Tempered Glass adalah “Kaca Tahan Marah”, Ini Buktinya!

Tempered Glass adalah "Kaca Tahan Marah", Ini Buktinya!

Ohayo.co.id – Tempered glass adalah “kaca tahan marah” memang mendekati artinya secara bahasa yang diambil dari “tempered” dan “glass” berarti “kaca” dan “marah” ini mirip dengan istilah dalam bahasa Inggris “bad tempered” yang berarti “pemarah”. Ya, artinya kaca pelindung ponsel jenis ini cukup tahan banting deh buat para pengguna yang sering marah lempar HP-nya karena doi telat bales chat. Tentu saja bukan sekedar itu tujuannya, berikut ini beberapa penjelasan tentang tempered glass.

Tempered Glass adalah Kaca yang Kokoh dan Aman

Tempered Glass adalah "Kaca Tahan Marah", Ini Buktinya!

Tempered glass adalah kaca yang dibuat lebih kokoh dari kaca biasa dengan bahan tertentu melalui proses yang lebih kompleks. Bahkan disebut-sebut empat kali lebih kuat dibanding kaca standar yang hanya terbuat dari anil (annealed glass).

Saat ini, khususnya di Indonesia tempered glass lebih sering mengarah pada kaca pelindung layar ponsel. Meskipun pada awalnya, tempered glass diciptakan demi keamanan pengguna kaca. Mengingat proses pembuatan tempered glass ini melalui proses pemanasan yang cukup rumit meskipun bahan dasar yang digunakan mirip dengan kaca lainnya, yaitu float glass (istilah untuk kaca bening).

Proses pembuatan tempered glass dibuat dalam oven tempering yang dipanaskan melebihi suhu 600 derajat celcius. Setelah itu, dilakukan proses pendinginan dengan tekanan tinggi dalam rentang waktu sesingkat mungkin agar permukaan kaca mengalami proses pendinginan lebih cepat dari pada bagian pusat kacanya. Sehingga bagian luar kaca menjadi tempered glass seperti dikenal saat ini.

Dalam sejarahnya, sebetulnya tempered glass bukanlah barang baru. Jenis kaca ini telah ditemukan sejak abad ke-17 oleh Frances De La Bastie seorang ilmuwan kimia dari Prancis. Meskipun demikian, tempered glass dipatenkan oleh ilmuwan kimia dari Austria bernama Rudolf Seiden.

Keunggulan Tempered Glass

Tempered Glass adalah kaca yang kokoh dan aman

Sangat mudah diduga keunggulan dari tempered glass ini. Ya, memiliki kekuatan tekanan dan benturan yang lebih kokoh dibanding kaca lainnya. Tidaknya hanya itu, kaca yang sering digunakan untuk oven microwave ini juga termasuk pada safety glass bagi manusia sebagai penggunanya. Serpihan kaca yang dihasilkan ketika pecah akan membentuk kepingan yang begitu kecil dengan sudut yang tumpul.

Dengan demikian, kepingan tempered glass yang pecah mampu meminimalisir terjadinya luka dan kecelakaan lainnya.

Baca juga: Cara Sederhana Agar Layar HP Tak Mudah Tergores dan Rusak

Mengenal Kode Tempered Glass untuk Ponsel Pintar Anda

Apabila Anda pernah membeli tempered glass atau lebih dikenal kaca pelindung alias kaca temper di toko aksesoris ponsel. Pasti Anda pernah melihat kode H pada kemasan kaca temper tersebut. Nah, sebelum hendak membeli lagi kaca temper untuk ponsel pintar Anda sangat penting memahami terlebih dulu arti kode daya tahan kaca temper ini.

Tingkat kerasnya suatu kaca temper biasanya diterjemahkan dalam satuan H atau “Mohs”, semakin tinggi angka yang tercantum berarti semakin tinggi daya tahan kaca temper tersebut. Satuan H tidak hanya digunakan pada kaca temper, tetapi juga sering digunakan untuk satuan daya tahan berlian yang memiliki daya tahan 10H, juga pada berbagai kalsium misalnya kuku memiliki satuan 2–2,5H, gigi 5H, dsb.

Dengan teknologi mutakhir saat ini, kaca temper telah mencapa daya tahan mendekati berlian yaitu hanya selisih satu poin di bawahnya, 9H. Selain daya tahan yang tinggi, kaca temper saat ini menawarkan tingkat ketajaman gambar dan kejernihan 99,9% seperti tanpa kaca. Nah, jadi sekarang Anda bisa dengan mudah memilih kaca temper mana yang cocok untuk ponsel pintar Anda.

Baca juga: Jangan Instal Aplikasi yang Bahaya Bagi Hidupmu Ini di HPmu

Merk Tempered Glass Terbaik untuk Ponsel Pintar Anda

1. amFilm

Tempered glass adalah pelindung hp seperti amFILM

Beberapa kaca temper produk amFilm diproduksi untuk berbagai ponsel, namun salah satu kaca temper yang dirancang untuk Google Pixel 2 menjadi salah satu produk paling khusus dan salah satu kaca temper terbaik dengan transparansi 99,9% sehingga tak perlu kawatir layar ponsel Anda terlihat buram. Dengan ketebalan hanya 0,33mm kaca temper ini tak mengurangi daya tahannya terhadap goresan dan tekanan. Selain itu, dijamin bebas gelembung dengan catatan pemasangan yang benar. Kaca temper dengan rating 4,9 bintang dari penggunanya ini dibanderol dengan harga 7,99 USD.

Berikut ini spesifikasinya:

  • Sangat jernih dan optimal untuk menikmati akselerasi layar HD ponsel Anda
  • Sangat tahan lama, dan tahan gores – daya tahan 9H
  • Ketebalan 0,33mm pasti pas dengan case ponsel Anda
  • Screen protector kit termasuk: pelindung layar kaca, tisu basah/kering, stiker penghilang debu, kain pembersih mikro-serat, panduan instalasi

2. Supershieldz

Tempered glass adalah pelindung hp seperti SUPERSHIELDZ

Produk kaca temper dari Supershieldz ini telah dibuktikan oleh para pemilik ponsel pintar di dunia, khususnya pengguna HTC U11 dan U11+ yang mendambakan kaca pelindung ponsel dengan kekuatan 9H dengan harga ekonomis. Bahkan lapisan hidrofobik dan oleofobik-nya membantu layar ponsel Anda dari bekas sentuhan sidik jari dibandrol dengan harga 6,99 USD.

Berikut spesifikasinya:

  • Perlindungan goresan maksimum dan tidak ada residu saat dilepas
  • 2.5D rounded edge glass untuk kenyamanan pada jari dan tangan
  • Daya tahan 9H, Kejelasan HD 99,99%
  • Lapisan hidrofobik dan oleo-fobik melindungi terhadap keringat dan mengurangi sidik jari
  • Termasuk 2 pcs. pelindung layar kaca temper
  • Garansi seumur hidup supershieldz no-hassle

3. Vigeer

Tempered glass adalah pelindung hp seperti VIGEER

Kualitas kaca temper yang digemari pengguna ponsel LG G7 ThinQ ini tidak kalah bagus dengan kaca pelindung layar ponsel lainnya. Tanpa mengurangi tingkat kekuatan tekanannya, kaca temper Vigeer memberikan kualitas kejernihan 99%.

Selain itu, Vigeer juga menawarkan garansi selama 7 hari tanpa gelembung dan garansi seumur hidup (tidak termasuk kerusakan air dan human error), dibanderol dengan harga 5,99 USD.

Berikut spesifikasinya:

  • Daya tahan 9H
  • Bebas gelembung dengan 2.5D radian
  • Kejernihan 99% transparansi HD
  • Ketebalan 0.3mm
  • Responsif tinggi
  • Isi paket: 1 kaca temper, kain pembersih mikro-serat, paket alkohol dan stiker debu
  • Garansi keausan seumur hidup

Setelah membaca penjelasan di atas, sepertinya Anda setuju apabila tempered glass adalah kaca yang kokoh dan aman digunakan di berbagai peralatan, apalagi ponsel saat ini sering digunakan oleh anak-anak. Sehingga tak perlu hawatir pecahan kaca yang dihasilkan tempered glass ini membuat cedera seperti kaca pada umumnya.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password