Khatam Al-Quran dengan Mudah Selama Bulan Ramadhan, Ini Tipsnya

Khatam Al-Qur'an dengan Mudah Selama Bulan Ramadhan, Ini Tipsnya

Ohayo.co.id – Bulan ramadhan adalah bulan dimana pahala dilipat gandakan. Umat muslim tidak seharusnya menyia-nyiakan kesempatan baik ini. Berlomba dalam kebaikan serta mencoba memperbaiki diri agar bisa menjadi umat muslim yang berkualitas. Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan adalah khatam al-qur’an di bulan ramadhan. Ada rasa kebanggaan tersendiri apabila hal ini bisa tercapai. Yuk tantang diri untuk khatam al-qur’an. Ikuti tips khatam al-quran dengan mudah selama bulan Ramadhan.

Al-qur’an merupakan kitab suci umat muslim. Sebagai petunjuk dalam kehidupan di dunia maupun di akhirat. Membaca serta memahami bagaimana ajaran islam dalam al-qur’an bisa menyejukkan hati kita serta lebih khusyu’ dalam beribadah. Bunuh rasa malas dengan tips khatam al-quran dengan mudah selama bulan ramadhan ini.

Tips Khatam Al-Quran dengan Mudah Selama Bulan Ramadhan

Keinginan untuk khatam al-qur’an di bulan ramadhan memang ada di benak tiap muslim. Namun pada kenyataannya tidak sedikit yang kalah akan rasa malas. Ada saja alasan untuk tidak bias melakukannya. Agar membantu tercapainya tujuan tersebut, tak ada salahnya untuk menerapkan tips dibawah ini agar khatam al-qur’an bisa lebih mudah.

1. Sesuaikan Target dan Kemampuan

Tips khatam al-qur’an dengan mudah selama bulan ramadhan yang pertama adalah menyesuaikan kemampuan kita dengan target. Misalnya saja ingin khatam al-qur’an satu kali dalam bulan puasa maka bisa dibiasakan seselai atau sebelum shalat lima waktu untuk selalu mebaca 2 lembar al-qur’an. Apabila cara ini dilakukan secara konsisten maka 1 bulan kita bisa khatam al-qur’an sesuai dengan tujuan kita di awal. Beda dengan ketika kita ingin khatam 2 hinga 3 kali. Maka frekuensi membaca al-qur’an di sesudah dan sebelum shalat bisa lebih banyak. Semakin banyak membaca al-qur’an tentu akan menyejukkan hati pembacanya.

2. Beli Al-Qur’an Kecil Agar Bisa Dibawa Kemanapun

Jika ingin mengaji dimana saja maka al-qur’an yang berukuran kecil bisa menjadi solusi tepat. Ketika orang disekitar kita banyak sekali yang bermain gadget, cobalah alihkan perhatian dengan membaca al-qur’an. Juga lanjutkan pada halaman berapa anda mengaji. Semakin sering membaca al-qur’an maka kemungkinan untuk khatam di bulan Ramadan sangat besar.

3. Ada 600 Halaman dalam Al-Qur’an

Mengetahui berapa halaman yang ada pada al-qur’an akan membuat kita mudah untuk membagi berapa halaman dalam sehari bisa kita baca. Bacalah 2 lembar seusai sholat. Jika ingin khatam 1 kali dalam bulan ramadhan. Maka 2 lembar sesuai sholat lima waktu bisa mencapai 600 halaman dan tepat diakhir ramadhan kita bisa khatam al-qur’an. Bahkan untuk dua lembar ini hanya membutuhkan waktu sekitar 5 hingg 6 menit saja, jika memang bacaan al-qur’an anda sudah lancar. Mudah, bukan?

Baca Juga : Ternyata Puasa Ramadhan Bisa Bikin Awet Muda, Benarkah?

4. Membaca Al-qur’an Diantara Adzan dan Iqamah

Tips khatam al-qur’an dengan mudah selama bulan ramadhan berikutnya adalah membaca al-qur’an pada waktu adzan dan juga iqamah. Cara ini juga bisa membantu kita untuk shalat tepat pada waktunya. Tidak ada alasan untuk menunda waktu shalat. Membaca al-qur’an juga akan membuat kita bisa mengontrol hawa nafsu yang ada dalam diri kita.

Dengan tips khatam al-quran dengan mudah selama bulan ramadhan ini kita bisa memaksimalkan ibadah kita. Menjadi muslimah yang khusyuk menjalani ibadah puasa adalah kebanggaan dan timbulnya perasaan bahagia. Saatnya meraih sebanyak-banyaknya pahala di bulan suci ramadhan dan terlahir kembali dengan kondisi hati yang suci.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password