Teknik Dasar Permainan Sepak Bola disertai Taktik Menyerang dan Bertahan

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola dan Taktik yang Benar

Ohayo.co.id – Seperti halnya yang dikatakan sang megabintang Cristiano Ronaldo, “Bakat tanpa latihan bukanlah apa-apa.” Dengan kata lain, sebagus apapun teknik dan pelatihnya maka yang diperlukan latihan keras untuk mempraktikkan teknik dasar permainan sepak bola yang akan dipaparkan pada artikel ini.

Kualitas seorang pemain sepak bola tak hanya ditentukan oleh keterampilan bawaannya tetapi juga bagaimana pengulangan latihan teknik yang sering dilakukan sehingga timbul gerakan spontan ketika mengontrol bola. Seperti halnya dribbling bola bisa jadi jalan terakhir ketika posisi telah dikepung lawan ataupun semacam tendangan passing rahasia yang tak diduga oleh lawan.

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola secara Umum

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola disertai Taktik Menyerang dan Bertahan

1. Mengontrol Bola

Teknik yang paling mendasar adalah kemampuan untuk menguasai bola dari mulai situasi yang mudah hingga tersulit. Setidaknya ada tiga bagian, yaitu cara mengarahkan bola, menangani penerimaan bola ketika bergerak dan memperkenalkan kecepatan saat menggiring bola. Kontrol yang baik saat menggiring bola diukur dengan terganggu atau tidaknya kecepatan seorang pemain saat bola pada kakinya dalam kecepatan yang cukup.

Melakukan juggling atau ‘sunglap bola’ juga sangat penting dalam latihan teknik dasar permainan sepak bola. Teknik ini melatih ketangkasan, keseimbangan, juga teknik yang menentukan bahwa ia akan lebih mudah maju ke teknik selanjutnya.

2. Berlari dengan Bola

Terlihat seperti perkara yang mudah, namun letak bola pada sisi kaki yang salah mengakibatkan pergerakan mudah dikejar oleh lawan main. Tidak hanya menempatkan bola pada kaki, tetapi juga menjaga konsentrasi pandangan saat bergerak dengan bola untuk tetap koordinasi dengan pemain satu timn.

Perbedaan menggiring bola dengan dribbling terletak pada situasinya. Dribbling dilakukan ketika menghadapi lawan yang ada di sekelilingnya dengan beberapa gerakan. Misalnya dengan mengambil keputusan individu yang cepat dan tangkas, menunggu gerakan temannya dengan isyarat yang telah dipersiapkan sebelumnya, atau melakukan gerakan tipuan/rahasia yang dimiliki pemain tersebut.

3. Mengoper Bola

Teknik ini memungkinkan seseorang untuk memberi umpan seakurat mungkin. Sangat penting dalam pembentukan serangan yang terorganisir seperti mengatur serangan, siasat perubahan di tengah permainan, memutuskan untuk melakukan serangan balik. Sangat penting disertai dengan pemahaman strategi sebelum pertandingan di lapangan.

4. Menembak

Menembak bola dalam teknik dasar permainan sepak bola merupakan puncak dari sebuah serangan. Tidak hanya membutuhkan akurasi yang dan kualitas seorang penyerang, tetapi juga memerlukan stamina juga mental yang kuat untuk memutuskan sebuah tembakan bola ke arah gawang lawan.

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola secara Khusus

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola secara khusus

Ada beberapa teknik khusus dalam sepak bola di samping teknik umum yang telah dipaparkan sebelumnya. Berikut ini beberapa teknik dasar permainan sepak bola yang sering dikategorikan teknik lanjutan juga.

1. Header

Teknik yang digunakan untuk merebut bola di udara, duel udara bersama lawan dan teknik menjatuhkan diri setelah pergulatan udara agar mengurangi gravitasi pada tubuh untuk memperkecil kemungkinan cedera.

2. Tendangan Voli

Teknik menendang bola sebelum menyentuh rumput hijau, pada dasarnya tidak berbeda jauh saat menendang bola di atas tanah.

3. Teknik Pertahanan

Memahami teknik yang benar agar lawan tidak menembus pertahanan. Tidak hanya dilakukan bek, semua pemain juga perlu melatih teknik ini agar mampu mempertahankan posisi bola yang tengah ia dapatkan. Teknik ini juga termasuk pada cara merebut bola pada lawan juga menghindari tekel dari lawan tandingnya. Namun sebaliknya, mampu membuat gerakan cerdas seolah-olah terkena tekel lawan agar menguntungkan posisi bola timnya.

4. Tipuan

Salah satu teknik yang selalu perlu inovasi terus-menerus, karena tipuan yang sama sulit digunakan lagi dalam pertandingan lainnya.

5. Teknik Penjaga Gawang

Selain postur tubuh yang sesuai, penjaga gawang dituntut memiliki kualitas mental yang mumpuni. Seperti keputusan untuk maju meraih bola musuh atau tetap dalam posisi yang aman. Diperlukan insting yang kuat dalam membaca pergerakan pemain lawan, sehingga seorang penjaga gawang pun perlu mengetahui karakter permainan striker lawan pada teknik tingkat lanjutnya.

Taktik Dasar Permainan Sepak Bola

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola disertai Taktik yang benar

1. Taktik Individu untuk Menyerang

Jangan sampai kehilangan koordinasi saat menyerang dengan isyarat atau penanda yang telah dipersiapkan sebelumnya. Usahakan menetapkan posisi yang tak terduga oleh lawan namun telah dikoordinasikan sebelumnya dengan teman satu tim. Selalu berprinsip lebih baik menghilangkan kesempatan lawan secepat mungkin daripada mengambil keputusan untuk terus menggiring bola dengan risiko dikepung oleh lawan.

2. Saat Berhadapan Satu Lawan Satu

  • Bawa bola ke sisi lawan yang berlawanan
  • Menghindari lawan secepat mungkin, seperti tipuan perubahan arah yang tak terduga
  • Bawa bola dengan pola zigzag layaknya seseorang yang tengah dikejar peluru
  • Tidak dianjurkan menggiring bola terlalu jauh
  • Lakukan umpan terobosan untuk rekan satu tim di posisi paling cocok
  • Sebaiknya tidak memainkan bola jauh dari rekan tim, bola yang direbut lawan akan sangat berbahaya menjadi serangan balik
  • Membuat permainan kecil untuk mempermainkan pikiran lawan
  • Tekad kuat sepenuhnya mendukung teman satu tim untuk memiliki bola
  • Aktivitas jemput bola sangat penting
  • Jangan sampai melakukan pergerakan polos pada bola yang sangat mudah diketahui lawan
  • Cukup bermain sesederhana sesuai strategi yang sudah dipersiapkan sebelumnya, terlalu banyak improvisasi mengakibatkan hilangnya koordinasi tim

Baca juga: Jumlah Pemain Sepak Bola, Posisi, Peraturan dan Wasit yang Memimpin

3. Taktik Individu untuk Bertahan

  • Selalu ingat lawan dan tujuan setelah merebut bola dari lawan
  • Tidak pernah lengah pada pergerakan kaki lawan dan gerakan bola-bolanya
  • Melakukan serangan pada lawan secepat mungkin
  • Tidak dianjurkan menyepelekan gerakan lawan saat membawa bola karena dibalik gerakannya selalu ada tujuan tertentu yang bisa mengejutkan
  • Memperlambat serangan lawan dengan cara apapun selama dalam koridor aturan permainan sepak bola
  • Selalu mencoba mendapatkan bola lebih dulu, dan tak habis-habisnya merebut bola lawan secara mendadak
  • Bagi seorang bek, ketahui pergerakan yang spontan dan karakter gerakan penyerang dari pihak tim lawan
  • Tangkas dalam melihat bola di udara dan loncat setepat mungkin
  • Salah satu aktivitas yang dilarang keras adalah menggiring bola di area pinalti gawang sendiri
  • Coba menghindari umpan silang dari luar ke dalam
  • Jangan melakukan gerakan tambahan yang menguras stamina seperti tekel yang tidak efektif,
  • Tunggu sampai lawan mengubah berat pada kakinya, baru lakukan serangan merebut bola
  • Sangat dilarang untuk memunggungi pemain dari tim lawan
  • Tugas khusus bagi penjaga gawang adalah memerintahkan orang-orang di sekitarnya untuk berada pada posisi yang tepat saat mengalami serangan dari tim lawan

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola untuk kiper penjaga gawang

Baca juga: Kata-Kata Sepak Bola Disertai Kisah Inspiratif Ronaldo dan Messi

Demikianlah beberapa teknik dasar permainan sepak bola disertai taktik individu untuk bertahan dan menyerang. Teknik hanyalah sebagai pengantar seseorang sebelum benar-benar terjun ke lapangan. Sehingga perlu latihan yang rutin untuk membiasakan tubuh seorang pemain dengan posisi-posisi bola yang lebih sulit. Ada kutipan para pelatih yang cukup populer, “Sering-seringlah tubuh ditempa aktivitas yang lebih keras maka aktivitas selanjutnya akan terasa lebih mudah.”

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password