Takut Tidak Pas atau Model Tidak Sesuai Harapan? Ini Tips Cerdas Belanja Pakaian Secara Online

Ohayo.co.id – Apa yang paling kamu khawatirkan saat berbelanja online? Barang yang tidak sesuai dengan foto? Atau yang lebih buruk, sudah transfer tapi barang yang dipesan tidak kunjung tiba? Meski toko online terus berbenah, risiko-risiko seperti ini tidak sepenuhnya hilang. Marketplace yang sudah tepercaya pun tidak sepenuhnya lepas dari risiko seperti ini. Karena itulah, konsumen harus cerdas saat berbelanja online. Apalagi saat berbelanja pakaian. Banyak hal yang harus dipertimbangkan. Begitu juga soal harga. Jangan mudah tergoda dengan harga murah. Kini juga ada akulaku yang memungkinkanmu untuk membeli pakaian secara cicilan tanpa kartu kredit. Namun agar tidak kecewa saat belanja pakaian secara online, kamu juga perlu tahu tips cerdas belanja pakaian secara online berikut ini.

5 Tips Cerdas Belanja Pakaian Secara Online Agar Tidak Salah Beli

1. Cari Penjual yang Menggunakan Foto Sendiri

Cari Penjual yang Menggunakan Foto Sendiri - 5 Tips Cerdas Belanja Pakaian Secara Online Agar Tidak Salah Beli

Ada beberapa penjual pakaian online yang asal comot gambar dan menggunakannya sebagai foto produknya. Sebaiknya hindari penjual yang seperti ini. Cari penjual online yang menggunakan fotonya sendiri. Akan lebih baik lagi jika ada model yang mengenakannya. Ini bisa memberimu gambaran real tentang produk yang hendak dibeli. Kalau memang tidak ada, kamu bisa menanyakannya dan meminta foto yang asli. Ini sangat penting, apalagi yang hendak kamu beli adalah pakaian. Sudah banyak konsumen yang kecewa karena meremehkan hal yang satu ini. Saat barang sudah sampai, ternyata barang yang diterima berbeda dengan yang dilihat di foto.

Baca juga : Suka Belanja Online? Yuk, Ketahui Tips Ini Dulu Agar Tidak Salah Beli!

2. Periksa Ukuran Pakaian

Periksa Ukuran Pakaian - 5 Tips Cerdas Belanja Pakaian Secara Online Agar Tidak Salah Beli

Namanya belanja online, tentunya kamu tidak bisa mencoba pakaian yang hendak dibeli secara langsung. Kamu hanya bisa mengandalkan standar ukuran yang diberikan oleh penjual. Biasanya penjual memberi informasi detail mengenai ukuran pakaian yang mereka jual, seperti panjang dan lebar pakaian. Memang tidak banyak informasi yang bisa diandalkan. Akan tetapi kamu bisa memperkirakan apakah pakaian tersebut cukup atau tidak.

3. Pilih Ukuran yang Lebih Besar

Pilih Ukuran yang Lebih Besar - 5 Tips Cerdas Belanja Pakaian Secara Online Agar Tidak Salah Beli

Jika biasanya kamu memilih pakaian berukuran M, saat berbelanja online sebaiknya pilihlah ukuran L. Jauh lebih aman membeli pakaian yang sedikit lebih besar dari ukuran yang biasa kamu pilih. Kalaupun terlalu besar, kamu masih bisa mengecilkannya. Sebaliknya, akan jauh lebih sulit untuk memperbesar pakaian yang ukurannya lebih kecil. Cara ini memang tidak berlaku jika kamu membeli kaos. Untungnya, ukuran kaos biasanya sudah standar.

Baca juga : Ditipu Penjual Saat Belanja Online? Laporkan ke Tempat Ini Saja!

4. Cari Penjual yang Mau Menerima Retur

Cari Penjual yang Mau Menerima Retur - 5 Tips Cerdas Belanja Pakaian Secara Online Agar Tidak Salah Beli

Meski sudah teliti sekalipun, risiko barang yang diterima tidak sesuai dengan harapan masih ada. Entah itu ukuran yang tidak pas di badan atau barang yang sampai dalam kondisi cacat. Untuk mengantisipasi masalah seperti ini, carilah penjual online yang mau menerima retur. Jadi jika ada masalah dengan pakaian yang kamu beli, tidak sulit untuk meminta barang pengganti.

5. Cek Bahan Pakaian

Cek Bahan Pakaian - 5 Tips Cerdas Belanja Pakaian Secara Online Agar Tidak Salah Beli

Saat membeli pakaian secara online, sangat penting untuk membaca deskripsi produk secara lengkap. Cari tahu bahan yang digunakan. Jika pakaian tersebut menggunakan sablon, cari tahu juga jenis sablon yang digunakan. Semua informasi terkait dengan produk harus benar-benar Anda ketahui. Jika ada informasi yang kurang, tanyakan langsung ke penjual. Hal yang sama juga berlaku saat kamu hendak membeli pakaian di akulaku.

Itulah 5 tips cerdas belanja pakaian secara online agar tidak salah beli atau tertipu. Walaupun ada banyak pakaian murah yang dijual secara online, jangan mudah tergoda dengan harga yang terlalu murah. Apalagi jika harga yang ditawarkan jauh di bawah harga standar. Jika memang tidak ada uang tunai, kini kamu bisa belanja secara kredit. Bahkan kamu bisa melakukannya tanpa kartu kredit. Ingin tahu caranya? Unduh aplikasi akulaku sekarang.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password