Musim Kemarau Telah Tiba, Tetap Jaga Kesuburan Tanaman Anda dengan 3 Tips Berikut

3 Tips Jaga Kesuburan Tanaman Saat Musim Kemarau

Ohayo.co.id – Musim kemarau menjadi sebuah momok yang menakutkan bagi sebagian besar petani. Hal ini dikarenakan air akan lebih susah didapatkan. Meskipun air bisa saja didapatkan ketika musim kemarau, namun jumlahnya tidak sebanyak ketika musim hujan. Bagi para petani, hal ini kerap kali membingungkan. Terutama untuk mengambil atau menentukan tindakan apa yang diambil untuk menyelamatkan tanaman yang mereka tanam. Untuk menjawab permasalahan tersebut, berikut 3 cara atau tips jaga kesuburan tanaman yang dapat digunakan agar produktivitas tanaman di musim kemarau tetap terjaga.

3 Tips Jaga Kesuburan Tanaman Saat Musim Kemarau

1. Menyiram Tanaman Hanya di Sore Hari

Menyiram Tanaman Hanya di Sore Hari - 3 Tips Jaga Kesuburan Tanaman Saat Musim Kemarau

Ketika musim kemarau petani kadang bingung bagaimana menyiasati agar penggunaan air dapat efektif dan tanaman tetap terjaga. Ketika musim hujan mungkin hal ini tidak menjadi masalah karena bisa membagi waktu penyiraman yaitu ketika pagi hari dan sore hari. Namun, berbeda persoalannya jika sedang menghadapi musim kemarau. Ketika musim kemarau tiba, untuk mengefektifkan penggunaan air yang terbatas, hal yang bisa dilakukan adalah menyiram tanaman sehari satu kali dan sebaiknya dilakukan pada sore hari. Alasannya, ketika sore hari penguapan akan lebih rendah karena matahari akan terbenam. Sehingga, ketika malam datang akar masih basah karena proses penyerapan air bisa lebih maksimal dibandingkan ketika siang hari dimana sinar matahari sedang terik-teriknya.

2. Perhatikan Waktu Menyiram Tanaman

Perhatikan Waktu Menyiram Tanaman - 3 Tips Jaga Kesuburan Tanaman Saat Musim Kemarau

Ketika musim kemarau, suhu di permukaan tanah cenderung akan lebih panas di siang hari. Jika anda mengalami sebuah kondisi di mana anda kesiangan atau lupa menyiram tanaman, sebaiknya jangan lakukan pada tengah hari atau pada saat suhu permukaan tanah sedang panas-panasnya. Hal ini dapat menjadi penyebab tanaman yang anda tanam tiba-tiba mati karena perubahan suhu yang ekstrim. Jika dianalogikan, hal tersebut sama ketika anda memanaskan sebuah kaca yang kemudian kaca tersebut seketika anda siram dengan air dingin. Hal yang pasti akan terjadi pada kaca tersebut tentunya akan pecah. Itu pun berlaku pada tanaman ketika akar tanaman sedang dalam keadaan panas akibat terkena terik matahari yang kemudian tanaman tersebut anda siram, akar tersebut akan kaget dan tentunya tanaman tersebut akan layu karena akarnya tidak bisa menyesuaikan dengan perubahan suhu yang terlalu drastis.

Baca Juga : Wow! Tanaman-tanaman Ini Ternyata Bisa Berkhasiat Sebagai Obat! Apa Saja?

3. Tidak Memindahkan Tanaman

Tidak Memindahkan Tanaman - 3 Tips Jaga Kesuburan Tanaman Saat Musim Kemarau

Ketika musim kemarau datang sebaiknya tidak memindahkan tanaman secara permanen ke tanah terbuka kecuali memiliki persediaan air yang cukup, karena hal ini dapat membuat tanaman yang dipindahkan tersebut mati. Hal tersebut terjadi karena pada dasarnya akar tanaman memerlukan cukup air untuk menyesuaikan diri dengan kondisi tanah jadi ketika tidak ada air yang cukup tanaman kemungkinan besar akan mati.

Itulah 3 tips atau cara yang dapat digunakan untuk menjaga tanaman ketika musim kemarau datang. Musim kemarau merupakan hal yang pastinya tidak disukai oleh banyak orang termasuk petani. Musim kemarau bagi petani bukan hanya tidak menyenangkan tetapi juga merugikan. Mungkin bagi sebagian petani, hal ini tidak terasa begitu sulit. Terutama yang memiliki akses air dengan mengebor atau menggali tanah lebih dalam dengan menggunakan pompa air.

Shimizu PC-375 BIT - 3 Tips Jaga Kesuburan Tanaman Saat Musim Kemarau

Namun perlu dicatat, tetap lah diperlukan pompa air yang bagus untuk menyedot air di kedalaman seperti Shimizu PC-375 BIT. Shimizu PC-375 BIT merupakan jenis pompa sumur dalam berkualitas dan telah mengantongi sertifikat Standart Nasional Indonesia (SNI). Bahkan, telah diekspor ke beberapa negara di Asia Tenggara. Namun, terlepas dari semua itu tentunya diperlukan pengaturan yang baik dalam penggunaan air di musim kemarau agar dapat efektif. Gunakan Shimizu untuk menjamin ketersediaan air di rumah Anda. Shimizu, Bintangnya Pompa Air.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password