membelinya via AKULAKU, jika Anda memang berencana untuk menghemat budget, maka Anda harus perkirakan atau pun ukur berapa besarnya daya UPS Enlight yang Anda butuhkan. Biasanya, daya minimum yang dibutuhkan oleh UPS adalah daya yang bisa menjadikan PC atau komputer juga modem Anda tetap online. Jika daya UPS yang akan Anda beli tak mampu untuk melakukan hal tersebut, maka bisa dipastikan tak layak banget untuk Anda pertimbangkan.

Perlu Anda tahu nih bahwa satuan hitung yang biasanya dipergunakan dalam UPS adalah VA. Yang mana semakin besarnya VA yang dimiliki oleh UPS, maka akan semakin besar pula kemampuan UPS tersebut untuk bisa buat PC atau komputer digunakan lebih lama. Lantas, bagaimana cara untuk bisa ketahui besaran VA yang Anda butuhkan? Setidaknya ada 2 hal yang harus Anda pertimbangkan di sini, yakni spesifikasi PC atau komputer Anda dan perangkat tambahan lainnya yang akan disambungkan ke UPS.

Khususnya untuk spesifikasi komputer, banyak hal lainnya yang harus Anda periksa, salah satunya adalah prosesor. Semakin kencangnya prosesor yang digunakan, maka akan semakin besar pula daya UPS yang dibutuhkan. Jumlah hardisk, ukuran layar monitor, dan juga jumlah slot PCI yang biasanya berupa kartu LAN maupun grafis pastinya harus banget Anda pertimbangkan untuk bisa memilih UPS yang paling tepat dan dibutuhkan.

Baca juga : Review UPS ICA CN1300 650W dan UPS ICA CP1400 700W, Kamu Pilih Mana?

Jenis-jenis UPS

Ini Dia 3 Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli UPS Enlight

Biasanya, UPS sendiri terdiri atas 2 jenis, yakni UPS Standby dan UPS Line Interactive. Kira – kira apa sih yang membedakan keduanya? UPS Standby ini adalah jenis UPS yang paling sering dijumpai, fungsinya sebagai cadangan listrik yang nanti akan aktif ketika listrik mendadak padam. Sementara itu untuk UPS Line Interactive sendiri memiliki fungsi sama, tetapi dilengkapi dengan fitur tambahan, yakni jadi stabilizer untuk listrik.

Jika dilihat berdasarkan fungsinya, UPS Line Interactive jauh lebih baik. UPS dengan jenis tersebut bahkan lebih banyak digunakan di Indonesia, mengingat tegangan listriknya yang tak stabil sehingga bisa sebabkan kerusakan pada PC atau komputer.

Fitur dan baterai

Ini Dia 3 Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli UPS Enlight

Khususnya untuk fitur, semakin baik dan lengkap sebuah fitur yang dimiliki oleh UPS, maka akan semakin besar pula budget yang harus Anda keluarkan. So, apabila memiliki budget terbatas, Anda bisa pilih UPS yang tawarkan fitur sederhana tetapi tetap berguna untuk memenuhi kebutuhan Anda. Ya, paling tidak ada beberapa fitur dasar yang dibenamkan di dalamnya, seperti mendukung OS, layar, kabel filter, jumlah outlet on battery, dan juga off battery-nya harus tersedia.

Baca juga : Cara Efektif Mengembalikan File yang Terhapus di PC atau Komputer

Sementara itu untuk baterainya sendiri, ada baiknya Anda memilih UPS Enlight yang sudah dilengkapi dengan baterai tahan lama apabila Anda memang ingin menghemat biaya. Biasanya baterai UPS bisa bertahan hingga 5 tahun.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang 3 hal penting yang harus dipertimbangkan saat membeli UPS Enlight. Semoga bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password