Yuk Simak Takaran Porsi Sehat Saat Berbuka Puasa ini

Yuk Simak Takaran Porsi Sehat Saat Berbuka Puasa ini

Ohayo.co.id – Berbuka puasa bukanlah ajang balas dendam atas rasa lapar dan haus seharian ketika berpuasa. Konsumsi makanan dan minuman juga harus cukup dan tidak berlebihan, harus sesuai takaran porsi sehat saat berbuka puasa. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk berbuka puasa cukup dengan mengkonsumsi tiga buah kurma dan segelas air putih. Kurma adalah buah yang kaya akan kandungan serat yang dapat mengembalikan energi setelah melakukan puasa seharian dan mencegah sembelit. Selain itu kurma bisa mengembalikan kadar glukosa dalam tubuh.

Setelah shalat maghrib menyantap menu makan malam yang mengandung kalori yang sesuai dan zat gizi lengkap serta segelas air putih lagi dan tak lupa buah. Kemudian, sebelum melaksanakan shalat tarawih, dianjurkan untuk minum satu gelas air putih. Jika anda ingin makan cemilan, dapat dilakukan sesudah pulang tarawih. Akan lebih baik jika cemilan tersebut didampingi dengan segelas susu.

Yuk Simak Takaran Porsi Sehat Saat Berbuka Puasa ini 3

Mengonsumsi banyak air putih sesudah berbuka puasa sangat dianjurkan oleh ahli kesehatan. Selama puasa, kebutuhan akan air per hari yang biasanya berkisar 8 gelas per hari mungkin tidak terpenuhi secara sempurna, maka dianjurkan untuk minum air putih setidaknya 6 gelas sehari. Takaran minum ini untuk menghindari tubuh dari dehidrasi. Mengonsumsi jus buah juga dianjurkan untuk kesehatan tubuh. Selain itu, anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi teh atau kopi selama puasa, terutama saat sahur. Kedua jenis minuman ini dapat merangsang tubuh untuk lebih banyak buang air kecil sehingga selama puasa banyak cairan yang terbuang.

Yuk Simak Takaran Porsi Sehat Saat Berbuka Puasa ini 1

Bagaimana berbuka dengan minuman manis? Hal ini tidak dilarang, tetapi harus minum air putih terlebih dahulu. Banyak orang Indonesia yang berbuka puasa hanya dengan yang manis dan mengabaikan air putih.  Hal ini dapat menyebabkan penimbunan lemak di tubuh. Sedangkan air putih dapat membantu tubuh menutupi kehilangan cairan saat puasa. Akan tetapi, jangan minum yang berlebihan juga karena minum terlalu banyak sekaligus dapat menyebabkan pengenceran darah dan hiponatremia (kadar natrium dalam darah turun dari normal). Untuk mengatur asupan air putih setiap orang bisa menggunakan pola 242, yaitu konsumsi air dengan minum 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur dan 2 gelas saat sahur.

Adapun takaran yang pas untuk makan sahur dan berbuka adalah dengan persentase 40% dan 60%. Untuk sahur, komposisinya adalah 40% dan berbuka sebanyak 60%. Saat sahur, komposisi yang disarankan adalah 30% makan besar, 10% makan kecil mendekati imsak kemudian minum tiga gelas air. Saat berbuka, komposisi makanan manis sebesar 15 %, makan besar 30% setelah pulang tarawih, camilan 15 % dan minum 5 gelas air. Pola ini diterapkan dengan tetap memperhatikan jumlah nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Sahur jangan hanya sekedar teh manis dan biskuit. Begitu juga saat berbuka, jangan melahap semua yang ada di depan mata. Makan terlalu cepat dan banyak saat berbuka akan mengganggu proses pencernaan. Takaran makanan dan minuman yang masuk harus pas, agar perut terasa nyaman.

Yuk Simak Takaran Porsi Sehat Saat Berbuka Puasa ini 2

Selain konsumsi makanan dan minuman dengan takaran pas saat bulan puasa, disarankan juga untuk mengonsumsi suplemen makanan yang tepat. Suplemen makanan ini dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi yang tidak tercukupi selama puasa. Suplemen Omepros salah satunya. Omepros mengandung Omega 3, 6, dan 9 yang dapat menunjang daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan DHA dan EPA nya dapat meningkatkan efektivitas kerja otak sehingga tetap fokus saat berpuasa. Omepros, Balancing Your Life!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password