5 Permasalahan Kulit Akibat Terlalu Sering Menggunakan Hand Sanitizer yang Perlu Anda Tahu

5 Permasalahan Kulit Akibat Terlalu Sering Menggunakan Hand Sanitizer yang Perlu Anda Tahu

Ohayo.co.id – Demi menjaga kesehatan kita memang selalu dianjurkan untuk memperhatikan kebersihan. Terutama rajin mencuci tangan setelah beraktivitas dan juga sebelum dan sesudah makan. Namun, hadirnya produk hand sanitizer terkadang membuat kita lupa bahwa air bersih lebih baik untuk membersihkan kuman. Apalagi muncul permasalahan kulit akibat terlalu sering menggunakan hand sanitizer. Selain merugikan, masalah kulit ini juga berbahaya jika tidak diatasi dengan segera.

Namun, jika kita lihat ternyata masih banyak yang menggunakan hand sanitizer karena mereka beranggapan lebih mudah atau praktis daripada mencuci tangan menggunakan air. Terutama hand sanitizer yang berbentuk kemasan praktis dan bisa digunakan dimana-mana. Tidak menjadi bersih dan bebas kuman, namun hand sanitizer bisa juga menyebabkan timbulnya masalah kulit.

5 Permasalahan Kulit Akibat Terlalu Sering Menggunakan Hand Sanitizer yang Sering Muncul

5 Permasalahan Kulit Akibat Terlalu Sering Menggunakan Hand Sanitizer yang Sering Muncul

1. Kulit Kering

Apabila kandungan alkohol yang ada pada skincare kita tergolong sedikit namun sudah bisa membuat kulit kering maka apa jadinya dengan hand sanitizer? Bahan utama dari hand sanitizer ini adalah alkohol. Terbuat dari beberapa jenis alkohol mulai dari isopropyl, ethanol hingga propanol. Dari ketiga inilah yang justru diketahui dapat memicu adanya iritasi pada kulit serta mengangkat minyak alami yang kita miliki. Jika digunakan dalam jangka panjang maka bisa menjadikan kulit di area tangan kita menjadi semakin kering. Tentu ini akan sangat mengganggu penampilan cantik anda.

2. Penuaan Dini pada Tangan

Permasalahan kulit akibat terlalu sering menggunakan hand sanitizer berikutnya adalah menjadikan tangan mendapat tanda penuaan dini. Kandungan alkohol di dalamnya bisa membuat sel kulit mati menjadi kering dan juga dehidrasi. Akibatnya adalah tampilan garis halus dan keriput di kulit bisa semakin terlihat jelas. Bahkan untuk kasus yang cukup parah, kulit di area tangan kita bisa terkelupas dan menjadi pecah-pecah. Maka dari itu, hindari penggunaan hand sanitizer ini secara berlebihan.

Baca juga : Betadine SC Antiseptik, Produk Sabun Terbaik untuk Usir Jerawat Membandel

5 Permasalahan Kulit Akibat Terlalu Sering Menggunakan Hand Sanitizer yang Sering Muncul

3. Berpotensi Merusak Sistem Hormon

Fungsinya sebagai pengganti alkohol dengan formula triclosan yang juga mampu digunakan untuk obat antijamur. Namun, kandungan ini juga bisa membawa dampak buruk untuk kita. Triclosan bisa terserap dengan mudah dan masuk pada aliran darah kita. Hal ini justru bisa membuat adanya beberapa penyakit kulit seperti alergi, kelainan hormon juga bisa menimbulkan kanker.

4. Merusak Skin Barrier

Berikutnya, permasalahan kulit akibat terlalu sering menggunakan hand sanitizer adalah merusak skin barrier kita. Kandungan alkohol yang dimiliki bisa menghilangkan protein dan juga lipid pada skin barrieer. Tidak hanya itu, bisa juga menyebabkan iritasi dan juga kekeringan di kulit kita. Untuk mengatasi masalah ini, seimbangkan penggunaan hand sanitizer dengan pelembap atau hand cream yang biasa anda gunakan.

Baca juga : Pegiat Go Green? Yuk Ganti Sabun Anda Dengan Lerak!

5 Permasalahan Kulit Akibat Terlalu Sering Menggunakan Hand Sanitizer yang Sering Muncul

5. Mengurangi Kemampuan Sistem Imun Tubuh

Memang dengan menjaga kebersihan tangan, kita bisa juga menjaga kesehatan tubuh dari berbagai virus dan kuman yang menyerang. Namun ternyata lingkungan yang terlalu bersih malah menurunkan sistem imun kita terutama pada anak kecil. Tidak ada yang perlu dilawan, sistem imun yang ada pada tubuh menjadi tidak terlatih dan semakin lemah. Seseorang juga bisa menjadi lebih sensitif dengan inflamasi dan tentu mudah terserang penyakit cukup parah.

Karena pada dasarnya apapun yang berlebihan itu tidaklah baik. Maka dari itu, seimbangkan dan atur penggunaan hand sanitizer. Sebab permasalahan kulit akibat terlalu sering menggunakan hand sanitizer ini patutlah menjadi perhatian karena memicu penyakit yang parah dan serius.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password