Tips Liburan Saat Hamil Agar Kesehatan Ibu dan Janin Tetap Terjaga

Tips Liburan Saat Hamil Agar Kesehatan Ibu dan Janin Tetap Terjaga - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Berlibur merupakan suatu hal yang menyenangkan yang menjadi pilihan tepat saat penat dengan aktivitas sehari-hari. Lalu, bagaimana jika berlibur dalam kondisi hamil? Tentunya akan membutuhkan persiapan yang ekstra. Misalnya makanan dan minuman yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Ibu hamil memang dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman sehat supaya nutrisi tetap terpenuhi. Namun, jika berlibur kadang membuat kita jadi ingin mencicipi berbagai makanan atau minuman tanpa tahu kandungan yang ada didalamnya. Hal tersebut pastinya akan mudah mempengaruhi kesehatan janin dan calon ibu.

Nah, berikut ini adalah tips liburan saat hamil agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Tips Liburan Saat Hamil Agar Kesehatan Ibu dan Janin Tetap Terjaga

Berikut adalah Tips Liburan Saat Hamil Agar Kesehatan Ibu dan Janin Tetap Terjaga, antara lain :

1. Mengkonsumsi Makanan Sehat selama Liburan

Tips Liburan Saat Hamil Agar Kesehatan Ibu dan Janin Tetap Terjaga - Ohayo.co.id

Tips liburan saat hamil yang pertama adalah mengkonsumsi makanan sehat. Beragam makanan enak memang mudah ditemukan saat sedang liburan tapi semua itu kadang belum tentu sehat. Makanan sehat sangat dibutuhkan untuk membantu menjaga kesehatan ibu dan janin.

Makan salad atau buah segar dapat menjadi pilihan yang tepat saat bepergian. Buah dan salad ini akan membantu memenuhi asupan mineral, vitamin dan serat. Selain itu, rasanya enak dan menyegarkan. Sebaiknya sebelum mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran untuk mencucinya terlebih dahulu, mencuci berkali-kali lebih baik jika merasa tidak yakin dengan kebersihannya.

Jika berlibur di daerah laut, ikan segar biasanya akan dengan mudah ditemukan. Ikan mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan ibu dan janin serta rasanya yang enak.  Namun, konsumsi ikan ini juga perlu dibatasi paling tidak 2 porsi per minggu.

Baca juga : Amankah Ibu Hamil Pergi Liburan?

2. Mengkonsumsi minuman yang Sehat

Tips Liburan Saat Hamil Agar Kesehatan Ibu dan Janin Tetap Terjaga - Ohayo.co.id

Tips liburan saat hamil selanjutnya yaitu mengkonsumsi minuman yang sehat. Bagi orang dewasa memang disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas sehari atau setara dengan kurang lebih 1,6 liter. Takaran tersebut bisa lebih banyak jika kita sedang berlibur di daerah yang cukup panas.

Anda dapat memilih air kemasan dalam botol, jika merasa tidak yakin dengan kualitas air di tempat tersebut. Pastikan kemasan tersegel dengan baik. Minum sari buah juga masih diperbolehkan, hindari mengkonsumsi sari buah lokal yang dibuat dengan air keran.

Pada saat makan malam, biasanya akan menyediakan minuman beralkohol. Anda dapat memilih mocktail atau cocktail non-alkohol yang menyegarkan. Pilihlah restoran, hotel atau bar yang memang memiliki standar kebersihan yang baik. Mengkonsumsi minuman beralkohol ini diketahui bisa mengurangi cairan tubuh. Namun, minum bir atau wine sesekali  masih diperbolehkan.

Meminum teh dan kopi juga dapat membantu menambah asupan cairan setiap hari, meskipun dapat membuat buang air kecil jadi lebih sering. Membatasi kafein sebanyak 200 mg sangat disarankan.

Baca juga : Ibu Hamil Tak Boleh Nyetir? Ketahui Alasannya di Sini!

3. Membawa Makanan Sendiri Ketika Berlibur

Tips Liburan Saat Hamil Agar Kesehatan Ibu dan Janin Tetap Terjaga - Ohayo.co.id

Tips liburan saat hamil yang terakhir adalah membawa makanan sendiri ketika berlibur. Anda dapat membawa beberapa makanan ringan seperti kismis, kacang-kacangan, buah kering, biskuit gandum maupun cereal bar. Selain makanan terjaga kesehatannya, Anda juga bisa dengan bebas mengkonsumsi makanan ringan tersebut.

Anda dapat mengkonsumsi buffet saat sarapan di hotel bisa menjadi pilihan yang bagus, karena biasanya di hotel yang menawarkan makanan seperti roti, yogurt, sereal gandum, buah-buahan segar maupun kering.

Demikian ulasan mengenai tips liburan saat hamil agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga. Sehat selalu!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password