Tahun 2017, Manggarai Masih Saja Tawuran

Ohayo.co.id – Tawuran warga yang terjadi di wilayah perbatasan Jl Tambak dan Jl Manggarai diduga dipicu tembakan petasan.

Tembakan petasan tersebut diduga berasal dari pengendara motor ketika melintasi wilayah perbatasan Jl Tambak dan Jl Manggarai.

“Ada pihak lain yang tidak menginginkan situasi Tambak, Manggarai, ini kondusif dan aman. Ada yang naik motor nembakin area perbatasan menggunakan petasan,” kata Taufik Hidayat, Ketua RW 06, Kelurahan Pegangsaan, Jakarta Pusat.

Tawuran ini menyebabkan konflik dan melibatkan warga Manggarai dan Jl Tambak.

Taufik menduga bisa saja ada keterlibatan pihak lain yang memicu keributan di antara kedua pihak warga.

Taufik Hidayat, Ketua RW 06, Kelurahan Pegangsaan

Taufik Hidayat, Ketua RW 06, Kelurahan Pegangsaan

Pemicu Tawuran Warga

“Saya menduga : Belum tentu anak Tambak, belum tentu juga anak Manggarai. Bisa saja anak luar wilayah,” ujar Taufik.

Pemotor yang diduga sebagai pemicu kemarahan amuk warga, menurut Taufik, pemotor tersebut diduga sengaja menutup pelat nomornya sehingga tidak bisa terlacak keberadaannya.

“Sampai sekarang belum dapat dilacak. Saat melempar bom molotov juga pelat nomornya ditutup, sehingga sulit untuk dilacak” ujarnya.

Saat ini polisi Polsek Menteng dan Polres Jakarta Pusat masih berjaga di Jalan Tambak untuk mengantisipasi jika terjadinya tawuran susulan.

Di sekitar Jl Tambak masih terlihat serpihan-serpihan sisa pecahan kaca dan bebatuan pasca tawuran di Manggarai.

Suasana Pasca Tawuran Warga di Manggarai

Suasana Pasca Tawuran di Manggarai

Ketua RW Ingin Silaturahmi Pasca Tawuran Warga

Taufik ingin diselenggarakan silaturahmi antara warga Jl Tambak dan Manggarai untuk bersatu mencegah tawuran. Upaya mediasi kedua pihak pernah dilakukan.

Kami ingin mengadakan forum komunikasi, forum silahturahmi, supaya terjalin hubungan antara warga Tambak dan Manggarai.

Sudah kami usahakan aksi damai, agar pelaku tawuran, kedua belah pihak itu bertanggung jawab. Baru akan kita lakukan, supaya terdapat titik koordinasi antar warga.

Aksi damai kedua pihak warga pernah dilakukan pada awal tahun 2015. Namun, tawuran warga ini kembali terjadi pada akhir 2016 dan bulan Maret ini.

“Hampir dua tahun tidak terjadi tawuran lagi. Baru terjadi lagi akhir 2016 dan sekarang,” kata Taufik Hidayat, Ketua RW 06, Kelurahan Pegangsaan.

Baca Juga : Inilah Titik Lokasi Target Operasi Simpatik 2017

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password