5 Tempat Wisata di Sentul City Ini Mengubah Julukan Bogor Sebagai Kota Seribu Angkot

Tempat wisata di Sentul City Bogor

Ohayo.co.id – Pastinya Anda pernah mendengar pendapat banyak orang tentang kota Bogor, mulai anggapan kota termacet kedua di dunia, kota seribu angkot atau sebutan apapun yang sering dilekatkan padanya. Sebagian orang lagi mungkin bertanya-tanya, jika memang seburuk itu mengapa masih banyak orang berbondong-bondong untuk datang bersama keluarga ke sana. Ternyata banyak destinasi wisata yang membuat semua julukan buruk itu sirna seketika, terutama tempat wisata di Sentul Bogor yang akhir-akhir ini cukup ngehits.

Sebuah keuntungan bagi penduduk Jawa Barat memiliki destinasi wisata asri dan indah seperti yang ada di Sentul atau lebih dikenal Sentul City saat ini. Masalah udara segar tak perlu dipertanyakan lagi, kawasan yang berada di ketinggian hingga 800 meter di atas permukaan laut ini menyuguhkan beragam pemandangan dan wahana wisata kekinian.

Sentul City terletak di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Sebenarnya sebutan “city” yang disematkan pada daerah yang bernama Sentul ini tidak bisa dimaknai secara harfiah sebagai “kota” karena secara administratif Sentul City berada dalam kecamatan.

Istilah “city” di Bogor sering mengarah pada kompleks perumahan yang luas. Penyematan kata “city” pada daerah Sentul sendiri mengarah pada satu realisasi konsep perumahan independen yang menyediakan berbagai fitur dan fasilitas bagi penghuninya agar tidak perlu jauh-jauh keluar kawasan untuk memenuhi kebutuhannya.

Kawasan ini dibangun pada tahun 1993 oleh PT. Bukit Sentul, merupakan perusahan yang tergabung dari komunitas para saudagar dari Kebumen Salimin Prawiro Sumarto. Orang yang paling terkenal di dalamnya adalah Tommy Soeharto. Wilayah yang menjadi garapan perusahaan tersebut kurang lebih mencapai 3.000 hektar, dapat dikatakan sepertiga kawasan Kecamatan Babakan Madang dikuasai oleh perusahaan tersebut.

Berbagai pembangunan infrastruktur telah terjadi sejak tahun 1994, kemudian pada tahun 2006 PT. Bukit Sentul Tbk. bertransformasi dengan nama baru PT. Sentul City Tbk. Maka hingga saat ini, kawasan yang berada di kecamatan tersebut terkenal dengan sebutan Sentul City.

5 Tempat Wisata di Sentul City Paling Hits

1. Hutan Pinus Gunung Pancar Sentul

Tempat wisata di Sentul Bogor: Hutan Pinus Gunung Pancar
Foto: via jejakpiknik.com

Selain suasana alam yang sejuk, Hutan Pinus Gunung Pancar mempersembahkan destinasi wisata yang dipenuhi dengan flora dan fauna yang membuat penasaran pengunjungnya. Seperti owa, kera, surili hingga berbagai macam burung. Flora juga tak kalah banyak jenisnya seperti jamuju, puspa, rotan dan rasmala.

Hutan Pinus Gunung Pancar seolah telah memahami keinginan para pengunjungnya. Untuk mengatasi cuaca yang dingin, maka pemandian uap alam layaknya sauna sudah tersedia di tempat wisata Sentul Bogor ini.

Cukup dengan Rp10.000,- maka setiap orang bisa menikmati kehangatan uap alam Hutan Pinus Gunung Pancar ini. Ini bukan pemandian air panas ya, tetapi pemandian uap panas. Penasaran kan? Tak ada salahnya untuk mencoba berkunjung bersama keluarga saat liburan panjang.

Wawasan Pramuka yang pernah dipelajari di sekolah juga bisa bermanfaat di sini. Di kawasan Hutan Pinus Gunung Pancar, setiap pengunjung diperbolehkan untuk berkemah atau istilah kerennya camping. “Ah repot harus bawa-bawa perlatan!” Mungkin Anda sempat berpikir demikian. Tenang saja, sudah disediakan paket berkemah dan penginapan dengan berbagai kelas di dalamnya.

AlamatJl. Ke Karang Tengah, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810
Waktu bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiketRp5.000,- weekdays

Rp7.500,- weekend

Rp10.000,- masuk camping

2. Air Terjun Bidadari Sentul

Tempat wisata di Sentul Bogor: Air Terjun Bidadari
Foto: via seruni.id

Memang sesuai dengan nama tempatnya, air terjun dengan ketinggian mencapai 50 meter ini dikelilingi pemandangan ladang, pesawahan dan bukit yang sangat indah. Nama bidadari dipilih sebagai nama yang cocok untuk air terjun Sentul Bogor ini bukan tanpa alasan. Cerita rakyat menjelaskan, bidadari yang diintip Jaka Tarub di antara dua batu pernah mandi di kawasan air segar ini. Mungkin sisa-sisa aroma surganya juga masih terhirup sampai sekarang.

Meskipun telah dibangun kolam cukup modern bagi anak-anak maupun orang dewasa, akan tetapi air yang ada pada kolam tersebut merupakan air yang masih alami langsung mengalir dari air terjun. Awalnya, Air Terjun Bidadari Sentul ini sulit diakses karena tersembunyi di balik perbukitan. Atas dasar kesadaran mengenai indahnya, maka dibangunlah jalan yang harus menembus perbukitan terjal demi memberitahukan pada dunia bahwa kota seribu angkot bukanlah julukan yang seharusnya.

Ada juga wahana seru lainnya seperti flying fox, lazy pool, wave pool dan perahu tangan yang membuat anak-anak yang bertamasya di kawasan ini sulit untuk diajak pulang. Bagi orang tua anak, siap-siap aja merayu anak-anak supaya mau pulang tepat waktu.

Sangat dianjurkan untuk berkunjung di pagi hari agar mendapatkan udara yang lebih segar karena menjelang siang hari di kawasan ini tersorot matahari secara langsung.

AlamatJl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810
Waktu bukaSetiap hari pukul 07:30-17:00 WIB
Harga tiketRp40.000,- weekdays

Rp50.000,- weekend

3. Taman Budaya Sentul City

Tempat wisata di Sentul Bogor: Taman Budaya Sentul City
Foto: via explorewisata.com

Satu kawasan wisata edukasi yang cocok untuk dikunjungi sekeluarga ataupun rekan kerja satu kantor. Karena di dalamnya terdapat berbagai fasilitas outbond yang bakal seru apabila dilakukan secara tim. Seperti trampolin, trekking, high rope, flying fox, paintball, ATV hingga berkuda.

Namanya wisata edukasi, sudah barang tentu tersedia berbagai fasilitas yang menunjang untuk menambah wawasan. Seperti adanya agro sawah, wahana ternak dan fasilitas unik lainnya. Bagi keluarga ataupun tim kerja yang sedang berlibur dan ingin menginap, disediakan penginapan yang terhubung langsung dengan Taman Budaya Sentul City, salah satunya Hotel Neo.

AlamatJl. Siliwangi No.1, Sumur Batu, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810
Waktu bukaSetiap hari pukul 08-17:00 WIB
Harga tiketMasuk gratis

Paket outbond mulai dari Rp235.000,- hingga Rp500.000,-

4. Jungle Land Sentul City

Jungle Land
Foto: via akuratnews.com

Tempat wisata di Sentul yang satu ini merupakan salah satu tempat yang difavoritkan banyak orang. Berbagai macam wahana di kawasan wisata pemicu adrenalin ini memiliki wahana yang sangat langka yang tidak ditemui di daerah lain di Indonesia.

Wahana ini telah dibuka sejak tahun 2013 di atas lahan seluas 35 hektar yang berisi 37 wahana yang terbagi menjadi 4 zona utama. Salah satunya wahana Disk’O yang dianggap spesial karena hanya ada satu-satunya di Sentul Bogor. Wahana ini akan memberikan sensasi putaran 360 derajat, berayun ke kanan-kiri yang sangat seru.

Air Race, wahana lainnya yang memacu adrenalin dengan pesawat mini yang mulai berjalan pelan hingga kecepatan maksimalnya disertai putaran 360 derajat mengitari porosnya.

Semakin penasaran aja kan dengan wahana yang digadang-gadang berkelas internasional ini?

AlamatKawasan Sentul Nirwana, Jl. Jungle Land No.1, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810
Waktu bukaSenin–Jum’at pukul 10:00–17:00 WIB

Sabtu–Minggu pukul 09:00–18:00 WIB

Harga tiketRp165.000,- weekdays

Rp220.000,- weekend

Rp250.000,- high season

Baca juga: Tempat Wisata Anak di Bandung yang Jadi Favorit Keluarga

5. Pasar Ah Poong

Pasar Ah Poong
Foto: via sentulcity.co.id

Jika Anda menganggap nama ini diambil dari Bahasa Mandarin, salah besar. Karena pelafalan Ah Poong ini hanya bentuk yang dibuat dari bahasa Indonesia. Ah Poong ini dibaca “Apung”, diberi nama demikian karena terdapat banyak sampan yang terapung di perairan yang tersambung ke Sungai Cikeas.

Meski demikian, para pengunjung hanya dapat menyantap makanan dan jajanan di gerai yang ada di daratan. Tidak sembarangan, kawasan wisata kuliner ini telah direkomendasikan oleh seorang pakar kuliner ternama, Bondan Winarno.

Beragam menu makanan dan jajanan desediakan di Pasar Ah Poong ini, mulai dari Sate Padang, Kwetiau, Bakso, Siomay, Martabak Telor hingga ratusan jenis jajanan lainnya. Makanan boleh biasa-biasa saja, namun akan menjadi berbeda rasanya ketika disuguhkan pemandangan terbuka di dekat sungai disertai suasana khas Pasar Ah Poong yang berbeda dengan food court lainnya. Untuk makanan paling dicari banyak orang di wisata kuliner Sentul City ini biasanya Tahu Lym Kediri, Gado-Gado Cipete, Snow Ice Singapore dan Nasi Goreng Tjo Bogor.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke tempat ini adalah penjadwalan yang matang sebelum berkunjung, mungkin memilih hari-hari biasa (weekdays) bisa lebih leluasa dan tidak terlalu lama mengantre saat beranjak makan.

Di Pasar Ah Poong ini ada pengisian kartu untuk pembelian, dianjurkan untuk mengisi secukup mungkin agar tidak perlu repot untuk kembali mengantre saat saldo habis.

Ketika menyantap hidangan, biasanya di samping sudah ada orang berdiri untuk menunggu giliran. Maklum, suasana begitu ramai sehingga setiap orang harus berlomba-lomba mendapatkan kursi yang kosong. Namun suasana seperti ini normal terjadi di Pasar Ah Poong karena tidak adanya layanan booking tempat sebelum berkunjung.

AlamatPasar Ah Poong, Jalan MH Thamrin Kav 8, Sukaraja, Cipambuan, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16710
Waktu bukaSenin–Jum’at pukul 10:00–22:00 WIB

Sabtu–Minggu pukul 07:00–22:00 WIB

Harga tiketMasuk gratis

Baca juga: 7 Air Terjun di Bogor yang Sayang Kalau Tidak Dikunjungi

Setelah menyimak lima tempat wisata di Sentul Bogor ini pastinya Anda tidak bingung lagi memilih destinasi wisata untuk menghabiskan waktu liburan bersama anak-anak, khususnya bagi penduduk Jakarta dan Jawa Barat. Bagaimanapun tantangannya di perjalanan saat beranjak wisata ke Bogor akan terbayar dengan beragam keindahan alam dan wahana berkelas internasional.

Featured image: via sentulcity.co.id

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password