Tips Berpuasa Buat Anda yang Sakit Diabetes

Tips Berpuasa Buat Anda yang Sakit Diabetes

Ohayo.co.id – Seseorang yang sedang sakit memang tidak diwajibkan untuk berpuasa. Akan tetapi ada juga yang sedang sakit namun tetap berusaha menjalankan ibadah puasa sebab berkeinginan meningkatkan pahalanya. Lantas, bagaimana dengan Anda yang sakit diabetes? Apa Anda masih diperbolehkan untuk berpuasa di bulan Ramadhan ini?

Diabetes sendiri adalah salah satu jenis penyakit yang cukup rentan sekali saat berpuasa. Maka dari itu, Dr Wismandari Wisnu SPPD, spesial penyakit dalam di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta memberikan tips berpuasa buat Anda yang sakit diabetes. Simak selengkapnya di bawah ini.

Tips Berpuasa Buat Anda yang Sakit Diabetes

Dr. Wismandari berkata bahwa, lebih baik sebulan sebelum berpuasa, buat Anda yang sakit diabetes bisa berkonsultasi dengan dokter. Supaya Anda aman atau pun tidak saat menjalankan ibadah puasa. Dokter akan melihat tipe diabetes, obat yang digunakan untuk insulin maupun obat minum, resiko hipoglikemia, komplikasi penyakit, serta pengalaman puasa di tahun sebelumnya. Lebih baik selama puasa rajin cek gula darah dengan alat pemeriksaan gula darah.

Tips Berpuasa Buat Anda yang Sakit Diabetes cek

Dr. Wismandari menambahkan bahwa bila resiko tinggi, bisa cek beberapa kali, dan saat resiko rendah, bisa cek 1 – 2 kali per hari. Waktu yang paling tepat untuk cek gula darah saat berpuasa yaitu ketika pagi sebelum sahur, jam 12 siang, jam 3 sore, sebelum berbuka puasa, dan 2 – 3 jam setelah berbuka puasa.

Puasa hanya ubah makan, bukannya jadi pembatas kalori dan tak ada obat siang hari. Obat di pagi hari bisa diminum saat sahur, sementara itu obat di siang hari bisa diminum pada saat berbuka puasa dan setelah tarawih.

Pada saat puasa bisa tetap olahraga yang teratur, asal tahu kapan waktu yang tepat. Ada baiknya berolahraga 1 jam sebelum waktu buka puasa. Ini bertujuan agar tidak terjadi gula darah rendah. Sangat tidak disarankan olahraga yang berat – berat, sebab akan mengakibatkan dehidrasi.

Demikian informasi tentang tips berpuasa buat Anda yang sakit diabetes. Semoga informasi yang sudah kami bagikan diatas bisa bermanfaat untuk anda semua.

Baca juga : Bagi Diabetesi, Konsumsi Bahan Alami Pengganti Gula Ini

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password