Status WA Keren Singkat dan Pengaruhnya pada Otak secara Ilmiah

Status WA Keren Singkat dan Pengaruhnya bagi Otak

Ohayo.co.id – Salah satu aplikasi percakapan dalam jaringan (daring) yang populer saat ini adalah WhatsApp atau lebih sering disingkat dengan WA. Tidak hanya komunikasi secara langsung, beberapa orang ingin menunjukkan dirinya dalam status WA keren singkat juga mewakili suasana yang terjadi pada dirinya.

Pengaruh Kata pada Otak

Pengaruh kata untuk otak
(Foto: Shutterstock)

Tidak sekedar deretan kata yang menjadi pemandangan bagi teman yang ada pada kontak, ternyata kalimat status WA juga bisa memengaruhi otak seseorang. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Andrew Newberg dan Mark Robert Waldman sebagaimana dikutip kompas.com (12/13), menjelaskan dalam bukunya ‘Words Can Change Your Brain’ bahwa sebuah kata memiliki kekuatan tersendiri dalam memengaruhi otak seseorang. Salah satunya adalah memengaruhi ekspresi gen yang mengendalikan tekanan emosi dan fisik.

Dalam studinya itu menjelaskan bahwa kata positif dapat mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu sedangkan kata negatif seperti perseteruan mengakibatkan terganggunya gen yang memainkan produksi zat kimia dalam saraf.

Misalnya, kata ‘damai’ dan ‘cinta’ berpengaruh pada ekspresi gen, area di lobus frontal menjadi lebih kuat sehingga fungsi kognitif otak menjadi meningkat. Sedangkan kata-kata yang buruk penuh amarah dapat menghentikan kerja logika yang ada di lobus frontal.

Newberg dan Waldman menyimpulkan ketika seseorang terpusat pada kata yang positif secara otomatis terjadi stimulasi tertentu dalam otak. Mampu mengubah pandangannya pada orang lain, khususnya yang sering diajak berinteraksi dengannya. Pikiran yang positif pada diri sendiri dapat melahirkan pemikiran positif pada orang lain sehingga membuka berbagai kesempatan yang baik dalam hidupnya. Pemilihan kata juga berpengaruh pada perubahan thalamus yang menentukan sikap dan cara menghadapi realita kehidupan.

Dalam sejarah lain dikatakan bahwa kalimat tidak hanya berpengaruh pada karakter seseorang tetapi juga mampu memengaruhi masyarakat secara masif. Nama Jozef Goebles yang diangkat sebagai Menteri Propaganda Nazi oleh Hitler pada tahun 1942 begitu terkenal dengan kalimatnya, “Sebarkan kebohongan berulang-ulang kepada publik. Kebohongan yang diulang-ulang, akan membuat publik menjadi percaya.”

Tentu saja hal itu tidaklah untuk ditiru, tetapi mengingatkan semua orang bahwa pemilihan kata dalam berinteraksi begitu pentung termasuk hal kecil seperti kalimat yang tercantum pada status WA.

Status WA Keren Singkat untuk Tiga Situasi Berbeda

Setelah membaca keterangan di atas secara seksama, maka tertanam dalam pikiran untuk menggunakan kalimat apapun sebijak mungkin. Bermanfaat bagi diri sendiri juga bagi orang yang membacanya. Berikut ini status WA keren singkat dalam berbagai situasi.

Status WA Keren Singkat Saat PDKT

Status WA keren singkat untuk PDKT
(Foto: Shutterstock)

“Kalau aku disuruh jauh dari kamu, aku mau ke kelurahan aja. Bikin surat keterangan tidak mampu.”

“Jika kamu sedang baca ini, kamu berarti tahu kalau aku lagi mikirin kamu.”

“Jika aku mati sebentar lagi, wasiatku sekarang hanyalah aku lagi kangen kamu.”

“Hari ini pipiku pegel-pegel, seharian sama kamu ketawa melulu.”

“Kata orang cinta itu sulit, padahal mengungkapkan perasaan segampang update status wa kayak gini.”

“Cinta adalah hal yang paling ku inginkan, tetapi mencintaimu adalah sebuah tujuan.”

“Orang bilang munafik mencintai sahabat, padahal dalam persahabatan sendiri ada cinta. Seperti aku saat ini.”

“Dulu aku pendiam, sekarang aku wartawan khusus buat kamu.”

“Katanya kamu udah ada yang punya. Aku makin semangat karena sainganku cuman satu orang.”

“PDKT, Pas Deket Kena Tikung.”

Status WA Keren Singkat untuk Pacar

Status WA keren singkat
(Foto: Shutterstock)

“Aku tak kawatir kau tak cantik lagi nanti, toh aku juga makin tua makin rabun.”

“Istiqomah dan setia itu emang sulit, yang enak mah istirahat.”

“Alasan aku setia sama kamu karena kamu tu selalu ada, khususnya di tanggal tua.”

“Aku suka kamu gendut, supaya gak laku banget. Nanti aja langsingnya kalau sudah nikah.”

“Janji gak keluar malem lagi, sayang. Kalau sampai ketauan lagi. Aku bakal janji lagi.”

“Kalau cantiknya kamu tergantung sama HP, kalau indahnya hidupku tergantung sama kamu.”

“Aku bakal menjauhi kamu hanya dalam satu keadaan, ketika aku mau kentut.”

“Aku jelek sedangkan kamu gila. Karena masih mau sama aku. Sedangkan aku paling gila, karena sayang sama orang gila yang suka sama orang jelek.”

“Jangan bandingkan aku dengan orang lain, tapi kamu boleh bandingkan aku sebelum dan sesudah mencintaimu.”

“Kamu berutang sama aku, kau sudah mencuri dan tak pernah mengembalikan hatiku.”

Baca juga: Kata-Kata Menjadi Diri Sendiri dari Tokoh-Tokoh Dunia

Sindir Teman dengan Status WA

Status WA keren singkat untuk sindir teman
(Foto: Shutterstock)

“Jangan cari WIFI melulu, kapan cari WIFE-nya?”

“Supaya hidup lebih sabar sering-sering makan cabe. Karena sabrang lebih pedes daripada sabar.”

“Sampai kapan pun, aku selalu ingat kamu kawan. Sampai kamu melunasi utangmu.”

“Aku bilang ‘kampret’ sama teman, dia marah. Tetapi ketika didengar sahabat dia cuman ketawa.”

“Kenapa aku masih temenan sama kamu, karena kita adalah dua orang gila yang saling memahami.”

“Aku memutuskan kau adalah sahabat ketika membuat panggilan konyol untukku sambil tertawa.”

“Jangan sombong lu punya motor baru, kalu belum bisa ngebut sambil dikunci stang.”

“Cari cewek jomblo aja, Bro. Kamu kuliah mau jadi orang berguna apa orang ketiga?”

“Banyak orang yang berbicara kejelekanmu, tapi kamu selalu memperlihatkan kebaikanmu padaku. Jadi, aku hanya peduli apa yang kau lakukan bukan apa yang orang bicarakan.”

“Membicarakan utang pada orang lain hanya membuat orang semakin susah bayar.”

Baca juga: Kata-Kata Rindu Pacar dari Tokoh Dunia dan Alasan Psikologisnya

Bagaimana? Masih kurang? Pada artikel sebelumnya banyak kok ditulis kata romantis untuk pacar, kata-kata menjadi diri sendiri, dan inspirasi kalimat lainnya. Tetap ingat mengenai pemilihan kata itu sangat penting dan berpengaruh pada stimulasi otak manusia sebagaimana penjelasan di atas.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password