Syarat dan Kriteria Motor Untuk Daftar Grabbike

daftar grabbike

Ohayo.co.id – Sudah memantapkan diri untuk menggeluti dunia transportasi berbasis online? Lengkapi terlebih dahulu persyaratan dan kriteria motor yang akan kamu pergunakan untuk mendaftar menjadi driver grabbike.

Pastikan kendaraan kamu memenuhi kriteria dan persyaratan supaya lolos menjadi driver grabbike dan siap mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Selain motor, persyaratan lainnya juga perlu kamu persiapkan. Apa saja yang harus kamu persiapkan untuk daftar grabbike? Berikut daftar lengkapnya.

Kriteria Motor Daftar Grabbike

syarat motor grab

Syarat yang utama dalam mendaftar grabbike tentu saja kendaraan. Karena kendaraan motor tersebut yang menjadi akomodasi utama dalam melakukan pekerjaan ini.

Sebisa mungkin motor dalam keadaan yang prima. Semua komponen seperti mesin motor, ban dan bagian rem motor sebisa mungkin terjaga kondisinya dari kerusakan.

Semua itu dimaksudkan supaya motor layak jalan dan aman dikendarai oleh pengemudi maupun penumpang.

1. Jenis kendaraan bermotor.

Kamu bisa membawa salah satu motor dengan jenis apapun untuk mendaftar kecuali beberapa jenis motor berikut.

Salah satu penolakan saat daftar grabbike adalah mendaftar menggunakan sepeda motor modifikasi. Jenis motor modifikasi tidak diperbolehkan untuk mendaftar.

Jenis motor yang tidak diperbolehkan selanjutnya adalah motor yang masuk dalam kategori tracker. Seperti sepeda motor trill, cross dan lain sebagainya.

2. Tahun pembuatan

Perusahaan Grab juga menerapkan persyaratan pada tahun pembuatan sebuah sepeda motor. Untuk kota-kota besar seperti Yogyakarta, Medan, Palembang dan Makassar tahun pembuatan sepeda motor minimal tahun 2009.

Sedangkan untuk kota lain masih bisa menggunakan motor keluaran tahun 2008.

3. Surat kendaraan

STNK aktif menjadi keharusan berkas untuk dilampirkan. Jadi periksa kembali STNK kamu, dan jangan sampai menunggak pajak kendaraan. Apabila sampai menunggak lebih baik dibayar terlebih dahulu sebelum kamu berangkat untuk daftar grabbike.

Untuk kamu yang mempunyai sepeda motor bekas hasil dari membeli kepunyaan orang lain. Kemudian belum balik nama, kamu diwajibkan untuk membawa surat jual beli kendaraan.

Semisal sepeda motor tersebut merupakan pinjaman dari saudara atau keluarga. STNK tersebut bukan atas nama kamu, kamu harus melampirkan surat izin/ surat kuasa dari si pemilik STNK.

4. Surat mengendarai

SIM merupakan kepanjangan dari Surat Izin Mengemudi. Menjadi dasar bukti bahwa kamu diperbolehkan untuk mengendarai kendaraan.

Surat mengendarai untuk kendaraan sepeda motor sendiri adalah SIM C. SIM C merupakan bukti nyata kamu sudah layak dan mendapatkan izin mengendarai sepeda motor dijalan raya.

Berkas Lain yang Perlu di Bawa

Syarat dan Kriteria Motor Untuk Daftar Grabbike

Kriteria motor untuk daftar grabbike sudah terpenuhi persyaratannya. Sekarang kamu perlu mengumpulkan berkas persyaratan lain yang di minta oleh perusahaan Grab.

1. Identitas resmi kependudukan

Identitas yang berwujud KTP menjadi syarat pertama dalam mendaftar. Selain KTP asli, kamu juga harus membawa fotokopi-annya. Dianjurkan untuk menggunakan KTP elektronik atau e-KTP supaya proses mudah dan lancar.

Bagi yang belum kebagian e-KTP tetap dapat melakukan pendaftaran, namun dalam prosesnya sedikit lebih lambat. Dalam kasus pendaftar dari luar daerah, diwajibkan untuk mengantongi surat pengantar domisili setempat.

2. Surat keterangan berkelakuan baik

Surat keterangan berkelakuan baik dari pihak kepolisian atau SKCK yang masih aktif juga menjadi syarat untuk mendaftar sebagai driver grabbike.

3. KK atau kartu keluarga

Kartu Keluarga terbaru dan terdapat nama kamu menjadi persyaratan selanjutnya. Persyaratan ini meliputi Kartu Keluarga yang asli dan fotokopi KK.

4. Surat keterangan dari dokter

Berkas selanjutnya yang harus kamu persiapkan adalah surat yang menyatakan bahwa kamu tidak mempunyai catatan penyakit melalui Surat Keterangan Dokter. Caranya dengan datang ke rumah sakit atau tempat praktik dokter.

5. Tabungan Bank CIMB Niaga

Bagi kamu yang belum memiliki tabungan CIMB Niaga dapat membuatnya ditempat pendaftaran. Namun bagi kamu yang telah mempunyai tabungan dari bank CIMB Niaga silahkan dibawa sebagai berkas tambahan.

Untuk yang belum mempunyai tabungan, kamu akan dikenakan biaya materai untuk proses pembukaan.

Baca juga : Pilihan Smartphone Murah Cocok untuk Driver GOJEK, Grab dan Uber

Persyaratan Lain

driver grab

1. Bawa alat tulis

Sebaiknya bawa sendiri alat tulis dari rumah sebelum ke tempat pendaftaran. Daripada nanti kamu kebingungan saat mau mengisi formulir pendaftaran dan harus meminjam ke peserta yang lain.

2. Smartphone

Smartphone dengan spesifikasi Ram 1 Gb menjadi persyaratan mutlak untuk kamu miliki dan kamu bawa ke tempat pendaftaran. Jadi persiapkan saja smartphone tersebut dengan terdapat kuota didalamnya serta powerbank. Kuota dan powerbank disini diperuntukkan saat nanti kamu melakukan sesi pendaftaran online.

Dengan antrian yang mampu menghabiskan seharian penuh, membawa powerbank sangat membantu kelancaran saat kamu mendaftar.

3. Top-up

Persiapkan sedari awal dana sebesar 100 ribu rupiah yang nantinya dipergunakan untuk top-up. Uang tersebut bakalan masuk kedalam akun grab kamu yang sering disebut dengan e-wallet.

Tes Safety Riding

mengantar penumpang

Baca juga : Rambut Bebas Lepek Saat Naik Ojek Online dengan Tips Ini!

Setelah berkas yang kamu ajukan lolos dan diterima oleh pihak Grab, selanjutnya kamu harus melakukan tes safety riding. Berikut ini syarat melaksanakan tes tersebut.

  1. Kendaraan wajib dalam keadaan prima seperti yang tertulis diatas.
  2. Gunakan jaket riding terbaik kamu.
  3. Pakailah sarung tangan motor.
  4. Jangan lupa memakai sepatu yang terbaik

Alur dalam tes ini berbeda sekali dengan tes saat kamu ingin mendapatkan SIM. Untuk tes safety riding di grab, kamu sebagai pendaftar akan menjalani simulasi dengan cara mengantar konsumen ke suatu tempat tujuan. Simulasi tersebut kemudian dinilai oleh pihak grab.

Semua persyaratan yang telah disebutkan seyogyanya kamu lengkapi. Karena jika tidak membawa persyaratan yang lengkap, kemungkinan besar point kamu dalam test akan berkurang.

Jadi lebih baik membawa berkas yang lengkap. Supaya point test kamu tinggi dan sukses menjadi driver grabbike dalam satu kali pendaftaran.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password