Tips Aman Berkendara saat Jalan Berkabut

Tips Aman Berkendara saat Jalan Berkabut - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Berkendara di tengah kabut bukanlah yang mudah. Diperlukan kewaspadaan dan ketelitian yang tinggi. Karena pada saat mengemudi di tengah kabut, jarak pandang akan terbatas dan pengendara pun juga harus tetap berhati-hati. Hal-hal apa sajakah yang harus dilakukan saat mengendarai mobil di jalanan yang berkabut? Beberapa poin dibawah ini mungkin bisa sedikit membantu. Inilah tips aman berkendara saat jalan berkabut.

Tips Aman Berkendara saat Jalan Berkabut

Tips Aman Berkendara saat Jalan Berkabut - Ohayo.co.id 1

Perhatikan kecepatan mobil Anda. Berjalan pelan-pelan saja dalam kecepatan yang aman untuk situasi. Jaga jarak aman dari kendaraan lain. Pastikan juga semua sistem lampu dari kendaraan Anda berfungsi. Gunakan hanya lampu dekat dalam situasi berkabut. Jangan pernah menggunakan lampu jauh karena dapat merefleksikan tetesan embun atau uap air di dalam kabut.

Jika mobil Anda dilengkapi dengan lampu kabut, jangan pernah ragu untuk menggunakannya. Ingat juga untuk menggunakan warna lampu yang sesuai standar (berwarna kuning).

Manfaatkan keberadaan tanda-tanda jalan pada trotoar sebagai penunjuk arah. Menggunakan batas jalan sebagai penunjuk arah lebih disarankan dibandingkan garis jalan saat situasi berkabut.

Ketika mengendarai mobil dalam keadaan berkabut, Anda baru akan menyadari betapa pentingnya untuk selalu menjaga kebersihan kaca depan dan jendela-jendela mobil. Rajin-rajinlah merawat dan membersihkan seluruh kaca dan jendela pada mobil Anda agar selalu siap untuk sewaktu-waktu terjebak dalam kabut.

Waspadai juga keberadaan kendaraan yang berjalan pelan atau sedang terparkir. Sebisa mungkin hindari untuk menyalip dan berpindah jalur.

Saat kabut betul-betul tebal, ada baiknya Anda menepi atau berhenti mengemudi. Berhentilah di tempat yang aman dan jauh dari arus lalu lintas seperti SPBU atau rest area. Jika perlu, nyalakan lampu darurat (hazard).

Tips Aman Berkendara saat Jalan Berkabut - Ohayo.co.id 1

Dengan menggunakan All New Fortuner, Anda tidak perlu khawatir saat berkendara di tengah kabut. Karena pada All New Fortuner varian tipe SRZ dan VRZ, lampu utama mobil telah menggunakan lampu LED Bi-Beam (artinya lampu dekat dan lampu jauh telah menggunakan LED dengan menggunakan satu proyektor lampu), serta dilengkapi dengan lampu LED untuk Daytime Running Lamp. Ada juga fitur peringatan lampu hazzard yang otomatis akan menyala, baik lampu depan dan lampu belakang jika pengemudi melakukan pengereman secara mendadak. Tujuannya untuk memberitahu pengguna jalan lain untuk waspada. Fitur peringatan lampu hazzard hanya terdapat pada All New Fortuner tipe 4 X 4 VRZ.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password