Tips Melatih Anak Untuk Merawat Penampilan Semenjak Dini!

tips melatih anak untuk merawat penampilan

Ohayo.co.id – Cara berpenampilan dan merawat diri sangat penting untuk dipahami seseorang semenjak dini agar menjadi kebiasaan. Sayangnya hal ini kerap dilupakan karena orang-orang terbiasa fokus pada pendidikan karakter dan soft skill. Padahal penampilan akan sangat berpengaruh pada impresi seseorang ketika mengenal kita pertama kali. Orang bilang manners makes man, but outfit is what makes you a gentleman.

Menanamkan pemahaman akan pentingnya menjaga penampilan bisa kita lakukan kepada anak kita. Walaupun masih kecil dan berada pada usia bermain, kita harus mengajari anak kita caranya menjaga penampilannya. Hal ini sebenarnya penting juga karena anak kecil sudah berinteraksi secara sosial dengan teman sebaya. Penampilan yang baik juga akan membantu anak untuk dapat bersosialisasi dengan teman-temannya.

Itulah alasan kenapa kita perlu mendidik anak agar dapat merawat penampilan. Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

 

1. Mulailah Dari Merawat Tubuh Sendiri

Biasakan anak untuk memperhatikan kebersihan tubuhnya mulai dari ujung kaki sampai ujung kepala. Termasuk juga membersihkan area mulut seperti gigi dengan menggosoknya secara rutin agar terbebas dari plak dan karang gigi. Lakukan hal ini agar anak anda memiliki gigi yang sehat.

Bagian tubuh lainnya yang harus dijaga adalah rambut. Ajari si kecil cara memakai shampoo dengan mengenalkannya pada shampoo khusus anak. Anda bisa mencoba untuk mandi bersama dan mengajari si kecil urutan menggunakan shampoo yang baik dan benar. Suruh dia melakukan ini setidaknya 3 hari sekali agar segera terbiasa.

Bagian tubuh terakhir yang perlu diperhatikan adalah membersihkan badannya sendiri. Terutama membersihkan area lipatan kulit seperti ketiak karena area tersebut kerap jadi tempat bersarangnya kuman yang mengakibatkan bau badan. Selain itu, anak juga perlu tahu tentang masalah kulit seperti jerawat, komedo dan lain lain. Ini penting karena masalah-masalah tersebut akan berpengaruh ketika anak mulai beranjak dewasa pada kepercayaan dirinya.

Baca juga: Hal Positif yang Didapat Saat Anak Bermain dengan Teman Sebayanya

 

2. Ajari Cara Dia Memakai Pakaian dan Sepatu yang Benar

 

Salah satu hal yang perlu Anda ajarkan kepada anak adalah bagaimana cara berpakaian. Hal ini menyangkut cara dia memakai baju, pakaian dalam, celana, jaket dan berbagai jenis pakaian lainnya. Sebagai awalan, mungkin Anda bisa mulai dari mengajarkan anak untuk memakai baju sekolah dengan rapi dan menatanya bila sudah tidak digunakan.

Selain itu, ajarkan juga cara dia memakai sepatu yang benar ketika dia ingin pergi sekolah. Beri dia sepatu yang bertali juga agar dia belajar membuat tali yang benar sampai tidak mudah lepas. Cara ini juga berguna untuk melatih kemandirian anak.

Baca juga: 4 Bumbu Dapur yang Diklaim Ampuh Jadi Obat Saat Anak Sakit

 

3. Ajari Dia Merias Diri

Anak Anda juga perlu diajarkan caranya merias diri agar dapat beradaptasi dengan cepat di lingkungan orang dewasa. Cara merias diri dapat diawali dari memperhatikan keadaan rambutnya terlebih dahulu. Ajari dia caranya menyisir rambutnya dengan benar. Kalau lebih mau modis lagi, ajari dia menggunakan aksesoris seperti jam tangan, topi, perhiasan, dan sebagainya. Buat dia tahu caranya menjadi tampil mempesona di lingkungannya.

Itulah tips tips praktis yang bisa anda lakukan untuk mengajari cara berpenampilan pada anak Anda. Salah satu hal yang penting dalam penampilan adalah merawat diri dengan mandi atau membilas tubuh. Untuk melakukan hal itu, Anda membutuhkan suplai air bersih. Gunakan pompa air Shimizu untuk mendapatkan suplai air bersih agar kebutuhan air keluarga Anda dapat terjaga.

Salah satu pompa air yang sering direkomendasikan adalah Shimizu SP-321 BIT yang termasuk dalam kategori pompa air submersible. Shimizu SP-321 BIT memiliki kekuatan sebesar 0.75 tenaga kuda dengan panjang head mencapai 91 meter. Shimizu, Sedotannya Kuaaaaaaaat, Semburannya Kuencenggg!!!!

Sumber gambar: prod.nottinghampost, akronohiomoms, mountcarmelfirstschool, lifestylepubs.wordpress.s3

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password