Tips Aman untuk Hijab Traveller dan Inspirasi Gaya Berhijab Saat Bepergian

Solo Traveling Bagi Wanita Berhijab

Ohayo.co.id – Tidak hanya kaum adam, wanita pun memiliki hak untuk melakukan perjalanan seorang diri bahkan seorang muslimah sekalipun atau sering disebut dengan hijab traveller saat ini. Keuntungan yang bisa didapatan dari solo travelling ini adalah Anda dapat mengoptimalkan waktu berpetualang. Apalagi sekarang ini solo travelling juga jadi trend bagi para wanita.

Dengan semakin berkembangnya zaman, wanita pun juga bebas menentukan petualangannya sendiri. Tetapi bagi wanita yang berhijab, pasti merasa ada batas-batas tertentu saat harus berpetualang. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya solo travelling sembari berhijab jadi aman dan nyaman.

Berhijab bukan berarti terkurungnya ruang gerak seorang wanita, saat ini sudah banyak kaum hijaber aktif dalam beragam aktivitas outdoor, tidak terkecuali kegiatan travelling atau istilah kerennya hijab traveller. Misalnya, Esra Alhamal merupakan seorang blogger juga hijab traveller telah berbagi cerita mengenai perjalanannya keliling dunia. Ia menegaskan bahwa tak menemukan masalah apa-apa dalam perjalanannya sendirian menyambangi sepuluh negara muslim mayoritas.

Meskipun sempat dikhawatirkan keluarganya, ia menegaskan jangan pernah takut menunjukkan identitas dalam pakaian hijab karena di dunia ini banyak orang yang masih ramah. Memang berbagai perjalanan jauh sudah tak asing lagi bagi wanita yang berkarir di Kementrian Pendidikan Arab Saudi ini.

8 Tips Aman untuk Hijab Traveller dari Sang Pakar

Tips Aman untuk Hijab Traveller dari Esra Alhamal
Esra Alhamal seorang solo traveller dari Arab Saudi yang berkarir di Kementerian Pendidikan Arab Saudi. (Foto: via wolipop.detik.com)

1. Melakukan Perjalanan ke Tempat Wisata di Siang Hari

Sebetulnya yang demikian ini tak hanya disarankan bagi wanita berhijab saja, akan tetapi juga bagi semua wanita yang melakukan perjalanan seorang diri. Berpetualang dan melakukan perjalanan di siang hari disarankan karena lebih aman. Malam hari di tempat asing bisa mengawali sebuah petaka bagi wanita yang berhijab, khususnya di daerah yang rawan kejahatan.

2. Bepergian ke Tempat yang Netral saja

Perlu Anda tahu bahwa di sebagian tempat wanita yang berhijab ini bisa jadi sasaran kejahatan para pembenci yang tak suka dengan image muslim. Bukannya ingin berbicara mengenai politik, akan tetapi lebih baik menikmati petualangan Anda tanpa harus mendekati bahaya. Untuk itu, silahkan pergi ke negara-negara yang bisa menerima kehadiran orang lain tanpa harus terganggu oleh image.

3. Pakaian Ringan

Silahkan Anda pilih pakaian yang terbuat dari bahan ringan saja untuk menjamin perjalanan berhijab Anda, sebab Anda harus menutup hampir semua bagian tubuh. Selain itu, pakai hijab yang ringan juga sehingga lebih enteng untuk dikenakan kemana pun Anda inginkan serta tak membikin panas. Pilihan celana kain dan pakaian longgar juga bisa jadi andalan supaya tubuh Anda semakin fleksibel. Dan terakhir pilihlah sepatu casual supaya setiap langkah Anda terasa ringan dan stylish.

4. Melakukan Penelitian

Sebelum memutuskan destinasi mana yang ingin dikunjungi, sangat penting mengetahui situasi tujuan tersebut. Kemudahan akses kuliner yang hallal juga kenyamanan beribadah sangat penting diperhatikan. Penelitian yang dimaksud bukan berarti harus menghabiskan banyak dana untuk mewawancarai orang lain, dunia digital telah memudahkan segalanya di zaman sekarang.

5. Perencanaan Anggaran

Bepergian jauh apalagi saat jalan-jalan ke luar negeri tidaklah seperti berkunjung ke sekitar di kampung halaman, masih banyak tetangga yang peduli dan memerhatikan. Oleh karena itu sangat penting memerhatikan bekal untuk di perjalanan maupun saat tinggal di tempat tujuan. Anggaran biaya harus benar-benar rinci mulai dari akomodasi hingga biaya yang tak terduga seperti biaya penjagaan ketika sakit.

6. Menjadi Anggota Grup

Sangat penting memiliki jaringan dan relasi yang luas juga memiliki minat yang sama. Beberapa komunitas banyak didapatkan di jejaring sosial, seperti komunitas atau grup yang direkomendasikan Esra adalah Girls vs GlobeDame Travelar, Girl Love Travel dan masih banyak lagi grup lainnya.

7. Gunakan Malam Hari untuk Istirahat

Ketika sampai di tempat tujuan, sebaiknya tidak keluar tengah malam. Sebagai pengunjung tentu saja tak sepenuhnya memahami keadaan lingkungan di sana, energi maksimal juga sangat diperlukan untuk esok hari. Jadi, malam hari sebaiknya dioptimalkan untuk beristirahat.

8. Tidak Menceritakan Hal Detail pada Orang Lain

Demi menjaga keamanan diri sendiri, menjaga jarak dengan orang sekitar tetap diperlukan. Sangat dilarang untuk membagikan informasi pribadi seperti alamat penginapan, tempat tujuan selanjutnya, nomor ponsel juga tak perlu diberikan jika bukan untuk kebutuhan yang mendesak.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang tips aman dan nyaman solo travelling bagi wanita berhijab sebagian besar dari seorang traveller, Esra Alhamal.

Baca Juga: Tips Travelling Sendiri Untuk Pertama Kali

10 Inspirasi Gaya Busana Bagi Anda Para Hijab Traveller

Bagi seorang hijaber, akan terasa dua kali lebih repot saat berdandan dibanding dengan wanita yang tak mengnenakan hijab. Akan tetapi itulah satu komitmen untuk keputusan yang sangat bernilai dalam hidupnya, pada akhirnya akan terbiasa dengan mekanisme berbusana seperti itu baik saat kegiatan di kampus, kantor atau bahkan saat bepergian.

Berikut ini beberapa foto wanita berhijab yang bisa menjadi inspirasi gaya berhijab bagi para hijab traveller.

1. Kombinasi kerudung segi empat warna merah muda yang soft dipadukan pakaian abu dan celana jeans hitam yang sangat simple.

Hijab abu dan pink soft
Foto: Shutterstock

2. Bagi para hijab traveller yang khendak bepergian langsung menghadiri acara formal, gaya busana berikut ini sangat cocok.

Pakaian merah hati dan kerudung biru terang bermotif
Foto: Shutterstock

3. Sepatu boots dengan hak medium bisa menjadi kombinasi ciamik saat seorang hijab traveller jalan-jalan di perkotaan.

Hijab hitam dan sepatu boots
Foto: Shutterstock

4. Karakter percaya diri seorang hijab traveller bisa sangat termanfestasikan saat mengenakan busana dengan kombinasi warna biru dan merah terang.

Foto wanita berhijab inspirasi hijab traveller
Foto: Shutterstock

5. Satu lagi gaya hijab urban simple untuk para hijab traveller, cukup membawa handbag berwarna gelap yang serasi dengan busana berwarna krem.

Foto wanita berhijab inspirasi hijab traveller
Foto: Shutterstock

6. Pakai rok saat bepergian ke pantai, kenapa tidak? Corak gamis yang bermotif bunga menambah sensasi natural saat di pantai.

Foto wanita berhijab inspirasi hijab traveller
Foto: Shutterstock

7. Pakaian gelap dan kerudung cokelat membuat para hijab traveller terlihat lebih kalem.

Busana muslim saat traveling
Foto: Shutterstock

8. Perpaduan busana muslim putih, kerudung cokelat dan blue washed jeans mencerminkan pribadi yang supel.

Pakaian hijab di kota metropolitan
Foto: Shutterstock

9. Jilbab segi empat satin berwarna cokelat dengan pakaian putih bermotif tak kalah keren saat jalan-jalan di perkotaan.

Pakaian hijab di kota
Foto: Shutterstock

10. Busana panjang saat jalan-jalan di tepi pantai memberi kesan anggun saat pakaian tertiup angin, pastinya ini yang diharapkan para hijab taveller saat berfoto.

Pakaian hijab di pantai
Foto: Shutterstock

Baca juga: Inspirasi Fashion Hijab Casual Sesuai Bentuk Tubuh, Dijamin Makin Cantik!

Setelah membaca tips aman solo travelling yang disertai foto wanita berhijab semoga menjadi inspirasi cara berpakaian yang tertutup dan aman. Semakin berhati-hati saat berada di tempat wisata apalagi di luar negeri. Semoga bermanfaat!

Featured image: via gamisgaul.indotrend.info

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password