17 Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Paling Ampuh yang Mudah Ditanam di Rumah

Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Paling Ampuh yang Mudah Ditanam di Rumah

Ohayo.co.id – Gigitan nyamuk memang sangat merugikan. Tidak hanya menyebabkan kulit menjadi gatal dan bentol-bentol kemerahan, gigitan nyamuk juga bisa menyebabkan timbulnya penyakit seperti demam berdarah dan malaria. Ada beberapa cara untuk mengusir nyamuk selain dengan menggunakan semprotan nyamuk atau pembasmi nyamuk kimia lainnya. Untuk cara yang lebih alami, cobalah menanam beberapa tanaman pengusir nyamuk berikut ini di sekitar rumahmu. Beberapa tanaman hias pengusir nyamuk paling ampuh di bawah ini meskipun mengeluarkan aroma yang menenangkan bagi kita, tetapi justru tidak disukai nyamuk.

Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Alami Paling Ampuh

1. Kecombrang, pengusir nyamuk sekaligus sebagai bumbu masak

Kecombrang, pengusir nyamuk sekaligus sebagai bumbu masak

Kecombrang (Etlingera elatior) selama ini dikenal sebagai bumbu masak untuk mempertajam aroma. Namun ternyata kecombrang juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias pengusir nyamuk alami. Menurut penelitian, kecombrang memiliki kandungan senyawa saponin yang bisa membunuh larva nyamuk.

2. Geranium, dengan kandungan minyak serai sebagai pengusir nyamuk paling ampuh

Geranium, dengan kandungan minyak serai sebagai pengusir nyamuk paling ampuh

Geranium memiliki aroma seperti lemon dan dapat menjauhkan nyamuk dari rumah dan kebunmu. Geranium juga memiliki bunga-bunga yang indah dengan warna-warna cerah yang membuatnya bagus untuk dekorasi di sekitar rumah. Geranium memiliki kandungan minyak serai yang mampu mengusir nyamuk.

3. Lavender, memiliki wangi aromaterapi yang tidak disukai nyamuk

Lavender, memiliki wangi aromaterapi yang tidak disukai nyamuk

Meskipun lavender memiliki bau aromaterapi yang disukai oleh manusia, lavender ternyata mampu mengusir nyamuk karena nyamuk tidak menyukai aroma yang dimiliki lavender. Tanaman ini sangat tangguh dan tahan terhadap kekeringan setelah ditanam, dan hanya membutuhkan sinar matahari penuh dan drainase yang baik. Meskipun lavender dapat bertahan di banyak iklim, tanaman ini akan tumbuh subur di daerah yang lebih hangat.

4. Rosemary, dapat mengusir nyamuk sekaligus sebagai bumbu dan herbal

Rosemary, dapat mengusir nyamuk sekaligus sebagai bumbu dan herbal

Tanaman pengusir nyamuk alami paling ampuh lainnya adalah rosemary. Rosemary merupakan tanaman herbal yang tidak asing untuk kita dan aroma kayunya lah yang membuat nyamuk ingin menjauhinya. Rosemary dapat dipangkas menjadi segala macam bentuk, sehingga cocok untuk dijadikan tanaman hias di kebun sekitar rumah maupun di pot. Sementara nyamuk menjauh, kamu bisa menikmati aroma rosemary dan juga menggunakannya sebagai bumbu dapur.

5. Kemangi, dengan bau khas yang membuat nyamuk tidak ingin mendekatinya

Kemangi, dengan bau khas yang membuat nyamuk tidak ingin mendekatinya

Kemangi adalah tanaman lain yang juga bisa berfungsi ganda sebagai pembasmi nyamuk. Bau menyengat yang dimiliki daun kemangi membuat nyamuk tidak tahan. Tanaman ini paling baik diletakkan di tempat lembab. Tanaman kemangi membutuhkan drainase yang baik dan banyak sinar matahari. Kamu bisa menanam kemangi dalam wadah atau di kebun. Kamu bisa juga menanamnya dengan tanaman lain, selama kedua tanaman memenuhi persyaratan yang sama.

6. Catnip, pengusir nyamuk alami paling ampuh yang mudah tumbuh di mana saja

Catnip, pengusir nyamuk alami paling ampuh yang mudah tumbuh di mana saja

Catnip (catmint) dapat ditemukan tumbuh hampir di mana saja. Tumbuhan dari keluarga mint ini tumbuh berlimpah baik sebagai tanaman komersial dan sebagai gulma. Tanaman ini merupakan pengusir nyamuk alami yang luar biasa. Catnip sangat mudah untuk dirawat, jadi jangan ragu untuk menanamnya di sekitar rumahmu. Tapi siap-siap ya jika ada kucing datang mendekatinya.

Baca juga : Trik Jitu Agar Rumah Tidak Jadi Sarang Nyamuk

7. Marigold, dengan warna kuning kemerahan yang dapat mempercantik rumahmu

Marigold, dengan warna kuning kemerahan yang dapat mempercantik rumahmu

Marigold merupakan bunga tahunan yang mudah tumbuh dan memiliki aroma yang menghalangi nyamuk untuk mendekatinya. Tumbuhkan marigold di dalam pot dan letakkan di dekat teras atau pintu masuk ke rumah untuk menghalangi nyamuk masuk ke rumah. Marigold juga bisa menjadi tambahan untuk pagar dan kebun di rumahmu. Bunganya yang indah berwarna kuning kemerahan bisa mempercantik rumahmu.

8. Rumput serai, pengusir nyamuk paling ampuh sekaligus untuk menyedapkan makanan

Rumput serai, pengusir nyamuk paling ampuh sekaligus untuk menyedapkan makanan

Dikenal karena baunya yang khas, rumput serai adalah bahan alami yang paling umum digunakan sebagai pengusir nyamuk. Dan kabar baiknya adalah tanaman ini dapat tumbuh subur di berbagai iklim dan jenis tanah, sehingga mudah dipelihara di rumah. Namun ingat, rumput serai tidak cocok jika ditanam di dalam pot. Kamu bisa mengakalinya dengan menanamnya di kebun atau di bawah jendela sekitar rumah agar nyamuk tidak bisa masuk ke dalam rumah.

9. Zodia, tanaman dari suku jeruk-jerukan yang aromanya tidak disukai nyamuk

Zodia, tanaman dari suku jeruk-jerukan yang aromanya tidak disukai nyamuk

Tanaman zodia merupakan tanaman dari suku jeruk-jerukan yang berasal dari Papua, tetapi sekarang tanaman ini sudah mulai dibudidayakan di berbagai tempat. Tanaman ini bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk alami karena mengeluarkan aroma khas yang tidak disukai nyamuk. Tanaman zodia ini bisa ditanam baik di dalam pot dan di dalam ruangan. Namun selain itu, tanaman ini juga bisa ditanam di luar rumah seperti di kebun atau halaman.

10. Ageratum, dengan bunganya yang cantik juga bisa mempercantik rumahmu

Ageratum, dengan bunganya yang cantik juga bisa mempercantik rumahmu

Bunga indah yang umumnya dikenal sebagai flossflower atau bluemink ini banyak digunakan sebagai tanaman hias dekoratif di taman. Namun dibalik kecantikannya, tanaman ini ternyata bisa mengusir nyamuk dengan ampuh. Aroma dari Ageratum cukup kuat karena bunga ini memiliki zat organik yang disebut coumarin, zat yang biasa digunakan untuk obat nyamuk buatan manusia. Tanaman ini butuh banyak sinar matahari, jadi kamu bisa menanamnya di taman depan rumah atau meletakkannya dalam pot di depan pintu masuk rumah. Tetapi jangan coba-coba menggosokkan daunnya di kulit karena bisa menyebabkan gatal-gatal.

11. Peppermint, membuat makanan dan minuman lebih sedap tapi membuat nyamuk menjauh

Peppermint, membuat makanan dan minuman lebih sedap tapi membuat nyamuk menjauh

Nyamuk membenci bau dan rasa peppermint, jadi menanamnya di sekitar rumahmu adalah cara yang bagus untuk mencegah mereka datang tanpa diundang. Ditambah jika sudah terlanjur digigit nyamuk, kamu bisa menggosokkan langsung daun peppermint ke kulitmu sebagai perawatan yang lebih baik. Selain itu, aroma mint yang khas bisa menjadi tambahan lezat untuk makanan dan minuman.

12. Krisan, tidak hanya mengusir nyamuk tetapi juga serangga hama lainnya

Krisan, tidak hanya mengusir nyamuk tetapi juga serangga hama lainnya

Bunga krisan merupakan obat nyamuk alami. Tanaman ini bisa ditanam di kebun sekitar rumah dan juga terlihat bagus jika ditanam dalam pot dan diletakkan bagian teras rumah yang bisa mendapat sinar matahari penuh. Selain nyamuk, bunga krisan ini juga mengusir hama serangga luar ruangan lainnya, seperti semut, wereng, gegat, kutu, dan tungau. Kamu bisa menggunakannya sebagai pengusir hama di hamparan bunga atau di dekat kebun sayur untuk mengusir serangga yang mengganggu sayuran segar.

Baca juga : Daftar Bahan Alami Ampuh Usir Nyamuk yang Aman untuk Anak-Anak

13. Pennyroyal, tanaman hias pengusir nyamuk paling ampuh yang cukup populer

Pennyroyal, tanaman hias pengusir nyamuk paling ampuh yang cukup populer

Pennyroyal adalah pengusir serangga alami terkenal dan sangat efektif untuk memerangi nyamuk. Menanamnya di di halaman sekitar rumah dapat mencegah mereka masuk ke dalam rumah. Karena termasuk dengan keluarga mint, pennyroyal dapat tumbuh dengan cepat. Lebih baik menanamnya dalam wadah dan mengontrol pertumbuhannya. Karena dapat ditanam baik di dalam atau di luar, kamu bisa menanamnya di beberapa pot dalam rumah untuk perlindungan tambahan.

14. Feverfew, dengan aroma dan minyak pyrethrum yang mampu mencegah nyamuk masuk ke rumah

Feverfew, dengan aroma dan minyak pyrethrum yang mampu mencegah nyamuk masuk ke rumah

Feverfew sangat bagus untuk mengusir nyamuk melalui aroma dan minyak pyrethrum yang dimilikinya. Tanaman dengan bunga yang mirip daisy ini sangat ideal untuk penanaman di sekitar area tempat duduk terbuka, jalan masuk ke rumah, dan dekat dengan pintu dan jendela. Untuk penanamannya, feverfew tumbuh cukup kuat dan cukup baik dalam berbagai kondisi cahaya dan tanah. Selain kegunaannya sebagai pengusir nyamuk paling ampuh, feverfew juga memiliki banyak kegunaan di bidang kesehatan. Tanaman hias ini digunakan untuk membantu mengobati gangguan saraf, sakit kepala dan juga berfungsi sebagai pencahar dan membantu meredakan kembung.

15. Petunia, tidak hanya cantik tetapi juga bisa menjadi obat nyamuk alami

Petunia, tidak hanya cantik tetapi juga bisa menjadi obat nyamuk alami

Bunga yang cantik ini tidak hanya dapat menjadi obat nyamuk alami, tetapi juga bekerja dengan baik untuk mengusir hama seperti kumbang asparagus dan serangga squash. Petunia sangat mudah tumbuh dan kamu bisa menanamnya di kebun atau menyimpannya dalam pot untuk menghiasi teras rumah agar tetap mendapat cukup sinar matahari.

16. Lemon beebalm, selain mengusir nyamuk juga bisa untuk dijadikan teh herbal

Lemon Beebalm, selain mengusir nyamuk juga bisa untuk dijadikan teh herbal

Sebagai anggota keluarga mint, tanaman yang juga dikenal sebagai horsemint dan beebalm ini adalah tanaman yang sangat mudah untuk tumbuh. Lemon beebalm adalah tanaman yang sangat kuat, tahan kekeringan, dan tumbuh dengan baik bahkan di tempat teduh. Tanaman ini tumbuh sangat cepat dan terkadang agresif, jadi kamu lebih baik menanamnya di dalam pot, sehingga kamu dapat memindahkannya ke mana pun untuk memastikan bahwa tanaman ini tidak mengambil alih kebun di rumahmu. Manfaat lainnya, kamu bisa mengeringkan daunnya dan menggunakannya untuk membuat teh herbal yang nikmat.

17. Allium, dengan bunga yang unik dan cantik bisa menjadi pengusir nyamuk paling ampuh

Allium, dengan bunga yang unik dan cantik bisa menjadi pengusir nyamuk paling ampuh

Allium merupakan tanaman umbi keras yang menghasilkan bunga berbentuk bola besar berwarna ungu, biru, kuning atau merah muda di atas batang yang kaku dan tegak. Tanaman ini membutuhkan tempat dengan sinar matahari penuh untuk tempat teduh dan tanah yang dikeringkan dengan baik. Kamu bisa menanamnya di petak bunga atau membaur dengan tanaman lain di kebun sayur untuk mengusir serangga seperti nyamuk, kutu daun, siput, dan ulat kubis.

Itulah tadi beberapa tanaman hias pengusir nyamuk alami yang paling ampuh. Tidak hanya mempercantik rumahmu, tanaman-tanaman di atas juga bisa menjaga orang-orang di rumah bebas dari gigitan nyamuk. Jadi, tanaman hias yang mana nih yang ingin kamu tanam di sekitar rumahmu? Tapi ingat ya, selalu rawat dan jaga tanamanmu agar tetap hidup dengan baik.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password