Mau Liburan Bersama Keluarga? Beberapa Tips Di Bawah Ini Bisa Jadi Pilihan, Yuk Disimak!

tips liburan bersama keluarga

Ohayo.co.id – Liburan bersama keluarga tidak melulu diisi dengan bepergian ke tempat-tempat wisata saja lho, momen liburan juga bisa dimanfaatkan oleh orang tua untuk mendidik anaknya guna memenuhi perkembangan segala aspek, baik itu secara emosional, kecerdasan, maupun membentuk karakter si anak sendiri. Nah kira-kira hal menarik apa yang bisa dilakukan, ya?

 

1. Pergi Ke Museum atau Kebun Binatang

Mengisi liburan sembari belajar tidak ada salahnya, bukan? Salah satu pilihan tempat untuk berlibur sekaligus bersifat edukatif adalah Museum dan Kebun Binatang sebagai tujuan mengisi waktu liburan. Selain tiket masuknya yang tidak terlalu mahal, keduanya dengan mudah ditemui terutama di kota-kota besar.

Selain itu, biasanya seorang anak juga masih memiliki apresiasi yang tinggi terhadap hal-hal yang jarang ditemui dalam kehidupannya sehari-hari. Dengan pergi ke museum dan melihat cerita serta sejarah yang terkandung di dalamnya tentunya semakin menumbuhkan jiwa nasionalismenya.

Begitu pula dengan pergi ke kebun binatang, sekaligus dapat mengajarkan anak-anak untuk lebih peduli lingkungan dan menyayangi alam sekitar terutama hewan-hewan yang jarang ditemui.

Baca juga: Liburan ke Aceh, Jangan Lupa Cicipi 5 Kuliner Aceh Ini

 

2. Biasakan Membaca

Membaca bukanlah merupakan kewajiban semata, namun juga merupakan budaya yang sebaiknya diterapkan sejak usia dini. Dengan adanya waktu luang saat liburan tiba tak ada salahnya membiasakan anak membaca beberapa buku yang menarik baginya dalam satu hari, dengan tema yang berbeda-beda setiap harinya. Meskipun tidak keluar rumah, bukan berarti liburan terasa bosan, kan?

 

3. Asah Kreativitas Dengan Kegiatan Rumah

Selain bepergian keluar rumah, Anda juga bisa mengajak anak-anak untuk mengisi liburan dengan mengasah kreativitas mereka. Seperti misalnya membuat kue atau belajar berkebun. Selain sehat, hal tersebut juga baik untuk melatih motorik mereka agar terjalin keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri.

Misalnya saat membuat kue atau berkebun, berikan peran kepada anak Anda untuk ikut terlibat dalam setiap proses pembuatannya. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda juga mengajarkan kepada anak Anda bahwa untuk menghasilkan segala sesuatu itu butuh proses dan usaha. Menarik, bukan? Dicoba yuk!

Baca juga: Rekomendasi Headphone yang Siap Menghiburmu Selama Perjalanan Liburan

 

4. Wisata Religi

Jangan salah, pilihan berwisata religi dapat menjadi pilihan yang baik untuk memperdalam pengetahuan akan pendidikan agama, yang mungkin dirasa kurang didapatkan anak-anak ketika di sekolah. Tidak melulu diajarkan tentang agama saja, namun juga kehidupan beragama yang berdampingan  dan harmonis antara satu dengan yang lain. Wisata religi ini bisa dikemas dalam bentuk camping sehingga memungkinkan anak untuk dapat mencerna pelajaran selama beberapa hari selama program berlangsung.

 

5. Menjelajah Alam Liar

Jika anak Anda sudah cukup besar, tidak ada salahnya mengajak mereka untuk menghabiskan waktu liburannya dengan bertualang ke alam liar. Seperti misalnya pergi ke gunung, pantai, atau padang sabana. Dengan melihat alam liar yang sebenarnya, secara tidak langsung Anda mengajarkan nilai-nilai kepedulian untuk menjaga kelestarian alam, bukan?

Bagi Anda yang ingin menjelajah alam liar bersama sang buah hati, pastikan melakukan kegiatan jelajah bersama Lexus LX-570.

Dengan kapasitas yang mumpuni untuk satu keluarga, Lexus LX-570 ini juga dibekali performa yang tiada duanya dalam mengarungi medan off-road terutama dalam menjelajahi kegiatan di alam liar. Dijamin dengan pengalaman yang langka ini, anak-anak memiliki kesan yang tidak terlupakan dengan liburan kali ini. Penasaran ingin mencobanya? Segera miliki Lexus LX-570 dan nikmati sensasi jelajah alam liar yang super fantastis!

Sumber gambar: ciptadent, worldatlas, scholastic, familytime, campyamhill, lexus, pinerose

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password