Galau Punya Mobil Boros Bahan Bakar? Ini Dia Tips Irit BBM!

Punya Mobil Boros Bahan Bakar, Ini Dia Tips Irit BBM! - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Kalau punya mobil boros bahan bakar, pasti galau kerap kali melanda perasaan. Namun di sisi lain, mobil telah menjadi kebutuhan utama apalagi demi mobilitas. Terlebih lagi saat ingin melakukan perjalanan jauh bersama si kecil, keluarga, teman terdekat, atau orangtua. Rasa tidak aman dan nyaman bepergian dengan kendaraan publik juga membuat kita terdorong untuk memiliki mobil. Lantas, apa yang bisa kita lakukan?

Kamu bisa tetap berkendara dengan mobil tanpa harus galau biaya besar yang dikeluarkan untuk bahan bakar. Kamu hanya perlu memperhatikan setiap detail cara berkendara. Nah, berikut tips irit BBM dengan cara berkendara yang bisa kamu coba, ya.

Punya Mobil Boros Bahan Bakar, Ini Dia Tips Irit BBM!

Punya Mobil Boros Bahan Bakar, Ini Dia Tips Irit BBM! - Ohayo.co.id 1

Sumber Gambar : toyota.astra.co.id

1. Atur putaran mesin

Irit atau borosnya bahan bakar kendaraan juga ditentukan dari bagaimana cara pengemudi berkendara. Salah satu cara efektif yang dapat pengemudi lakukan untuk menghemat bahan bakar adalah mengatur putaran mesin dengan memasukkan persneling di saat yang tepat. Konsistensi putaran mesin terlalu tinggi atau rendah dapat membuat konsumsi bahan bakar mengalir lebih deras. Dilansir dari Detik, Presdir Indonesia Defensive Driving Center bernama Bintarto Agung, menjelaskan bahwa mengoper gigi efisien berada di rentang 1500 – 2500 rpm. Tidak perlu sampai di atasnya.

2. Kemudikan mobil dengan kecepatan ideal

Selain mengatur putaran mesin dengan memasukkan gear di saat yang tepat, Kamu juga perlu memerhatikan kecepatan yang ideal ketika berkendara. Kecepatan ideal yang dapat Kamu lakukan untuk mengendarai kendaraan roda empat berada di kisaran 80 km/jam. Mempertahankan kendali di kecepatan ini, akan membuat konsumsi bahan bakar akan berada dalam kondisi yang efisien.

3. Hindari cara mengemudi “Stop and Go”

Hal lain yang dapat Kamu lakukan untuk menghemat bahan bakar adalah dengan menghindari cara mengemudi stop and go. Stop and go merupakan gaya mengemudi yang penggunanya kerap kali menginjak rem dan menekan pedal gas. Padahal, kegiatan ini menjadi salah satu hal yang paling cepat menguras bahan bakar kendaraanmu. Oleh karena itu, pengemudi haruslah pintar melihat situasi dan kondisi berkendara sehingga tahu waktu yang tepat menginjak rem dan menekan pedal gas secara tepat.

Baca Juga

Punya Mobil Boros Bahan Bakar, Ini Dia Tips Irit BBM! - Ohayo.co.id 2

Sumber Gambar : toyota.astra.co.id

4. Jangan panaskan mobil terlalu lama

Kebiasaan memanaskan mesin mobil seringkali kita lakukan secara rutin, apalagi untuk kendaraan keluaran lama. Namun sebenarnya untuk kendaraan keluaran baru tidak perlu lagi melakukan kebiasaan tersebut. Kamu hanya perlu memastikan perawatan mobil yang dilakukan secara berkala. Kegiatan memanaskan mesin mobil ini bisa jadi penyebab bahan bakar kendaraan terkuras dari tangkinya.

5. Pilih mobil sesuai kebutuhan, misalnya All New Toyota Rush 2018

Nah, tips irit BBM terakhir yang dapat Kamu coba adalah gunakan mobil keluaran Toyota. Mobil keluaran Toyota terkenal akan kebandelan mesin dan irit konsumsi bahan bakar. Misalnya All New Toyota Rush 2018 sebagai kendaraan pribadimu karena mobil ini telah dikemas mesin baru. Dilansir dari Kumparan, penggunaan mesin baru diklaim lebih irit 20% dibandingkan Toyota Rush lama. Di atas kertas, 2NR-VE menganut sistem dual VVT-i yang menjanjikan 102 daya kuda (dk) pada 6.000 rpm dan torsi 136 Nm pada 4.200 rpm.

Sangat menguntungkan, bukan?

Sumber Featured Image : chzautos.com

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password