Sekilas Tentang Ukulele – Alat Musik Petik Selain Gitar

Sekilas Tentang Ukulele - Alat Musik Petik Selain Gitar - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Bagi seorang pecinta musik, terutama pecinta musik keroncong pasti sudah pernah mengenal atau bahkan memainkan Ukulele. Ukulele atau memiliki sebutan bayi gitar merupakan salah satu jenis alat musik petik selain gitar. Ukulele memiliki ukuran berkisar antara 20 inci, meski memilki bentuk yang sama dengan gitar, nada yang dihasilkan ukulele sedikit berbeda dengan gitar karena jumlah senar berbeda serta teknik memainkannya yang juga berbeda.

Gitar Ukulele memiliki sekitar 4 hingga 10 senar gitar yang memiliki fungsi dan suara yang berbeda-beda. seperti halnya gitar, ukulele mampu menghasilkan nada yang cukup kompleks sehingga kadang ukulele dimainkan secara solo maupun sebagai pengiring dalam instrumen musik. Ukulele juga terkadang digunakan saat memainkan berbagai genre lagu seperti Jazz, Reggae, bahkan Rock.

Sekilas Tentang Ukulele - Alat Musik Petik Selain Gitar - Ohayo.co.id 1

Dari segi sejarahnya, Ukulele merupakan alat musik yang berasal dari kepulauan Hawaii yang muncul di sekitar tahun 1879 dan dibawa oleh imigran portugis saat melakukan penjajahan besar-besaran. Awalnya gitar kecil saat di bawa oleh orang Portugis memiliki nama Braginho, kemudian seiring berjalannya waktu, orang Hawaii membuat inovasi dengan gitar yang lebih bersenar 4 buah dan mereka beri nama dengan Ukulele.

Sesuai julukannya, Ukulele disebut juga bayi gitar karena ukuran nya yang kecil dan mudah di bawa kemana-mana. Ukulele khususnya di wilayah sekitar Polinesia sangat populer sebagai alat musik khas pantai. Kemudian dalam perkembangan nya, Ukulele menyebar ke berbagai daerah seperti Eropa dan Amerika termasuk Indonesia.

Baca juga : Inilah Jenis-Jenis Ukulele yang Harus Anda Tahu

Di Indonesia sendiri, Ukulele masuk ke Indonesia melalui jalur penjajahan yang dibawa oleh armada pasukan Portugis di kepulauan Maluku. Ukulele biasanya di gunakan pada lagu-lagu keroncong dengan ritme nada yang khas. Umumnya di Indonesia Ukulele yang banyak tersebar merupakan jenis ukulele dengan 4 senar. Secara rinci terdapat 5 jenis ukulele yang tersedia yang dibedakan berdasarkan ukurannya, berikut penjelasannya:

Sekilas Tentang Ukulele - Alat Musik Petik Selain Gitar - Ohayo.co.id 2

1. Soprano

Tipe Soprano merupakan ukulele dengan ukuran paling kecil, ukuran Fingerboard dari ukulele ini hanya sebesar 35 cm. karena ukuran nya yang kecil, jenis Ukulele ini lumayan mudah untuk dibawa kemana-mana. Ukulele jenis ini juga cocok bagi anak-anak atau pemula yang baru ingin belajar memainkan ukulele.

2. Concert

Sedikit lebih besar, Ukulele jenis ini memiliki ukuran fingerboard sekitar 38 cm. Bisa dibilang ukuran dari ukulele inilah yang paling proporsional karena tidak terlalu kecil namun tetap mudah di bawa dalam perjalanan. Jenis ini juga merupakan jenis ukulele yang paling banyak digunakan.

3. Tenor

Fingerboard dari ukulele jenis ini berukuran 43 cm. ukulele ini bisa dibilang cukup besar untuk di bawa kemana-mana, namun karena ukuran nya yang besar, ukulele ini memungkinkan gitar ini menghasilkan suara yang lebih besar.  Apalagi ukuran fingerboard yang cukup besar membuat permainan ukulele kalian akan cenderung lebih stabil.

Baca juga : Tips Merawat Gitar Akustik Agar Tetap Awet

4. Baritone

Ukulele jenis ini merupakan Ukulele dengan Baritone yang paling mirip dengan gitar yaitu D-G-B-E, namun memiliki ukuran yang lebih kecil khas ukulele. Ukuran fingerboard ukulele jenis ini berada di angka 50 cm. karena ukuran nya yang cukup besar, Ukulele jenis ini merupakan yang paling sedikit digunakan karena hampir mendekati ukuran gitar.

5. Bass

Jenis ukulele ini terbilang masih sangat baru muncul di dunia musik. Ide membuat Ukulele Bass pertama kali dicetuskan di tahun 2007 yang dipelopori oleh perusahaan Road Toad. Ukulele ini memiliki ukuran yang relatif sama dengan Ukulele Baritone namun memiliki suara bass dengan Tuning E-A-D’-G’.

Demikian penjelasan singkat mengenai Ukulele. Sebenarnya terdapat banyak sekali alat musik petik selain gitar yang populer namun untuk sekarang, pembahasan kita batasi hanya tentang ukulele saja.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password