Cegah Kecopetan Saat Liburan dengan 5 Tips ini

Tips Cegah Kecopetan Saat Liburan

Ohayo.co.id – Tidak semua hal mesti berjalan sesuai rencana. Termasuk liburan Anda. Liburan yang Anda angankan sangat menyenangkan, bisa berubah menjadi mimpi buruk jika Anda kecopetan. Pasalnya objek wisata adalah salah satu tempat yang cukup rawan terjadi tindak kriminal tersebut.

Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa menghindarinya. Berikut adalah lima tips cegah kecopetan saat liburan.

Tips Cegah Kecopetan Saat Liburan

1. Hindari Tempat Sepi

Hindari Tempat Sepi - Tips Cegah Kecopetan Saat Liburan

Tips pertama menghindari pencopetan adalah dengan menghindari tempat-tempat sepi. Pasalnya tindak kejahatan, termasuk pencopetan kerap terjadi di tempat-tempat sepi di mana tidak ada orang lain selain Anda. Di tempat sepi pencopet akan leluasa melancarkan aksinya karena tidak ada orang lain yang melihat, tidak ada juga yang bisa Anda mintai tolong saat Anda menyadari telah dicopet.

Berlibur bersama rombongan akan lebih aman. Meskipun di tempat sepi, Anda tetap memiliki teman yang bisa bisa menjadi saksi dan Anda mintai tolong jika terjadi pencopetan. Copet pun akan berpikir dua kali, saat akan melakukan aksinya di tengah rombongan.

2. Simpan Uang di Tempat Aman

Simpan Uang di Tempat Aman - Tips Cegah Kecopetan Saat Liburan

Tips menghindari pencopetan berikutnya adalah menyimpan uang di tempat yang aman. Jangan simpan semua uang Anda di saku celana atau dompet. Pasalnya, saku celana dan dompet kerap menjadi incaran utama pencopet. Sebagai gantinya, simpan uang Anda di tempat yang tidak lazim seperti di bawah kaos kaki atau di balik baju.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan tas khusus traveling dengan piranti keamanan ekstra pengecoh pencopet yang kini banyak dijual secara online. Kendati demikian, Anda harus tetap waspada.

Baca Juga : Travelling Aman Sendirian untuk Perempuan, ke 3 Negara Keren Ini Aja!

3. Letakkan Tas Anda di Depan

Letakkan Tas Anda di Depan - Tips Cegah Kecopetan Saat Liburan

Tips selanjutnya adalah meletakkan tas di depan. Jangan biarkan tas Anda luput dari pengawasan. Karena hal itu bisa mengundang niat pencopet untuk beraksi. Cara paling jitu supaya tas Anda selalu dalam pengawasan Adalah dengan meletakkannya di depan bukan di samping, atau di belakang.

Selain itu, pastikan bahwa bahwa tas telah melekat erat di tubuh Anda, sehingga tidak mudah bagi pencopet untuk merampasnya. Dalam hal ini tas gendong berupa ransel kecil lebih disarankan ketimbang tas jinjing dan tas selempang. Pasalnya, tas gendong lebih kuat melekat di tubuh ketimbang tas jinjing dan tas selempang.

4. Jangan Terlihat Kebingungan

Jangan Terlihat Kebingungan - Tips Cegah Kecopetan Saat Liburan

Tips keempat untuk menghindari pencopetan saat liburan adalah tidak terlihat bingung. Meski kebingungan saat mengunjungi tempat baru adalah hal yang wajar, ada baiknya jika Anda tidak terlalu menampakkannya. Pasalnya, wisatawan yang terlihat kebingungan kerap menjadi sasaran empuk para pencopet.

Untuk menghindari kebingungan, pastikan Anda telah menentukan objek wisata yang Anda tuju. Cari juga alamat dan transportasi untuk menuju ke sana. Jika di tengah jalan Anda merasa bingung, jangan bertanya pada sembarang orang. Bertanyalah pada polisi atau petugas resmi lainnya. Jika terpaksa harus bertanya pada sembarang orang, bertanyalah di tempat yang ramai.

5. Simpan Cadangan Dokumen Pribadi

Simpan Cadangan Dokumen Pribadi - Tips Cegah Kecopetan Saat Liburan

Tips terakhir ini berguna terutama bagi Anda yang akan liburan ke luar negeri. Simpan soft copy dokumen pribadi Anda di fasilitas penyimpanan online yang kini banyak disediakan oleh penyedia email. Dokumen-dokumen tersebut akan sangat berguna jika menjadi korban pencopetan, sehingga dokumen-dokumen pribadi Anda hilang. Cadangan dokumen-dokumen tersebut akan sangat membantu dalam proses pengurusan dokumen baru hingga klaim asuransi.

Itulah lima tips yang bisa Anda coba untuk menghindari pencopetan saat liburan. Dengan mempraktikkan tips-tips tersebut, Anda tidak perlu merasa was-was lagi saat liburan. Bagi Anda yang tengah merencanakan liburan dalam waktu dekat, segera dapatkan tiket pesawat, kereta api, bus, hotel atau penginapan dengan harga terbaik hanya di via.com. Peroleh beragam penawaran terbaik, seputar akomodasi pendukung liburan yang sesuai dengan budget Anda. Tunggu apalagi, segera kunjungi situs via.id untuk memperoleh beragam kemudahan seputar liburan berkesan Anda.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password