5 Tips Ampuh Membangun Kesan Pertama yang Baik di Mata Klien

5 Tips Ampuh Membangun Kesan Pertama yang Baik di Mata Klien

Ohayo.co.id – Kesan pertama dalam sebuah pertemuan tentu sangat menentukan bagaimana penilaian orang lain terhadap diri kita. Dalam kehidupan personal, tidak sedikit orang yang tak peduli kesan pertama dirinya di mata orang lain dengan menerapkan stigma be yourself. Namun, hal serupa akan berbeda jika diterapkan di dunia kerja. Dalam dunia profesional pekerjaan, kesan pertama yang baik sangatlah penting karena berpengaruh terhadap keberlangsungan karir. Misalnya ketika bertemu klien, menghadiri undangan orang penting, atau dalam agenda formal lainnya di mana setiap gerak-gerik maupun perkataan kita akan sangat berdampak terhadap penilaian positif di mata lawan bicara.

Menghadapi situasi tersebut, strategi klasik yang banyak diterapkan biasanya adalah melalui body language dan kontak mata. Namun bagi seorang professionals yang ingin meraih lebih banyak relasi di kalangan atas, tentu harus melihat lebih jauh lagi mengenai strategi seperti apa yang paling efektif. Di lansir dari situs Aplus .com, berikut ini ada 5 tips ampuh membangun kesan pertama atau first impression yang positif untuk menjalin relasi yang baik di dunia profesional.

5 Tips Ampuh Membangun Kesan Pertama yang Baik di Mata Klien

1. Jangan Kaku, Senyum dan Berikan Sapaan Ramah

Jangan Kaku, Senyum dan Berikan Sapaan Ramah - 5 Tips Ampuh Membangun Kesan Pertama yang Baik di Mata Klien

Sumber gambar : rmd-inc .net

Kesan pertama yang baik dimulai dengan perkenalan yang simple dan friendly. Dengan beberapa pilihan kata sederhana yang tepat serta intonasi yang menyenangkan, maka akan mampu menciptakan suasana percakapan yang menarik bagi lawan bicara. Misalnya bisa dimulai dengan “Halo selamat pagi, saya Nathalie dari Writer Co. Senang bertemu dengan Anda,” dan dilanjutkan dengan ice breaking question seperti “Bagaimana perjalanan Anda?” dan pertanyaan simpel lainnya.

Baca juga : Ingin Tampil Cantik di Minggu Pertama Masuk Kerja? Intip Inspirasi Office Makeup Look Ini, Yuk!

2. Having a Bad Day? Jangan Memaksakan Diri untuk Berinteraksi

Having a Bad Day, Jangan Memaksakan Diri untuk Berinteraksi - 5 Tips Ampuh Membangun Kesan Pertama yang Baik di Mata Klien

Sumber gambar : cheatsheet .com

Jika Anda berada dalam mood yang tidak baik, biasanya akan lebih mudah terbaca dari body language dan kontak mata. Untuk itu sebaiknya hindari pertemuan-pertemuan penting atau kegiatan-kegiatan yang mengharuskan Anda berhadapan dengan orang banyak. Karena hal ini dapat berdampak negatif terhadap pekerjaan. Namun apabila terpaksa, baiknya luangkan waktu sejenak untuk melakukan hal-hal yang mampu meningkatkan mood. Misalnya dengan mendengarkan musik, minum atau makan makanan favorit, atau menonton video-video lucu di YouTube.

2. Ciptakan Percakapan yang Berkesan

Ciptakan Percakapan yang Berkesan - 5 Tips Ampuh Membangun Kesan Pertama yang Baik di Mata Klien

Sumber gambar : me.popsugar .com

Semakin dapat membuat lawan bicara merasa lebih baik, maka semakin tinggi pula first impression positif Anda di mata lawan bicara. Untuk itu sebisa mungkin buatlah percakapan yang memorable. Caranya? Dengan memprediksikan bahan pembicaraan seperti apa yang menarik bagi lawan bicara. Percakapan mungkin bisa diawali dengan “saya sangat suka membaca. Kalau Anda? Apa hal-hal menyenangkan yang sering Anda lakukan?.” Pertanyaan tersebut akan menjadi gerbang awal untuk menciptakan percakapan yang lebih intim.

Baca juga : Tips Memilih Pakaian Interview di Perusahaan Bersifat Formal

4. Abaikan Handphone

Abaikan Handphone - 5 Tips Ampuh Membangun Kesan Pertama yang Baik di Mata Klien

Sumber gambar : blogs.adobe .com

Biasanya, orang secara tidak sadar ajek melihat smartphone miliknya setiap saat. Namun ketika Anda menghadapi saat-saat genting bertemu dengan orang lain untuk pertama kalinya, sebaiknya abaikan seluruh perangkat teknologi dan fokus pada lawan bicara.

5. Kenakan Pakaian Terbaik

Kenakan Pakaian Terbaik - 5 Tips Ampuh Membangun Kesan Pertama yang Baik di Mata Klien

Sumber gambar : mensxp .com

Tampil percaya diri dengan pakaian yang sesuai adalah tips terakhir untuk menciptakan good first impression. Tak perlu menggunakan baju mahal, namun kenakan apa pun yang sesuai dan nyaman dikenakan.

Lexus LS 500 - 5 Tips Ampuh Membangun Kesan Pertama yang Baik di Mata Klien

Sumber gambar : www.lexus.com

Itulah beberapa tips sederhana untuk menciptakan kesan pertama yang positif. Tips tambahan, Anda juga bisa tampil lebih percaya diri dengan mengendarai mobil mewah eksklusif yang mampu meningkatkan kesan profesional Anda di mata klien. Misalnya dengan sedan mewah Lexus LS 500. Dengan eksterior elegan serta interiornya yang comfortably fancy, Lexus LS 500 sangat pas untuk menjadi kendaraan kerja Anda.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password