Agar Tetap Aman Saat Banyak Tanjakan, Perhatikan Hal Ini!

Tips Agar Tetap Aman Saat Banyak Tanjakan - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Bagi Anda yang suka bepergian jauh dengan mobil, pasti sering menemui banyak tanjakan. Terkadang tidak mudah mengendara jalanan yang menanjak. Apalagi bagi pemula yang baru saja belajar mengemudikan roda 4. Jika Anda adalah seorang pemula dalam menyetir mobil, tidak ada salahnya jika Anda mengikuti tips di bawah ini saat menemui tanjakan. Inilah tips agar tetap aman saat banyak tanjakan.

Tips Agar Tetap Aman Saat Banyak Tanjakan

Hindari memberi tekanan pada kopling dan gas

Saat mulai berjalan lagi beri tekanan gas yang lebih besar - Tips Agar Tetap Aman Saat Banyak Tanjakan - Ohayo.co.id

Pengendara pemula biasanya kerap memberikan tekanan pada kopling dan gas saat berkendara. Saat mobil terpaksa harus berhenti di tanjakan karena jalanan di depan Anda macet, biasanya banyak pengemudi yang menggantung kopling sambil menahan pedal gas. Hal ini sangat tidak baik apabla untuk kondisi kopling Anda nantinya. Jika Anda sering melakukan hal ini secara terus menerus, maka usia kopling Anda menjadi lebih pendek dan tidak awet.

Gunakan rem tangan

Gunakan rem tangan - Tips Agar Tetap Aman Saat Banyak Tanjakan - Ohayo.co.id

Jika Anda terpaksa berjenti dalam waktu yang relatif lama, maka yang harus Anda lakukan adalah menggunakan rem tangan untuk menahan mobil Anda. Gunakan juga rem kaki agar kerja rem tangan tidak erlalu berat.

Saat mulai berjalan lagi beri tekanan gas yang lebih besar

Hindari memberi tekanan pada kopling dan gas - Tips Agar Tetap Aman Saat Banyak Tanjakan - Ohayo.co.id

Agar mobil bisa melaju dengan baik setelah berhenti cukup lama maka Anda harus memainkan tekanan gas pada mobil. Beri tekanan gas yang sedikit lebih besar kemudian lepas rem kaki dan juga rem tangan secara perlahan. Ini adalah cara terbaik dalam menjaga kondisi mobil Anda tetap stabil saat dipaksa untuk melaju di tanjakan tinggi.

Tips Agar Tetap Aman Saat Banyak Tanjakan - Ohayo.co.id 1

Memang terkadang tidak mudah untuk menaklukan tanjakan. Pastikan juga untuk memilih mobil yang mengedepankan sisi keamanan. Seperti All New Fortuner yang sudah dilengkapi dengan fitur hill assist control (HAC). Fitur ini berfungsi untuk menahan laju mundur mobil saat perpindahan kaki dari pedal rem ke pedal gas di posisi jalan tanjakan. Fitur HAC hanya terdapat pada All New Fortuner tipe 4 X 4 VRZ. Jadi, tidak perlu takut lagi ketika Anda menemui tanjakan di depan.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password