Bukan Merokok! Tidak Berolahraga Ternyata Lebih Berbahaya Bagi Tubuh

tidak berolahraga berbahaya

Ohayo.co.id – Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyehatkan dan dibutuhkan oleh tubuh agar selalu sehat. Dampak positif yang bisa didapatkan dari berolahraga yaitu seperti menurunkan berat badan, mengecilkan lingkar paha, lengan dan juga pinggang, serta mengontrol kesehatan tubuh. Namun bagaimana jika sebaliknya? bahaya tidak olahraga bisa menyebabkan tubuh manusia menjadi kacau balau, seperti denyut jantung melemah, tubuh menjadi pegal dan kaku.

Ternyata tidak berolahraga lebih berbahaya bagi tubuh dibandingkan merokok loh! Untuk penjelasan lengkapnya, simak ulasan berikut.

Bukan Merokok! Tidak Berolahraga Ternyata Lebih Berbahaya Bagi Tubuh

Tidak hanya membuat tubuh terasa pegal, namun jika Anda tidak pernah berolahraga bisa menyebabkan hal fatal lainnya loh. Namun untuk itu, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja tanda-tanda yang bisa muncul pada seseorang yang tidak pernah berolahraga seperti mengalami susah tidur, mudah terserang penyakit, sering kelelahan, sendi kaku, sistem pencernaan yang terganggu, sering merasa lapar dan juga moody.

Meskipun sudah tahu tanda-tanda di atas, masih banyak orang yang enggan untuk berolahraga. Padahal ada bahaya tidak olahraga yang bisa menyebabkan kesehatan terganggu, yaitu antara lain :

1. Depresi

Bukan Merokok! Tidak Berolahraga Ternyata Lebih Berbahaya Bagi Tubuh

Bahaya tidak olahraga yang pertama adalah mudah terkena depresi. Menurut studi, orang yang jarang berolahraga lebih mudah terserang depresi dibandingkan orang yang secara rutin melakukannya. Hal tersebut dikarenakan ketika Anda berolahraga, maka sekaligus melepaskan hormon endorphine dan juga oksitosin yang sama halnya dengan berhubungan intim. Sehingga Anda akan merasakan efek bahagia, senang dan juga gembira yang tidak akan didapatkan ketika malas untuk berolahraga.

2. Mudah Terserang Penyakit

Bukan Merokok! Tidak Berolahraga Ternyata Lebih Berbahaya Bagi Tubuh

Apakah Anda sering terkena penyakit ringan seperti flu, batuk ataupun pilek? tentunya ini bisa menjadi bahaya tidak olahraga yang harus diwaspadai. Dampak malas berolahraga adalah gampang sakit, sehingga jika Anda melakukan olahraga secara rutin dapat meningkatkan kinerja sel darah putih. Sel darah putih berfungsi untuk melawan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Namun tidak hanya itu, penyakit juga bisa muncul karena adanya penumpukan lemak akibat tubuh yang jarang bergerak atau berolahraga. Jadi masih malaskah Anda untuk berolahraga?

3. Berat Badan Tidak Terkontrol

Bukan Merokok! Tidak Berolahraga Ternyata Lebih Berbahaya Bagi Tubuh

Apakah Anda merasa berat badan tiba-tiba naik drastis dan tidak bisa terkontrol? Itulah tandanya bahwa Anda jarang berolahraga. Bahaya tidak olahraga ini bahkan bisa menyebabkan Anda terkena obesitas loh. Maka dari itu usahakan untuk selalu menjaga pola makan atau melakukan diet, serta olahraga secara rutin. Dengan berolahraga, maka Anda bisa mengonsumsi banyak makanan tanpa memikirkan dampak pada berat badan. Hal tersebut dikarenakan Anda sudah melakukan olahraga rutin, sehingga berat badan bisa terkontrol dengan baik.

Baca juga: Tips Mengurangi Hasrat Ingin Merokok dengan Makanan Ajaib Ini

4. Cepat Tua

Bukan Merokok! Tidak Berolahraga Ternyata Lebih Berbahaya Bagi Tubuh

Siapa orang yang ingin cepat tua, tentunya tidak ada bukan? Ketika Anda malas berolahraga, maka bisa berakibat fatal dan bisa menyebabkan Anda cepat tua loh. Faktanya adalah pada orang-orang yang melakukan olahraga secara rutin memiliki kepadatan tulang yang lebih baik daripada yang tidak melakukannya. Seiring dengan pertambahan usia pun maka Anda bisa selalu mengeluarkan keringat sehat, melemaskan kulit yang berefek pada menghilangnya keriput pada wajah.

Baca juga: Ingin Menambah Berat Badan? Minum Smoothie Lezat dan Sehat Ini Saja

5. Kematian Mendadak

Bukan Merokok! Tidak Berolahraga Ternyata Lebih Berbahaya Bagi Tubuh

Bahaya tidak olahraga berikutnya adalah kematian mendadak yang akan menyerang seseorang. Fakta mengejutkan berasal dari sebuah studi, bahwa satu dari 10 kematian mendadak di dunia disebabkan oleh kurangnya berolahraga. Bahkan disarankan untuk setiap orang melakukan olahraga setidaknya 30-60 menit setiap dua atau tiga kali dalam seminggu untuk menjaga kesehatan.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa bahaya tidak olahraga yang bisa menyerang Anda. Jika tidak menginginkan hal tersebut, maka rajinlah berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat agar kesehatan tetap stabil dan terjaga dengan baik. Semoga bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password