Berminat Pakai Kampas Rem Aftermarket? Simak Tips Ini Sebelum Membeli

Ohayo.co.id – Pergantian kamas rem pada kendaraan memang harus dilakukan setelah mencapai jarak tempuh tertentu, atau jika ketebalannya terlihat sudah mulai menipis. Sebab, kampas rem adalah salah satu komponen yang memiliki peranan cukup penting sekali di sektor pengeraman untuk hentikan laju kendaraan. Jika dibiarkan, maka performa pengeraman akan alami penurunan dan yang demikian ini tentu saja juga bisa menimbulkan bahaya. Bahkan saking pentingnya fungsi dari rem sebagai faktor keselamatan, tidak sedikit pengguna mobil yang coba beralih untuk  menggantikan standarnya dengan kampas rem aftermarket.

Jika dibandingkan dengan kampas rem standar, beberapa produk aftermarket ini janjikan performa pengeraman yang jauh lebih baik sebab, menggunakan material atau bahan yang lebih berkualitas. Jika Anda berminat untuk menggunakan kampas rem aftermarket, silakan simak tips ini terlebih dulu sebelum membelinya.

Tips Membeli Kampas Rem Aftermarket

Material atau bahan yang digunakan

Berminat Pakai Kampas Rem Aftermarket? Simak Tips Ini Sebelum Membeli

Untuk dapatkan performa rem yang lebih baik, penggunaan kampas rem aftermarket sebaiknya memperhatikan material atau bahan yang digunakan. Jika dibandingkan dengan kampas rem standar, beberapa jenis kampas rem aftermarket sudah menawarkan penggunaan kandungan bahan keramik dan juga karbon. Tak hanya itu, kampas rem aftermarket ini juga pakai kandungan bahan kevlar. Sehingga performa pengereman yang dihasilkan pun jadi meningkat dibandingkan standarnya.

Tapi di sisi lain, harga yang harus Anda bayar juga lebih mahal. Namun tak perlu khawatirkan hal tersebut, sebab sekarang Anda sudah bisa membelinya dengan cicilan via AKULAKU. Bahkan tak hanya itu, untuk lebih menghemat budget yang harus Anda keluarkan, Anda bisa pakai kode voucher “AIDIA 1” dan dapatkan voucher belanjanya senilai Rp 700 ribu rupiah. Tak hanya kampas rem saja, tetapi di AKULAKU ini Anda juga bisa melakukan cicilan tanpa kartu kredit semua barang – barang yang Anda butuhkan.

Baca juga : Daftar Merek Ban Motor Anti Licin Terbaik yang Paling Direkomendasikan

Menghindari kampas rem kompetisi

Berminat Pakai Kampas Rem Aftermarket? Simak Tips Ini Sebelum Membeli

Kadang kalanya orang berpikiran bahwa penggunaan part kompetisi ini akan berikan performa yang jauh lebih baik lagi saat dipasangkan di kendaraan harian. Padahal yang demikian tersebut tak sepenuhnya benar, sebab ada beberapa part kompetisi yang sangat tidak disarankan untuk kendaraan harian. Salah satunya kampas rem ini. Bukan tanpa alasan, sebab kampas rem kompetisi punya suhu optimal pengeerman yang terbilang tinggi. Kampas rem kompetisi baru akan beroperasi pada suhu 100 – 500 derajat celcius.

Lalu pada saat suhu tersebut tak tercapai, maka performa pengeraman malah alami penurunan sehingga bisa sangat membahayakan pengemudi. Bandingkan saja dengan suhu optimal yang memang disarankan untuk kampas rem di mobil harian yang hanya berkisar antara -18 derajat celcius hingga 150 derajat celcius. Jadi, ketika memilih kampas rem aftermarket sebaiknya menghindari yang ditujukan khusus untuk kompetisi.

Baca juga : Ketahui Dampak Bahaya Rem Motor Bunyi

Koefisiensi gesekan

Berminat Pakai Kampas Rem Aftermarket? Simak Tips Ini Sebelum Membeli

Tips terakhir yang harus Anda perhatikan sebelum membeli kampas rem aftermarket untuk mobil kesayangan adalah koefisien gesekan pada kemampuan kampas rem aftermarket yang ingin dipakai. Agar lebih jelasnya lagi, di bawah ini adalah standar koefisien gesekan pada kampas rem yang harus Anda tahu.

  • E = 0.25 – 0.35
  • F = 0.35 – 0.45
  • G = 0.45 – 0.55
  • H> 0.55

Umumnya kampas rem mobil pakai koefisien FF, yang berartib F di kondisi dingin dan F-nya lagi di kondisi panas. Sementara itu koefisien GG sendiri biasanya ada pada kampas resmi jenis kompetisi. Namun demikian ada pula kampas rem harian yang membawa koefisien FG.

Demikian tadi informasi yang bisa kami bagikan tentang tips sebelum membeli kampas rem aftermarket yang harus Anda tahu. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password