Ini yang Wajib Diperhatikan dalam Berkendara Saat Hujan Deras

Tips Berkendara Saat Hujan Deras - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Saat hujan deras pasti banyak air yang menggenang di beberapa titik di jalanan kota Anda. Tidak mau kan saat Anda berkendara dengan mobil Anda, Anda was-was akan terselip atau kemungkinan mobil Anda rusak karena menerjang banjir. Tidak usah khawatir karena kalau Anda memperhatikan beberapa tips berkendara saat hujan deras berikut ini pasti akan tetap aman dan nyaman dalam berkendara.

Tips Berkendara Saat Hujan Deras

Tips Berkendara Saat Hujan Deras - Ohayo.co.id

Jalan berlubang atau genangan

Waspadalah terhadap keberadaan lubang di jalan atau genangan air, karena kadang kedalamannya dapat mengejutkan Anda. Namun, jika benar-benar tidak bisa dihindari, siapkan nyali dan angkat kaki Anda dari pedal rem. Untuk menghadapi jalan berlubang atau genangan air disarankan Anda menggunakan mobil dengan Ground Clearance (Ketinggian dari Tanah) cukup tinggi, seperti yang dimiliki mobil All New Toyota Fortuner.

Cruise control

Jika kendaraan Anda kebetulan dilengkapi oleh sistem cruise control, jangan digunakan! Saat Anda terpaksa menembus genangan air dan mengangkat kaki dari pedal gas untuk menghindari selip, sistem ini mendeteksi adanya penurunan kecepatan dan akan menambah kecepatan dengan otomatis.

Pelan-pelan dan jaga jarak

Berbagai macam fluids (cairan) atau pelumas lebih mungkin untuk ditemukan berceceran di jalan saat hujan, terutama di persimpangan-persimpangan. Cairan-cairan dari mobil tersebut apabila bercampur dengan air hujan dapat berubah menjadi sesuatu yang super licin. Maka untk menghindari diri dari bahaya lebih baik berkendaralah pelanpelan saat hujan deras. Jaga jarak Anda dengan pengemudi lainnya. Saat hujan, jaga jarak kendaraan Anda dengan kendaraan di depan sekitar 3-4 detik. Jadi, Anda pun tidak akan kaget ketika mobil di depan Anda berhenti mendadak karena pengemudi di depan menghindari jalan berlubang.

Baca Juga

Tips Berkendara Saat Hujan Deras - Ohayo.co.id 2

Bi-Beam LED

Fitur lampu yang mengabungkan antara Hi-Beam dan Lo-Beam pada satu proyektor. Hi-beam memiliki arti high beam yang berarti lampu jauh dan Lo-Beam berarti Low Beam yang berarti lampu dekat, jadi Bi-LED sendiri merupakan pengabungan lampu jauh dan dekat dalam satu proyektor.  Untuk menunjang penerangan yang lebih maksimal dan hemat daya yang dibekali dengan bohlam Light-Emitting Dioda (LED).

Jika pada mobil All New Toyota Fortuner terdapat pada Head Lamp dibuktikan dengan tulisan (embossing) di bagian ujung.

Kondisi ban, wiper dan lampu

Selalu periksa keadaan ban secara reguler untuk memastikan mereka dalam keadaan baik. Cek tekanannya sebulan sekali Ganti segera karet wiper kaca depan yang sudah mulai usang. Biasanya, karet wiper harus diganti tiap setahun sekali. Kondisi wiper saat hujan, menentukan keselamatan Anda Selain itu, menyalakan lampu saat hujan deras kadang diperlukan untuk membantu mobil lain melihat keberadaan mobil Anda. Apalagi dengan adanya teknologi.

Safety stop

Jika hujan deras bahkan badai benar-benar menghambat kemampuan Anda untuk mengemudi, berhentilah di tempat yang aman. Karena apabila Anda meneruskan perjalanan akan membahayakan diri Anda mengingat kemampuan penglihatan juga akan terbatas karena hujan dan kabut.

Itulah beberapa tips berkendara saat hujan deras. Pastikan Anda selalu mengutamakan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Sangat direkomendasikan Anda menggunakan mobil yang dilengkapi berbagai fitur-fitur keamanan dan kenyamanan yang mumpuni, seperti Toyota All New Fortuner yang selalu dapat diandalkan dalam segala medan dan cuaca.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password