Puting Tak Lecet Saat Menyusui, Lakukan Tips Ini Yuk Mom!

Puting Tak Lecet Saat Menyusui, Lakukan Tips Ini Yuk Mom - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Memberikan ASI (Air Susu Ibu) memang jadi impian bagi setiap ibu. Akan tetapi tahukah Anda bila memberikan ASI ini ternyata sering sekali beresiko puting jadi lecet. Apabila yang demikian tersebut dibiarkan begitu saja, maka putting Anda bisa jadi iritasi dan pastinya juga berbahaya bagi kesehatan Anda. Lantas, bagaimana ya mom supaya puting Anda tidak jadi lecet dan Anda pun bisa lancar pada saat memberikan ASI pada buah hati tercinta?

Mom, dibawah ini akan kami informasikan kepada Anda beberapa tips menarik yang bisa Anda coba agar puting tak lecet saat menyusui. Mari simak ulasannya.

Puting Tak Lecet Saat Menyusui, Lakukan Tips Ini Yuk Mom!

Puting Tak Lecet Saat Menyusui, Lakukan Tips Ini Yuk Mom ok - Ohayo.co.id

  • Sebelum menyusui ada baiknya kompres terlebih dulu puting Anda dengan kain yang lembut dan bersih. basahi kain tersebut dengan air hangat sebelum mengompres puting susu Anda.
  • Tingkatan frekuensi menyusui juga bisa cegah terlukanya puting. Hal tersebut dikarenakan jumlah ASI yang masuk ke dalam tubuh buah hati Anda akan semakin banyak walaupun dalam jumlah yang kecil.
  • Biasanya pada saat menyusui, puting tak sampai masuk ke dalam mulut bayi hingga pada areola, dengan demikian bayi Anda hanya akan mengisap pada puting saja. Hal inilah yang ternyata jadi penyebab puting Anda lecet.
  • Susui bayi Anda lebih sering, akan tetapi dengan waktu yang sebentar saja untuk tiap payudara.
    Pada saat bayi Anda menggigit puting, silahkan Anda letakkan satu jari yang bersih diantara mulut bayi dan payudara di bagian samping.
  • Pada saat bayi Anda sudah merasa kurang nyaman karena marah, silahkan tekan dagu bayi Anda ke arah bawah supaya gigitannya bisa lepas, sehingga resiko puting lecet pun bisa dihindari.
  • Apabila sakit tak tertahankan, Anda juga bisa mengkonsultasikan hal ini kepada dokter atau bidan kepercayaan untuk mendapatkan obat pereda rasa sakit.
Baca Juga

Selain hal tersebut, juga ada cara lain untuk mengurangi resiko lecet pada putting pada saat menyusui, misalnya saja dengan menghindari penggunaan sabun di area payudara, menggunakan bra terbuat dari kain katun, dan menggunakan paraffin untuk obati luka.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tips menyusui agar puting tak lecet. Semoga bermanfaat.

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password