Madu, Minuman Manis dan Kental dengan Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Madu, Minuman Manis dan Kental dengan Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Ohayo.co.id – Banyak sekali bahan makanan yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah madu. Madu sudah diketahui banyak orang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan yang bisa didapatkan di mana saja. Madu dihasilkan dari lebah yang mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh sehingga tidak salah jika madu juga dimanfaatkan dalam bidang pengobatan.

Madu yang berwarna cokelat keemasan ini terdiri atas air, glukosa, fruktosa, dan nutrisi yang lain, seperti kalori, protein, karbohidrat, serat, gula, sodium, dan kalium. Selain itu, vitamin dan mineral seperti kalsium, niasin, riboflavin, tembaga, zat besi, potassium, magnesium, dan zinc juga terkandung pada madu. Lalu apa saja segudang manfaat madu untuk kesehatan yang akan kita dapatkan ketika mengonsumsinya?

Segudang Manfaat Madu untuk Kesehatan

Manfaat Madu untuk Tubuh

Jika sudah mengetahui berbagai macam nutrisi yang terkandung pada madu, tak heran jika madu memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, diantaranya:

  • Menjaga sistem imun adalah salah satu manfaat madu untuk kesehatan. Jika dikonsumsi secara rutin, sistem imun pada tubuh akan semakin meningkat. Selain itu, mengkonsumsi madu saat sakit akan membuat tubuh menjadi lebih cepat pulih. Madu dapat merangsang sel-sel imun untuk tumbuh yang berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit masuk ke dalam tubuh.
  • Manfaat madu untuk kesehatan yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan saluran pencernaan. Madu kaya akan bakteri baik seperti lactobacillus dan bifidobakteria yang dapat mendukung kerja sistem pencernaan. Bakteri baik tersebut juga dapat melindungi saluran pencernaan dari bakteri helycobarter pylori.
  • Mengkonsumsi madu dapat membantu mengobati serta mempercepat penyembuhan luka. Hal ini terjadi karena madu terdapat antiseptik berupa enzim glukosa oksidase yang dapat menangkal infeksi bakteri yang terdapat pada luka. Mengoleskan madu pada kulit yang terluka akan mempercepat proses pemulihan luka karena senyawa antioksidan pinocembrin yang terdapat pada madu juga ampuh mencegah infeksi bakteri yang dapat membuat luka menjadi lebih parah.

Baca Juga

Itulah beberapa manfaat madu untuk kesehatan yang bisa didapat. Konsumsi madu murni secara rutin agar manfaat luar biasa diatas bisa Anda dapatkan. Semoga bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password