Agar Tetap Aman, Ikuti Syarat Ini Saat Mengajak Si Kecil Naik Motor

Agar Tetap Aman, Ikuti Syarat Ini Saat Mengajak Si Kecil Naik Motor - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Bu, apa Anda boleh bawa si kecil naik motor? Bisa dibilang, motor adalah salah satu jenis alat transportasi yang paling difavoritkan oleh banyak orang. Tak hanya lebih hemat, motor juga bisa membantu Anda menembus kemacetan dan praktis untuk jalankan aktifitas sehari-hari. Mulai dari belanja dan antar jemput anak sekolah.

Tapi, coba deh pikir-pikir lagi, apa saat Anda membonceng si kecil di motor, posisinya sudah tepat? Apa keamanannya sudah terjamin? Agar aman, silakan ikuti syarat-syarat mengajak si kecil naik motor di bawah ini yuk, bu!

Agar Tetap Aman, Ikuti Syarat Ini Saat Mengajak Si Kecil Naik Motor

Agar Tetap Aman, Ikuti Syarat Ini Saat Mengajak Si Kecil Naik Motor - Ohayo.co.id

Anak harus duduk di belakang

Perlu Anda tahu, bahwa menempatkan sih kecil di jok, maupun di bagian depan motor ternyata sangat tidak dibenarkan dalam aspek keselamatan berlalu lintas. Apalagi jika Anda pakai kursi pembonceng tambahan. Anak pasti akan rentan terbentur body kendaraan, dan pengendara juga tak akan memiliki ruang yang lebih leluasa lagi dalam mengendalikan motor. Resiko Anda akan alami kecelakaan pun meningkat. Sebaiknya Anda bonceng si kecil di belakang dan gunakan sabuk pengaman yang bisa Anda beli via AKULAKU. Jika si kecil masih berusia dibawah 3 tahun, silakan dudukan ia di tengah-tengah dengan diapit oleh orang dewasa.

Menggunakan masker

Pada dasarnya penggunaan masker ini tidak sepenuhnya bisa melindungi pengguna motor dari paparan polusi, akan tetapi dengan menggunakan masker bisa kurangi resiko Anda dan si kecil terkena infeksi saluran pernafasan akut. Masker tersebut juga bisa lindungi si kecil dari debu serta polusi kendaraan lain. Silakan pilih masker yang bermotif menarik, atau pun warna cerah dengan bahan yang nyaman, sehingga si kecil tertarik untuk memakainya.

Baca juga : Ternyata Ini Fungsi Lain dari Helm, Sudah Tahu?

Agar Tetap Aman, Ikuti Syarat Ini Saat Mengajak Si Kecil Naik Motor

Menggunakan perlengkapan motor yang lengkap

Baik itu mau pergi dalam jarak dekat maupun jauh, pastikan anak Anda selalu mengenakan perlengkapan standar untuk berkendara dengan motor. Mulai dari penggunaan helm berstandar SNI untuk anak, celana panjang, jaket, dan juga sepatu yang aman. Pastikan pula helmnya sudah terpasang dengan baik pada anak. Mengenakan jaket dan celana panjang juga tak kalah pentingnya untuk hindari hawa dingin dan lindungi si kecil dari paparan sinar matahari.

Oh iya, Anda bisa mendapatkan semua perlengkan motor lengkap tersebut lewat AKULAKU. Agar lebih hemat, pakai saja kode voucher “AIDIA 1” untuk dapatkan voucher belanja sebesar Rp 700 ribu rupiah.

Jangan bonceng lebih dari satu anak

Mungkin sja karena menganggap tempat duduk di motor masih cukup luas, sehingga tak heran jika ada banyak pengendara yang membonceng anak lebih dari satu. Padahal mengendalikan motor saja ternyata sudah sangat menyita konsentrasi dan perhatian Anda, apalagi jika harus menjaga keselamatan 2 pembonceng.

Baca juga : Cara Memilih Boks Motor dari Givi untuk Motor Kesayanganmu

Agar Tetap Aman, Ikuti Syarat Ini Saat Mengajak Si Kecil Naik Motor

Mengatur kecepatan tak lebih dari 40 km/jam

Sebaiknya Anda selalu patuhi rambu lalu lintas di jalanan. Mulai dari menyalakan lampu sein pada saat akan berbelok, mengurangi kecepatan ketika melalui tikungan atau berbelok, tidak memotong jalur dari sisi kanan untuk belok ke kiri, tidak melawan arah, dan tidak melanggar lampu merah, hingga mengandalikan kecepatan motor pada batasan aman. Ada baiknya kecepatan motor Anda pada saat sedang membonceng si kecil tidak lebih dari 40 km/jam.

Memperhatikan cuaca

Jangan pernah memaksa untuk terus lanjutkan perjalanan pada saat hujan turun. Walaupun menggunakan jas hujan, kemampuan penglihatan serta konsentrasi akan menurun jika Anda menyetir di tengah hujan yang begitu desar, sehingga bisa tingkatkan resiko kecelakaan. Pastikan juga si kecil terlindung dari hujan.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang syarat saat mengajak si kecil naik motor agar tetap aman. Semoga bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password